Info Penting

Aplikasi Yasin dan Tahlil No 1 di Google dan Playstore

A plikasi Yasin dan Tahlil terbaik nomor 1 di Google dan Playstore kaya akan fitur dan konten yang bermanfaat untuk amalan sehari-hari u...

Info Penting

Artikel Terbaru

Manfaat Internet di Berbagai Aspek Kehidupan

30 Agu 2012 - -

Internet sebagai suatu teknologi telah tumbuh dan berkembang sedemikian besar sebagai alat informasi dan komunikasi. Internet telah memberi banyak sekali manfaat dan kemudahan bagi penggunanya yang
meliputi berbagai kalangan, mulai dari pelajar dan mahasiswa, para pendidik, pengelola perpustakaan, pemerintah, dokter, para investor, dan sebagainya. Hampir semua profesi tersebut sangat dibantu dengan adanya teknologi internet.

1. Manfaat Internet
Dahulu internet hanya dapat digunakan oleh kalangan tertentu saja dan dengan komponen tertentu pula. Tetapi saat ini orang yang berada di rumah pun bisa terhubung ke internet dengan menggunakan modem dan jaringan telepon. Penggunaan internet telah masuk dalam semua aspek kehidupan seperti ekonomi, sosial, keagamaan, bahkan hiburan. 
Berikut beberapa manfaat dari penggunaan internet di beberapa bidang.

a . Bidang Pendidikan
Di bidang pendidikan, internet memungkinkan kita untuk mendapatkan banyak referensi keilmuan dari perpustakaan maya (library online) yang ada di internet dan sebagai media pembelajaran secara online. Contohnya: belajar jarak jauh dengan menggunakan teleconference internet (e -learning), belajar jarak jauh menggunakan layanan situs/ blog seperti yang kalian nikmati sekarang ini, yaitu belajar dan mengerjakan soal secara online melalui blog www.mrmung.com .

b . Bidang Ekonomi dan Bisnis
Di bidang ekonomi dan bisnis, internet hadir dengan istilah e-commerce. Dengan adanya e-commerce,  kegiatan perdagangan, jual beli, promosi, dan sebagainya dapat dilakukan melalui internet tanpa harus bepergian.
Contohnya, bila kalian ingin membeli buku referensi atau buku teks pelajaran, kalian tidak perlu lagi datang jauh-jauh ke toko bukunya. Sekarang ada toko buku online yang bisa kalian kunjungi di internet. Dengan membuka alamat website toko buku yang dimaksud, kalian tinggal mencari buku yang diperlukan dan melihat harga yang tercantum, lalu memesannya. Contoh toko buku online yang dapat kalian kunjungi
misalnya, http://www.gramedia.online.com, http://www. bukukita.com, htttp://www.buku135.com, dan sebagainya.

c . Bidang Pemerintahan
Di bidang pemerintahan, internet hadir dengan istilah e-government. Dengan adanya e-government, pemerintah dapat dengan mudah memberikan informasi dan layanan kepada masyarakat secara maksimal, dan juga dapat digunakan untuk saling mempererat hubungan pemerintahan antarnegara.
Contoh situs pemerintahan http://www.jakarta.go.id .

d . Bidang Sosial
Internet di bidang sosial dapat digunakan untuk memberikan informasi mengenai berbagai macam kegiatan sosial yang telah, sedang, dan akan dilaksanakan dan juga dapat digunakan untuk membantu penggalangan dana untuk kegiatan sosial.

e . Bidang Keagamaan

Internet dalam bidang keagamaan dapat digunakan untuk sarana diskusi, tanya jawab masalah agama, berbagi ilmu agama, dan sebagainya.
Contoh: www.nu.or.id , www.eramuslim.com 

f . Sarana Bersosialisasi dan Mencari Sahabat
Pengguna internet dapat menjalin komunikasi dengan rekan-rekannya di segala penjuru dunia dalam waktu singkat dan biaya murah melalui fasilitas e-mail dan chatting melalui berbagai situs yang ada seperti www.yahoo.com, www.facebook.com, www.friendster.com, dan sebagainya.

g . Sarana Hiburan
Internet menyediakan banyak fasilitas pilihan seperti permainan atau games, musik, video, dunia entertainment, dan sebagainya. Contoh situs hiburan video bisa membuka situs www.youtube.com

Namun, perlu kalian ingat, bahwa internet tidak hanya memberikan informasi yang positif saja, tapi hal-hal negatif juga akan kalian temui dalam internet. Maka, kalian perlu membatasi diri dalam mengenal internet, hal-hal yang positif saja yang kalian ambil. Hal-hal yang negatif tidak perlu kalian ambil, karena dapat  berdampak negatif pada diri kalian sendiri. Ujungnya kerugian yang akan kalian dapat.

Untuk Dampak Negatif Internet bisa kalian baca pada posting berikutnya.

sumber: bse TIK SMP Kelas IX (Dhanang Sukmana Adi, Yuliyani Siyamtiningtyas)

Tidak ada komentar:

Follow Me

Foto Mr. Mung
ttd Mr. Mung

Tutorial Blogger

Pilih Arsip Blog