Rangkuman Pengenalan Internet

Minggu, 02 September 2012 - - 1

  • Pada awalnya internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat tahun 1969 melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET. Proyek ARPA (ARPANET) dibangun dengan tujuan untuk keperluan militer.
  • Internet pertama kali tumbuh di negara Amerika Serikat terutama dari lembaga penelitian angkatan bersenjata Amerika Serikat. Berbeda dengan Amerika Serikat, Internet di Indonesia lebih banyak tumbuh dari kegiatan masyarakat dan pemuda yang menyukai dunia komputer dan terutama bergerak di dunia pendidikan.
  • Internet di Indonesia muncul pada tahun 1990-an.
  • Jaringan Internet pertama di Indonesia bernama Paguyuban Network yang mengkaitkan BPPT, UI, ITB menggunakan teknologi radio paket yang berkecepatan sangat rendah, yakni sekitar 1200 bps. Rahmat M. Samik-Ibrahim, Suryono Adisoemarta, Muhammad Ihsan, Robby Soebiakto, Putu, Firman Siregar, Adi Indrayanto, dan Onno W. Purbo merupakan sebagian kecil dari perintis Internet di Indonesia. ISP Pertama di Indonesia adalah IPTEKNET di BPPT. ISP komersial pertama di Indonesia adalah IndoNet yang di ketuai oleh Sanjaya.
  • Indonesia dikenal di Internet dengan top level domain .id. Rahmat M. Samik-Ibrahim dari UI adalah orang yang pertama kali mengelola top level domain .id di Indonesia pada tahun 1993. Indonesia mempunyai beberapa sub-domain, yaitu:
    ac.id – universitas
    co.id – komersial
    go.id – pemeritah
    sch.id – sekolah
    web.id – pribadi/personal
    or.id – yayasan, lembaga non-profit
    net.id – Internet Service Provider
  • Internet singkatan dari kata interconnection networking, yaitu hubungan komputer dengan berbagai tipe yang membentuk sistem jaringan yang mencakup seluruh dunia (jaringan komputer global) melalui jalur telekomunikasi seperti telepon, radio link, satelit, dan sebagainya.
  • Pengaturan integrasi dan komunikasi jaringan komputer menggunakan protokol TCP/IP.
  • Intranet (intraconnected network) merupakan sebuah jaringan khusus dengan sistem dan prinsip yang sama dengan internet. Atau dapat dikatakan intranet merupakan internet yang dibuat dalam lingkup lokal.
  • Intranet biasanya digunakan oleh perusahaan-perusahaan, lembaga pendidikan, organisasi, dan lain-lain. Contohnya jaringan komputerkomputer PT Telkom seluruh Indonesia
  • Manfaat internet meliputi beberapa bidang antara lain: pendidikan, ekonomi dan bisnis, pemerintahan, sosial keagamaan, dan sebagai sarana bersosialisasi serta sarana hiburan
  • Dampak negatif internet antara lain pornografi, violence and gore, penipuan, carding, dan perjudian.

Olivia Princess at 12 Mei 2017 23.07

Thank you for this post. Thats all I are able to say. You most absolutely have built this blog website into something speciel
hacking forum

Silahkan tinggalkan komentar anda disini dan Terimakasih anda mau menuliskan nama anda.

Koleksi Tutorial Blog

Arsip Blog