Memanfaatkan Google Drive Untuk Menyimpan Dokumen

Kamis, 28 Maret 2013 - -

Saat ini  cloud computing sudah menjadi bagian kehidupan manusia. Secara definisi, cloud computing adalah penggunaan sumber daya komputasi (hardware dan software) yang diwujudkan dalam bentuk layanan yang bisa diakses melalui jaringan, di mana pengguna tidak perlu bersusah-susah memikirkan bagaimana menyediakan, mengelola software dan hardware tersebut.  Google sebagai salah satu perusahaan besar di dunia internet menyadari bahwa cloud computing  merupakan  layanan  yang  banyak  digunakan  orang.  Oleh  karena  itu  Google mengembangkan  beberapa  layanannya  dengan  berbasis  cloud,  diantaranya  Google  Drive.

Google Drive memfasilitasi penggunanya untuk membuat, menyimpan dan membagi  dokumen dengan  pengguna  lainnya.  Untuk  layanan  simpan,    Google  Drive  memberikan  layanan penyimpanan dengan kapasitas cukup besar, yaitu 5 GB dan bisa ditambah dengan berbayar.

Fitur Data Yang Di Dukung Google Drive
Salah satu fitur yang saya suka disini Google Drive memberikan kapasitas penyimpanan gratis sebesar 5 GB, jadi cukup lumayan untuk menyimpan dan berbagi dokumen, file kepada rekan-rekan kita.
Sedangkan untuk data apa saja yang bisa disimpan di google drive, semua data bisa, mulai dari data  document seperti : microsoft word, excel, presentation, software, sampai data multimedia seperti gambar, lagu mp3, video. Khusus untuk data document (word, excel, presentation) bisa diedit langsung secara online seperti fitur google docs.

Berikut cara memanfaatkan Google Drive:
1. Login ke http://drive.google.com menggunakan akun gmail anda maka akan tampil seperti gambar berikut:

2. Untuk memanage file, anda bisa membuat folder-folder sesuai dengan file yang akan anda share di google drive dengan cara klik tombol CREATE.

3. Upload dokumen anda, dengan mengklik tombol seperti gambar berikut:
4. Setelah file anda upload, silahkan anda klik link teks Share seperti pada gambar berikut:
5. Jendela berikutnya anda diminta mensetting hak akses file yang baru saja anda upload, karena tujuan kita mau berbagi ke semua orang, maka anda klik link teks Change, seperti pada gambar berikut:
6. Pada Sharing Setting diatas sebenarnya anda bisa memberikan hak akses ke beberapa orang saja yang anda izinkan, dengan cara menambahkan email teman anda di kolom Add People, namun jika menginginkan bebas diakses silahkan anda klik Change, untuk merubah status Private menjadi Public on the web, kemudian anda simpan dengan menklik tombol SAVE, seperti pada gambar berikut:

7. Berikutnya akan tampil link baru yang bisa anda copy dan pasang di blog anda untuk berbagi file di google drive.
Berikut merupakan link contoh hasil upload di Google Drive berupa file pdf:
https://docs.google.com/file/d/0B69cDTsqMFE4aUlMVXJnbVJENFk/edit?usp=sharing

Link diatas bisa anda sembunyikan didalam teks misal: DOWNLOAD FILE

Demikian, semoga bermanfaat.

Silahkan tinggalkan komentar anda disini dan Terimakasih anda mau menuliskan nama anda.

Koleksi Tutorial Blog

Arsip Blog