Lowongan Kerja Menjadi Guru Kurikulum 2013

13 Jun 2014 - -

Masih ingatkah anda tentang postingan saya yang saya beri judul Pekerjaan Pengganti Guru TIK
Tahun 2013, beberapa lowongan pekerjaan guru TIK akibat pelaksanaan kurikulum 2013 saya memprediksi ada 11 lowongan kerja yang menanti, berikut lowongan kerja pengganti guru TIK yang saya maksudkan pada postingan tanggal 25 Maret 2013:

  1. Menjadi pengampu mata pelajaran lain yang ada kelebihan jam di sekolah Guru tersebut mengajar, bisa pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia, Pendidikan Agama, dll.
  2. Bagi guru SMP atau SMA, bisa mutasi ke jenjang SMK yang masih ada mata pelajaran terkait dunia komputer, bisa dijurusan Multimedia, Rekayasa Perangkat Lunak, atau Teknik Komputer Jaringan, dan yang pasti masih ada kelebihan jam.
  3. Beralih fungsi menjadi tenaga administrasi sekolah alias tenaga TU,
  4. Ditarik ke Dinas Pendidikan Kabupaten, Kota atau bahkan propinsi (BPTIKP, LPMP) untuk menjadi Tenaga Administrasi atau tenaga teknis yang masih terkait dengan dunia IT.
  5. Menjadi Guru TIKnya para guru mapel di sekolah yang diampu, membimbing bagaimana cara membuat media pembelajaran yang baik menggunakan IT,serta menjadi konsultan IT disekolah,
  6. Menjadi Widyaiswara dibidang IT.
  7. Menjadi Kepala Sekolah dadakan.
  8. Menjadi Pengawas Sekolah Dadakan.
  9. Berhenti mengajar di sekolah dan membuka layanan konsultasi dibidang IT.
  10. Menjadi Dokter komputer, dan lelaki panggilan sebagai teknisi komputer,
  11. Menjadi Internet Marketer sukses,
Dari 11 lowongan kerja pengganti guru TIK diatas beberapa yang sudah diambil guru TIK di Indonesia adalah nomor: 1, 2, 3, 5, 9, 10 dan nomor 11, sumbernya dari mana sich....? sumbernya dari hasil survei sendiri saja, hehe....

Terlepas dari berbagai lowongan kerja guru diatas, sebagai kerjaan pengganti Guru TIK akibat pelaksanaan kurikulum 2013 ini yang sedang di tunggu-tunggu guru TIK se Indonesia adalah lowongan kerja ke 5, yaitu Menjadi Guru TIKnya para guru mapel di sekolah yang diampu, membimbing bagaimana cara membuat media pembelajaran yang baik menggunakan IT,serta menjadi konsultan IT disekolah, tentunya yang paling penting juga bimbingan IT untuk siswa, supaya anak didik kita juga mendapat kesempatan lebih awal untuk memegang mouse, merasakan menekan tombol power pada casing CPU, mengetahui etika dalam dunia IT, mengenal internet, dan bisa memanfaatkan internet untuk pendidikan, mengenal lebih awal cara mendapatkan penghasilan dari internet.

Sedangkan bagi calon-calon guru yang akan lulus atau mereka yang sudah lulus kuliah, dan ingin mencari kerja di dunia pendidikan, khusus mata pelajaran Bahasa Indonesia cukup membutuhkan banyak guru untuk tiap sekolahnya, karena di kurikulum 2013 diberikan 6 jam/ minggu, yang tadinya diberikan 4 jam. Sedangkan untuk mapel lain yang juga mengalami penambahan jam/ minggunya seperti Pendidikan Agama, PKn, Matematika, IPA, tidak begitu membutuhkan dikarenakan memang kebanyakan sekolah-sekolah sudah memiliki guru yang awalnya banyak ngajar di beberapa sekolah untuk memenuhi 24jam/ minggu.

Jadi bagi anda Sarjana Pendidikan berlatar belakang Bahasa Indonesia, ada Lowongan Guru Bahasa Indonesia nich...  silahkan coba tanyakan ke sekolah-sekolah terdekat disekitar anda, jika sekolah menolak perekrutan guru baru dikarenakan terbentur dengan aturan, bilang saja saya gak di Gaji gak papa, semoga bisa diterima menjadi Guru Bahasa Indonesia.

Koleksi Tutorial Blog

Arsip Blog