Cara Praktis Mengambil Teks Pada Gambar

13 Agt 2014 - -

Pernahkan anda berencana mengambil sebagian teks dari file pdf, tapi ternyata file pdf dilindungi, tidak bisa di copy?, pernahkah anda berencana mengambil sebaian teks dari sebuah file tapi jenis filenya jpg, png, gif, atau jenis gambar yang lainya? atau mungkin bagi para blogger sering mengalami hal ini dan anda merasa jengkel, saat mau mengambil sebagian teks atau kode program pada blog tutorial, tapi blog tersebut memasang script anti copy paste?

Jika dari beberapa pertanyaan diatas, anda pernah mengalaminya, semoga dengan posting ini bisa memberi solusi pada anda untuk mengatasi masalah tersebut, posting ini saya beri judul Cara Praktis Mengambil Teks Pada Gambar.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
  1. Buka program Microsoft OneNote, pada praktik ini saya menggunakan Microsoft Office 2010.
  2. Masukan gambar ke area kerja Ms. OneNote, bisa menggunakan menu insert atau, jika anda akan mengambil sebagian teks dari web/ blog atau file pdf yang terkunci tadi, anda bisa gunakan tool Screen Cliping, klik dan seleksi bagian gambar atau naskah yang akan anda ambil teksnya.
  3. Perhatikan gambar berikut, setelah memasukan gambar ke Ms. OneNote, gambar yang ada teksnya tadi anda klik kanan, kemudian pilih dan klik copy text from picture,
  4. Paste di sebelah gambar untuk melihat hasil copy text from picture tadi, atau bisa juga langsung anda paste di program pengolah kata lain, misalnya langsung anda masukan ke Ms. Word. hasil akhirnya seperti tampak pada gambar berikut:
Bagimana, mudah bukan...? selamat mencoba.

Koleksi Tutorial Blog

Arsip Blog