Cerita dibalik Kelulusan PLPG Mapel TIK Tahun 2014

Jumat, 19 September 2014 - -

PLPG (Pendidikan dan Pelatihan Profesi Guru) Mapel TIK di Rayon 112 UNNES Tahap 4 Gugus Kusma (di Hotel KUSMA Bandungan) Tahun 2014 telah selesai dilaksanakan,  yaitu mulai dari tanggal 1 September s/d 10 September 2014. Hal yang paling membuat hati ini berdebar-debar adalah paska Ujian Tulis Lokal (UTL) dan Ujian Tulis Nasional (UTN), Lulus atau Belum Lulus, kata Belum Lulus sungguh menjadi kata-kata yang terdengar sangat menakutkan, memalukan, dan tidak bisa dikatakan dengan kata-kata, pokoknya sesuatu banget... walaupun sebenarnya peserta PLPG yang dinyatakan belum lulus pada ujian utama masih diberikan kesempatan sampai 2x untuk mengulang mengikuti Ujian Nasional maupun Ujian Lokal.
Gambar penampakan dinyatakan LULUS dan BELUM LULUS.


Berbagai kegiatan saat PLPG ini, Alhamdulillah bisa saya ikuti dengan baik, walaupun sempat pada hari ke 5 harus pulang menengok anak ke 3 yang sedang sakit, mungkin karena kangen dengan bapaknya , saat kegiatan usai disore hari (pukul 17.40), bakda maghrib pulang ke rumah, esoknya pukul 05.00 kembali lagi kelokasi PLPG untuk mengikuti kegiatan PLPG kembali.

Banyak cerita dari tetangga, atau dari rekan-rekan kerja di sekolah yang mengatakan PLPG banyak tugas dan sering lembur tiap malam, awalnya saya hanya berkata, ah.... masa siii.... ternyata  memang benar, saat menjadi peserta PLPG, tugas-tugas yang harus diselesaikan dan dikumpulkan sesegera mungkin harus di lembur malam harinya, kadang bisa sampai larut malam, apalagi saat esoknya ujian peer teaching, perangkat KBM, media yang akan digunakan benar-benar harus disiapkan saya buat semaksimal mungkin, supaya bisa tampil penuh percaya diri, tentunya bisa tetap tampil mempesona, hehe...., Pada saat peer teaching karena saya sukanya desain website, akhirnya saya ambil materi tentang pemrograman website, dan medianyapun saya buat dan bisa diakses secara online ( http://demo.mung.info/media/ ), sehingga saat peer teaching, para peserta dan dosen penguji bisa langsung mengakses media yang saya gunakan.

Oya, sedikit cerita dikarenakan banyak rekan-rekan satu angkatan CPNS 2010 yang bertanya, kenapa saya diberi kesempatan lebih dulu untuk mengikuti PLPG ini, perlu diketahui bahwa saat melengkapi administrasi pendataan online baik di website padamu negeri (untuk NUPTK), maupun website http://sergur.kemdiknas.go.id/ , ada pertanyaan: sejak kapan anda menjadi Guru? apa ada bukti fisiknya seperti SK GTTnya? dan kebetulan saya sudah menjadi Guru dan mendapatkan SK mengajar sejak tahun 2004 (baca profil diriwayat pekerjaan saya), jadi Alhamdulillah masa kerja saya memenuhi syarat.


Hari terakhir yaitu tanggal 10 September 2014, hari dimana saya dengan rekan-rekan satu angkatan dalam PLPG ini diberi Ujian Akhir yang dilaksanakan mulai pukul 07.00 - 10.00 WIB, Ujian yang diberikan ada 2; yaitu Ujian Tulis Lokal (UTL) dan Ujian Tulis Nasional (UTN). Untuk Ujian Tulis Lokal, soal dibuat oleh penyelenggara PLPG dalam hal ini adalah UNNES yaitu diberi 7 soal essay, sedangkan untuk Ujian Tulis Nasional dibuat oleh pusat (Jakarta) dengan model soal pilihan ganda sejumlah 80 soal.

Usai ujian, peserta PLPG dipersilahkan kembali kerumah masing-masing dan kembali melakukan aktifitas seperti biasanya yaitu mengajar disekolah sambil menunggu hasil PLPG yang akan diumumkan secara online melalui website http://lp3.unnes.ac.id/v2/pengumuman-plpg/. Setelah menunggu sekitar 1 minggu pengumuman PLPG pun keluar, dan hasilnya Alhamdulillah.... saya dan rekan-rekan 1 kelas dinyatakan LULUS PLPG .

Semoga kita semua senantiasa diberikan keberkahan dan kebahagiaan hidup, amiiin....

Koleksi Tutorial Blog

Arsip Blog