Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Blog Guru

Selasa, 28 Oktober 2014 - - 3

Dalam kegiatan pembelajaran saya sering bercerita yang bertujuan memberi motivasi kepada siswa dengan bukti-bukti nyata pengalaman pribadi menjadi Internet Marketer dan technopreneur, seperti cerita yang saya tuliskan diposting Tak Sekedar Facebookan. Saya bercerita disaat rekan facebooker yang lain hanya bermain facebook untuk mencari teman, ngrumpi, update status yang kadang gak penting, saya selain mendapatkan teman, juga mendapatkan $92 USD dalam 1 bulan, tidak hanya itu, hadiah-hadiah berikutnya dari facebookan datang juga berupa iPod Suffle 2GB (Apple), iPad 16GB (Apple), iPod Touch 8GB (Apple), Koleksi Tupperware, Microwave dari Sharp, dan beberapa peralatan rumah tangga lainnya yang cukup menambah koleksi dapur :).

Saya juga bercerita, bagaimana memanfaatkan teknologi internet untuk mengoptimalkan kemampuan, menambah ilmu, kemudian membuka jasa pembuatan blog, yang pada saat pertama kali saya tawarkan di internet (tahun 2009) banyak yang meragukan, bahkan dengan berkata “membuat blog kan gampang, cuma butuh waktu sekitar 5 menit sudah jadi, ngapain pakai jasa orang?”, namun ketika saya tunjukkan daftar klien yang jumlahnya terus bertambah, sampai saat ini sudah lebih dari 666 orang dari berbagai daerah di Indonesia dan beberapa dari mancanegara, orang itupun terdiam. Kata-kata yang saya jadikan sebagai motivasi pribadi, dan sering saya sampaikan kepada rekan-rekan guru dan siswa, bahwa: “Sesuatu yang seringkali dianggap mudah dan sederhana bagi kita, kadang sangat dibutuhkan oleh orang lain”.

Disaat ada tugas dinas keluar kota, seperti biasa saya menitipkan tugas siswa kepada guru piket yang sudah saya kemas dan siapkan di blog guru, dalam kegiatan pembelajaran sengaja saya tunjukkan kepada siswa, bahwa walaupun tidak ada tatap muka langsung dilaboratorium komputer, saya masih bisa memantau aktifitas siswa di laboratorium komputer, mulai dari komputer mana saja yang dipakai untuk pembelajaran, komputer mana saja yang dipakai untuk bermain, kemudian memberi peringatan, dan mematikan komputer dari jarak jauh, semua dilakukan dengan tujuan, supaya siswa tetap merasa ada yang mendampingi saat pembelajaran, dan siswapun akhirnya tidak seenaknya sendiri didalam lab. Komputer, dan mau belajar dengan serius dan terarah.

(Memantau aktifitas komputer siswa di lab. komputer)
  

Berkaitan dengan judul tulisan ini, yaitu Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Blog Guru; gambar, grafik, dan data-data pendukung tulisan, saya ambil dari PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yang kebetulan tanggal 1 Oktober 2014 kemarin saya desiminasikan diacara yang diselengggarakan Forum Ilmiah Guru (FIG) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Semarang, judul PTKnya adalah: Penggunaan Media Blog Guru Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dalam Pembelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Pada Siswa Kelas IX-D SMP Negeri 1 Kaliwungu Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2014/2015.
(Foto saat desiminasi PTK)

Dalam rangkaian pemaparan PTK pada waktu itu, saya sampaikan bahwa sejalan dengan diterapkan Kurikulum 2013 dimana dalam proses pembelajaran cenderung berpusat pada siswa, siswa dituntut untuk lebih aktif dan kreatif dalam mendapatkan berbagai informasi terkait materi pembelajaran yang sedang diikuti, salah satunya dengan memanfaatkan internet dalam mencari berbagai sumber materi pembelajaran, maka dari itu guru harus bisa mengimbangi kebutuhan siswa dengan menyediakan materi-materi pembelajaran di internet supaya siswa tidak salah dalam mengambil referensi pembelajaran.

Sebagai contoh, seorang siswa mencari informasi di internet dengan menggunakan mesin pencari Google dengan kata kunci: “cara membuka website yang benar”, mesin pencari google akan menampilkan berbagai blog/ website rujukan yang pernah mempublikasikan tulisan yang memiliki kemiripan dengan kata kunci yang digunakan siswa dalam mencari informasi tersebut, dalam kasus ini, google menampilkan sekitar 2.680.000 hasil pencarian. Jika siswa membuka blog guru yang berisi informasi tersebut, tentunya hal ini akan lebih aman dari berbagai konten negatif yang mungkin disediakan blog/ website penyedia informasi tersebut. Contoh konten negatif yang sering ada di blog penyedia informasi adalah: adanya gambar-gambar porno, tersedianya iklan dewasa yang menempel di blog penyedia informasi, atau tulisan-tulisan terkait lain yang cenderung negatif dan belum layak sebagai konsumsi siswa kita.

Dari sisi indikator keberhasilan pembelajaran siswa dalam memahami suatu materi juga akan lebih cepat tercapai, hal ini karena tulisan yang dipublish di blog guru, sudah dikemas dan disajikan dengan mempertimbangkan kebutuhan siswa kita.

Dalam hal pengambilan nilai, teknik evaluasi yang bisa diterapkan dalam pembelajaran menggunakan media blog guru, salah satunya menggunakan soal online. Soal online suatu istilah untuk mendefinisikan sebuah evaluasi siswa yang disajikan dalam media online internet atau intranet. Jika menggunakan Internet maka evaluasi mata pelajaran tertentu yang diberikan kepada siswa dapat diakses diberbagai tempat, tidak mengenal jarak dan waktu, jauh lebih fleksibel dibandingkan evaluasi dengan menggunakan soal tertulis seperti biasanya, walaupun dalam hal-hal tertentu soal menggunakan media kertas, soal tertulis tetap dibutuhkan.


Saya biasa menggunakan soal online ini untuk evaluasi mata pelajaran TIK, baik itu saat latihan soal maupun saat ulangan harian. Pengamatan pribadi Saya, bagi seorang Guru dengan soal online ini tentu  sangat terbantukan, karena Guru bisa mendapatkan laporan langsung yang dikirim secara otomatis ke email guru, bagi siswa sendiri bisa langsung mengetahui hasil perolehan nilainya, dan bisa juga langsung mengetahui jawaban yang berfungsi sebagai koreksi atas kesalahan dalam menjawab soal online.

Kemudahan membuat blog guru tanpa perlu menguasai bahasa pemrograman yang rumit juga bisa sebagai salah satu pertimbangan seorang guru untuk mulai menggunakan media blog guru dalam proses pembelajaran, sebagai contoh yang populer saat ini kita bisa mendapatkan sub domain dari blogspot.com, wordpress.com, secara gratis untuk membuat sebuah blog guru. Sedangkan untuk pembuatan soal online, kita bisa menggunakan quiz creator yang banyak tersedia gratis di internet, atau bisa juga menggunakan layanan Google Drive dalam pembuatan soal online yang akan dipasang di blog guru.

Peningkatan motivasi belajar siswa yang menggunakan media blog guru dalam proses pembelajaranya seperti yang digambarkan pada grafik berikut:

Grafik diatas saya ambil dari hasil Penelitian Tindakan Kelas dengan judul Penggunaan Media Blog Guru Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dalam Pembelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Pada Siswa Kelas IX-D SMP Negeri 1 Kaliwungu Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2014/2015 yang sudah saya lakukan. Dari 37 siswa yang saya minta untuk mengisi angket, pada pertanyaan Materi pembelajaran ini sangat menarik perhatian, siswa yang memilih sangat setuju ada 12, setuju 24 dan sangat tidak setuju ada 1 siswa.

Berikut beberapa contoh foto kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan media blog guru:
  
(Dokumen pribadi: foto diambil saat kegiatan belajar mengajar di Lab. Komp 1 dan Lab. Komp 2 SMP Negeri 1 Kaliwungu Kabupaten Semarang)

Dengan demikian, blog guru bisa dijadikan sebagai media belajar alternatif yang bisa meningkatkan motivasi belajar siswa.

Fahdisjro at 28 Oktober 2014 07.10

Mantab Mr. Mung. Ini guru inovatif, guru masa depan. Sudah wktunya merubah model pembelajaran dari konvensional mnuju digital interaktif. Sangat menginspirasi...

Amin Mungamar at 28 Oktober 2014 09.40

@Fahdisjro: terimakasih pak atas kunjungan dan komentarnya, kalau guru masa depan, berarti sekarang blm jadi guru dong pak, haha...

dedimulya at 30 Oktober 2015 00.28

mantap mas amin, boleh dong kita berguru pada anda..

Silahkan tinggalkan komentar anda disini dan Terimakasih anda mau menuliskan nama anda.

Koleksi Tutorial Blog

Arsip Blog