Cara Login Aplikasi Rapor Kurikulum 2013 Versi Kemendikbud

Jumat, 19 Desember 2014 - - 1

Aplikasi Rapor Kurikulum 2013 baik SD maupun SMP versi kemendikbud sudah bisa didownload dan dimanfaatkan semua sekolah di Indonesia dengan GRATIS, dan yang pasti aplikasi ini cukup bisa menjawab kegalauan tingkat dewa permasalahan penilaian yang begitu rumit dalam kurikulum 2013 ini. Bagi sekolah yang semester depan tetap menggunakan kurikulum 2013, tentunya bisa memaksimalkan untuk memanfaatkan aplikasi rapor gratis dari kemendikbud ini.

Aplikasi rapor kurikulum 2013 SMP versi kemendikbud ini bisa digunakan secara stand alone ataupun multiuser dengan memanfaatkan jaringan (LAN/WAN) yang tersedia disekolah masing-masing, tentunya hal ini sangat memudahkan dan mempercepat proses entri data kedalam aplikasi rapor ini. Untuk mengakses aplikasi rapor k13 versi kemendikbud caranya adalah sebagai berikut :

STAND ALONE
  • Buka Browser yang ada dikomputer Anda (Firefox, Crome, IE)
  • Akses alamat di http://localhost/rapor-smp atau akses no IP Komputer Anda misal IP anda 192.168.1.1 maka tuliskan alamat http://192.168.1.1/rapor-smp di browser yang Anda gunakan, atau klik icon shortcut yang ada di desktop “Rapor SMP”
MULTIUSER
Jika pengguna akan menggunakan secara bersamaan, maka komputer/ laptop yang sudah terinstal Aplikasi Rapor dan Dapodik harus terhubung dengan jaringan LAN/Wifi yang ada disekolah.
Maka cara untuk mengakses Aplikasi Rapor adalah sebagai berikut :
  • Semua pengguna bisa mengakses ke http://192.168.1.1/rapor-smp pada browser setiap komputer / laptop masing-masing pengguna. (IP Komputer yang terinstall aplikasi rapor: 192.168.1.1)
LOGIN KE APLIKASI RAPOR K13
Setiap pengguna bisa mendapatkan username dan password, dengan meminta kepada Administrator/Operator yang ditunjuk pihak sekolah. Setelah mendapatkan username dan password maka pengguna bisa langsung menggunakan aplikasi rapor.

Bagi administrator sendiri setelah proses instalasi aplikasi selesai, disarankan segera login dan mengupdate data diri administrator/ operator sekolah, caranya adalah sebagai berikut:
  1. Buka http://localhost/rapor-smp
  2. Masukan username: admin dan password: admin 
  3. Pilih Tahun Ajaran
  4. Kemudian klik tombol Login, jika username dan password yang dimasukkan benar maka tampilan aplikasi akan berubah seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini:
  5. Edit data administrator;
  6. Berikutnya anda edit dan simpan perubahan yang sudah anda lakukan.
  7. Pada menu ini juga anda bisa menambahkan pengguna lain, seperti guru, kepala sekolah, wali kelas dll.
Sumber Buku Manual Aplikasi Rapor Kurikulum 2013 Versi Kemendikbud.

izhaty Q at 14 Oktober 2015 11.52

g jelas ne,

Silahkan tinggalkan komentar anda disini dan Terimakasih anda mau menuliskan nama anda.

Koleksi Tutorial Blog

Arsip Blog