Download Kalender Pendidikan 2015/2016

Minggu, 24 Mei 2015 - -

Kalender Pendidikan (kaldik) tahun pelajaran 2015/2016 sudah keluar versi finalnya, muncul versi final karena sempat beredar kalender pendidikan tahun pelajaran 2015/2016 yang tidak sesuai dengan kondisi dilapangan, terutama dikarenakan memasuki bulan puasa pada pertengahan juni nanti.
Berikut beberapa informasi dalam kalender pendidikan tahun pelajaran 2015/2016 yang perlu diketahui sebagai bahan untuk menyusun berbagai kegiatan di sekolah:
  1. Kalender Pendidikan yang selanjutnya disingkat kaldik adalah pengaturan waktu untuk kegiatan pembelajaran peserta didik selama satu tahun pelajaran yang mencakup permulaan tahun pelajaran, minggu efektif belajar,waktu pembelajaran efektif dan hari libur.
  2. Perencanaan Pengaturan Kelas adalah:
    a.    Pengaturan kelas untuk keperluan administrasi satuan pendidikan;
    b.    Penempatan denah satuan pendidikan pada papan pengumuman dan pengaturan ruang  kelas untuk memudahkan peserta didik dapat mengetahui ruang belajar masing-masing.
  3. Permulaan tahun pelajaran adalah waktu dimulainya kegiatan pembelajaran pada awal tahun pelajaran pada setiap satuan pendidikan.
  4. Hari-hari pertama masuk satuan pendidikan adalah serangkaian kegiatan satuan pendidikan pada permulaan tahun pelajaran yang berlangsung selama 3 (tiga) hari kerja.
  5. Minggu efektif belajar adalah jumlah minggu kegiatan pembelajaran untuk setiap tahun pelajaran pada setiap satuan pendidikan.
  6. Waktu pembelajaran efektif adalah jumlah jam pembelajaran setiap minggu, meliputi jumlah jam pembelajaran untuk seluruh mata pelajaran termasuk muatan lokal, ditambah jumlah jam untuk kegiatan pengembangan diri.
  7. Waktu libur adalah waktu yang ditetapkan untuk tidak diadakan kegiatan pembelajaran terjadwal pada satuan pendidikan yang dimaksud. Waktu libur dapat berbentuk jeda tengah semester, jeda antar semester, libur akhir tahun pelajaran, hari libur keagamaan, hari libur umum termasuk hari-hari besar nasional, dan hari libur khusus.
  8. Penilaian adalah proses pengumpulan dan pengolahan  informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik.
  9. Ulangan adalah proses yang dilakukan untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik secara berkelanjutan dalam proses pembelajaran, untuk memantau kemajuan, melakukan perbaikan pembelajaran dan menentukan keberhasilan belajar peserta didik.
  10. Jenis Ulangan meliputi Ulangan Harian, Ulangan Tengah Semester, Ulangan Akhir Semester, Ulangan Kenaikan Kelas, Ujian Tingkat Kompetensi, Ujian Mutu Tingkat Kompetensi, Ujian Sekolah/Madrasah dan Ujian Nasional. dll.

  • Download Kaldik 2015/2016 lengkap disini
  • Silahkan tinggalkan komentar anda disini dan Terimakasih anda mau menuliskan nama anda.

    Koleksi Tutorial Blog

    Arsip Blog