Kuli Panggul ini dapat Gaji dari Google 16jutaan Tiap Bulan

1 Sep 2015 - -

Beberapa bulan yang lalu saya memposting dahsyatnya bisnis online, yang membawa pemuda lulusan SMP Karanganyar menjadi jutawan dengan omset 100jutaan tiap bulannya dari perusahaan raksasa google baca ulasannya disini, dan kali ini ada berita cukup heboh, ada seorang pria asal makasar lulusan kelas 4 sekolah dasar alias SD saja gak tamat, tiap bulan dapat gaji dari perusahaan raksasa google sebesar US$ 1.200 atau sekitar Rp 16,8 juta.

Pertanyaanya dari mana uang sebanyak itu? 

Ternyata, selain bekerja keras sebagai buruh kuli panggul kapal, Henry yang berasal dari makasar ini pintar membuat aplikasi untuk hp dengan sistem operasi android. Aplikasi tersebut kemudian dia unggah di Google Play, distributor produk digital yang dimiliki google, karena uniknya aplikasi, menariknya aplikasi maka banyak yang mengunduh untuk dimainkan di hp android, dari situlah kemudian dikirimi pembagian hasil dari Google sebesar US$ 1.200 tentunya tiada lain karena penghasilan dari iklan yang terpasang pada aplikasi android tersebut.

Perjalanan Henry menjadi pengembang aplikasi memang tidaklah mudah. Awalnya, dia bahkan tak memiliki barang satu unit komputer pun. Karena ia mengaku serius ingin belajar, Henry lantas membeli sebuah laptop bekas seharga Rp 800 ribu. Nahas, laptop tuanya ternyata tidak mumpuni dan tak memiliki spesifikasi yang cukup untuk membuat aplikasi game yang lebih canggih.

Laptop tersebut hanya dilengkapi perangkat Random Acces Memory (RAM) sebesar 1 gigabita. Padahal untuk membuat game, sebuah komputer setidaknya harus memiliki RAM minimal sebesar 2 gigabita. "Saya terpaksa pinjam uang dari keluarga Rp 2,7 juta," tutur Henry. Uang tersebut yang kemudian dipakainya membeli laptop yang lebih canggih dengan kapasitas jempolan.

Tak hanya itu, Henry pun harus merogoh koceknya kembali untuk membeli akun di Google Play Store seharga US$ 25. Saat itu nilainya sekitar Rp 300 ribu. Setelah semua perlengkapannya beres, barulah Henry bisa mulai merancang aplikasi permainan yang bervariasi. Sejak pertama kali bergabung, pada Oktober 2014, Henry mengaku sudah membuat ratusan aplikasi permainan.

Namun, dari ratusan aplikasi tersebut hanya sekitar sepuluh item saja yang bertahan di toko digital tersebut. "Ada aplikasi belajar huruf dan angka untuk balita, aplikasi kartun huruf dan angka, permainan Si Unyil Berpetualang, Ninja Konoha Run, Super Crocodile, dan King Arthur," ujar Henry, menjelaskan sebagian karyanya.

Kesepuluh aplikasi inilah yang paling banyak diunduh orang dan penggila game. Walhasil, penghasilan Henry pun merambat naik, dari semula hanya US$ 100 atau sekitar Rp 1,3 juta per bulan kini ia mampu meraup penghasilan hingga US$ 1.200 atau kurang lebih Rp 16 juta. "Saya awalnya sempat putus asa. Tapi memang dibutuhkan kerja keras, pengorbanan, kesabaran, dan fokus," kata Henry membuka rahasianya. (tekno.tempo.co)

Berikut beberapa contoh aplikasi android yang dibuat Henry Kuli Panggul ini:



Pelajaran yang bisa diambil dari Kuli Panggul yang dapat Gaji dari Google 16jutaan Tiap Bulan ini adalah:
  1. Tekun dan fokus dalam belajar membuat aplikasi hp android, selain tidak gampang, membuat game, membuat aplikasi itu butuh ide dan kreatifitas si pembuat.
  2. Pantang menyerah dan tidak mudah putus asa, karena menurut informasi aplikasi yang dibuat berjumlah ratusan, namun yang menghasilkan dan banyak di unduh orang hanya beberapa aplikasi saja.

Silahkan tinggalkan komentar anda disini dan Terimakasih anda mau menuliskan nama anda.

Koleksi Tutorial Blog

Arsip Blog