5 Manfaat Aplikasi Gboard ini bisa Membuat Android Anda Makin Canggih

22 Nov 2017 - -

Memiliki hp pintar dengan sistem operasi Android saat ini sudah tidak asing lagi, secara umum hampir semua orang mengenal hp dengan sistem operasi robot hijau ini. Memaksimalkan fitur-fitur pada hp pintar ini, tentu akan lebih bermanfaat, dibanding pemakaian yang biasa-biasa saja, apalagi jika anda termasuk golonganya orang yang hanya suka "bergaya" saja, beli hp mahal, namun hanya dipakai buat sms dan telpon saja, kan sangat disayangkan. Salah satu cara memaksimalkan hp pintar ini adalah dengan cara memasang berbagai aplikasi canggih yang bisa didownload secara gratis dari penyedia aplikasi android di google Play Store.

Sampai saat ini jutaan aplikasi Android ada di Google Play Store, mulai dari game, aplikasi pendidikan, aplikasi desain, kamera, dan lain-lain. Beberapa dari aplikasi android di google play store ada yang memiliki fungsi yang sangat bagus dan bisa dibilang canggih bisa digunakan untuk mempermudah pekerjaan kita, baik sebagai guru, siswa maupun masyarakat pada umumnya.

Pada posting kali ini saya sajikan sebuah aplikasi canggih besutan perusahaan Google yang bernama Gboard yang bakalan bisa membuat android Anda makin canggih.
Gboard - the Google Keyboard dari namanya pasti anda sudah tau salah satu fungsinya, yaitu berfungsi sebagai papan ketik di layar android anda, namun apakah hanya itu fungsinya, sebagai papan ketik saja?

Mari kita coba maksimalkan penggunaan Gboard-the Google Keyboard
Langkah paling awal, tentu anda dipersilahkan untuk mendownload aplikasi Gboard di PlayStore atau klik tautan berikut: Download Gboard, setelah proses instalasi selesai, biasanya anda akan diminta mensetting keyboard default android anda, dan silahkan anda setting dan arahkan pada Gboard.

Selesai instalasi dan selesai setting default keybord android, selanjutnya anda bisa mensetting tambah bahasa yang anda inginkan, misal selain bahasa indonesia, bahasa inggris, bisa anda tambahkan juga bahasa Arab dll.

Persiapan selesai, selanjutnya anda tinggal menikmati kecanggihan Gboard ini, silahkan anda coba untuk chating atau membuka teks editor seperti notepad, colornote, dll.

Berikutnya, akan saya bahas tentang 5 Manfaat Aplikasi Gboard ini bisa Membuat Android Anda Makin Canggih:

#1 Dikte: Voice to Text
Manfaat pertama yang akan saya bahas adalah kemampuan Gboard dalam merubah suara menjadi teks (Voice to Text) yaitu kemampuan untuk mengetik hanya dengan mendengarkan suara anda saja, bisa dengan bahasa indonesia, inggris, arab, dan bahasa yang lain, selama anda mampu mengucapkan bahasa tersebut dan google keyboard sudah anda setting dan tambahkan bahasa yang diinginkan maka Gboard akan membantu mengetikan tulisan untuk anda.

Jika anda menghendaki menulis dengan bahsa lain (syaratnya sudah anda tambahkan bahasa yang diinginkan di pengaturan Gboard), maka anda cukup menekan lama tombol spasi, maka akan muncul pilihan bahasa.


#2 Translate Berbagai Bahasa Otomatis
Salah satu manfaat Gboard berikutnya adalah translate bahasa otomatis, tanpa harus membuka google translate terlebih dahulu, misal anda sedang chating dengan Pak Dhe Obama atau Pak Dhe Salman tanpa harus mahir bahasa inggris atau arab, sudah bisa chat dengan mudah, anda cukup menulis indonesianya, biar Gboard yang akan menuliskan versi inggris atau versi arabnya. keren kan??




#3 Kamus Pribadi dan Menyimpan Kata yang dipelajari
Kamus pribadi ini berfungsi untuk membuat kalimat-kalimat yang sering digunakan, misal kata ketika anda menuliskan "mungbis", maka kamus pribadi akan memunculkan kalimat lengkapnya: "kunjungi http://www.mungbisnis.com" jadi akan menghemat tenaga anda dalam menuliskan kalimat-kalimat yang sering digunakan dalam komunikasi melalui chating/ sms.

#4 Penelusuran Google Otomatis
Nah, penelusuran google otomatis ini juga salah satu fitur canggih dari Gboard, klik icon G anda tuliskan kata kunci yang diinginkan tekan enter, maka google akan mencarikan informasi yang anda butuhkan.

#5 Penelusuran Gambar Animasi GIF
Tekan icon GIF Anda ketik kata kunci yang diinginkan, dan google akan  mencarikan untuk anda gambar gif (gambar animasi), cuma untuk masalah pencarian gambar gif ini manfaatkan untuk hal positif ya... jangan dipakai buat mencari gambar-gambar seronok, dosa... :)


Simak video panduan mulai dari instalasi, setting dan praktek penggunaan Gboard di video berikut (jangan lupa subscribe Chanel Mung Media ya...)


Demikian 5 Manfaat Aplikasi Gboard ini bisa Membuat Android Anda Makin Canggih, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda.

Silahkan tinggalkan komentar anda disini dan Terimakasih anda mau menuliskan nama anda.

Koleksi Tutorial Blog

Arsip Blog