Info Penting

Harga Domain Premium Rp. 10.000 Mau?

M emiliki blog pribadi atau blog bisnis dengan menggunakan domian premium tentu ada kebanggaan dan kepuasan tersendiri, untuk blog bisnis ...

Artikel Terbaru

HTTPS untuk Custom Domain Blogspot Resmi Tersedia

27 Mar 2018 - -


Alhamdulillah akhirnya yang ditunggu-tunggu muncul juga, protokol https untuk custom domain blogspot. Alamat blog mrmung.com yang semula diakses menggunakan http://www.mrmung.com sekarang sudah bisa diakses menggunakan https://www.mrmung.com.

Sebenarnya apa sih bedanya HTTP dan HTTPS ?

HTTP ( Hypertext Transfer Protocol)
Hypertext Transfer Protokol (HTTP) adalah sebuah protokol jaringan lapisan aplikasi yang digunakan untuk sistem informasi terdistribusi, kolaboratif, dan menggunakan hipermedia penggunaannya banyak pada pengambilan sumber daya yang saling terhubung dengan tautan yang disebut dengan dokumen hiperteks yang kemudian membentuk World Wide Web pada tahun 1990 oleh fisikawan inggris yang bernama Tim Berners Lee. Http merupakan protokol yang menyediakan perintah dalam komunikasi antar jaringan, yaitu komunikasi antara jaringan komputer client dengan web server. Dalam komunikasi ini, komputer clientmelakukan permintaan dengan mengetikkan alamat atau website yang ingin di akses. Sedangkan server mengolah permintaan tersebut berdasarkan kode protokol yang di inputkan.

HTTP disebut protokol Stateless karena setiap perintah dijalankan secara independen, tanpa pengetahuan tentang perintah yang datang sebelumnya. Ini adalah alasan utama yang sulit untuk menerapkan situs Website yang bereaksi secara cerdas untuk input pengguna.

Hypertext Transfer Protocol Secure (HTTPS)
Hypertext Transfer Protocol Secure (HTTPS) memiliki pengertian yang sama dengan HTTP hanya saja HTTPS memiliki kelebihan fungsi di bidang keamanan (secure). HTTPS di temukan oleh Netscape Communication Corporation. HTTPS menggunakan Secure Socket Layer (SSL) atau Transport Layer Security(TLS) sebagai sublayer dibawah HTTP aplikasi layer yang biasa. HTTP di enkripsi dan deskripsi dari halaman yang di minta oleh pengguna dan halaman yang di kembalikan oleh web server. Kedua protokol tersebut memberikan perlindungan yang memadai dari serangan eavesdroppers, dan man in the middle attacks. Pada umumnya port yang digunakan HTTPS adalah port 443. Tingkat keamanan tergantung pada ketepatan dalam mengimplementasikan pada browser web dan perangkat lunak server dan didukung oleh algorithma penyandian yang aktual. Oleh karena itu, pada halaman web digunakan HTTPS, dan URL yang digunakan dimulai dengan ‘https://’.

Https dapat menjamin keamanan dalam Autentikasi server yaitu memungkinkan peramban dan pengguna memiliki kepercayaan bahwa mereka sedang berbicara kepada server aplikasi sesungguhnya.Https juga mampu dalam menjaga kerahasiaan data dan Integritas data.

Perbedaan utama HTTP dan HTTPS
Perbedaan utama antara http dan https, dimulai dengan port default, yang 80 untuk http dan 443 untuk https. Https bekerja dengan transmisi interaksi yang normal http melalui sistem terenkripsi, sehingga dalam teori, informasi tidak dapat diakses oleh pihak selain klien dan server akhir. Ada dua jenis umum lapisan enkripsi: Transport Layer Security (TLS) dan Secure Socket Layer (SSL), yang keduanya menyandikan catatan data yang dipertukarkan. (Sumber)

Mengaktifkan Ketersediaan HTTPS akan memungkinkan pengunjung melihat blog Anda melalui sambungan yang dienkripsi dengan membuka https://www.mrmung.com. Untuk mensetting https pada blogspot custom domain, anda hanya perlu memilih opsi Ya pada setelan - dasar - Ketersediaan HTTPS, setelah itu anda cukup tunggu beberapa saat, blogger akan memprosesnya secara otomatis, berikutnya jika anda menginginkan pengunjung selalu melihat alamat blog anda dengan protokol HTTPS ini, maka anda perlu memilih opsi Pengalihan HTTPS menjadi YA.


Setelan ini tidak tersedia selama Ketersediaan HTTPS sedang diproses. Periksa kembali nanti. Jika Pengalihan HTTPS diaktifkan, Pengunjung blog akan selalu membuka https://www.mrmung.com. demikian penjelasan blogger saat saya mengaktifkan https pada custom domain blogspot. 

Beberapa hal yang perlu diperhatikan setelah anda selesai mensetting HTTPS pada domain blogspot custom domain adalah sebagai berikut:

  1. Submit kembali ke google.com/webmaster dengan menggunakan alamat blog yang sudah menggunakan https, termasuk submit kembali sitemapnya kedalam google webmaster.
  2. Silahkan edit link yang ada di blog anda, baik menu, link yang ada dalam postingan, dan link yang ada di dalam template, yang masih menggunakan http dirubah menjadi https.

Demikian, semoga bermanfaat.
Referensi perbedaan http dan https: http://ilmukomputer.org/2013/01/30/perbedaan-http-dan-https/

Tidak ada komentar:

Follow Me


Iklan Penyemangat

Koleksi Tutorial Blog

Arsip Blog