Info Penting

Tutorial Blogger Terlengkap Sistematis dilengkapi Video Tutorial

T utorial blogger di internet sangat banyak pilihannya, anda bisa memilih tutorial mana yang akan anda ikuti dan praktikkan supaya anda bi...

Artikel Terbaru

Cara Mudah Mengatasi Masalah HTTPS Blogspot Custom Domain

30 Mar 2018 - - 4

SSL Gratis yang diberikan pada pengguna blogspot custom domain memang sangat di tunggu-tunggu, karena sebelumnya pengguna blogspot.com sudah menikmati fasilitas HTTPS untuk blog yang masih menggunakan sub domain dari blogspot.com, sedangkan fitur SSL gratis untuk pengguna blogspot custom domain belum tersedia dan baru secara resmi diluncurkan pada tanggal 27 Maret 2018 kemarin (baca: HTTPS untuk Custom Domain Blogspot Resmi Tersedia).

Jika Anda mengaktifkan SSL gratis dari google untuk blogspot custom domain, kadang akan muncul masalah baru, yaitu adanya pesan HTTPS tidak valid, hal ini dikarenakan adanya konten campuran. Error Konten Campuran terjadi ketika laman web mengunduh konten awal HTML-nya dengan aman melalui HTTPS, namun kemudian memuat konten selanjutnya (seperti gambar, video, lembar gaya, skrip) melalui HTTP yang tidak aman. Error browser ini akan menurunkan keamanan HTTPS dan pengalaman pengguna blog Anda.


Konten campuran ini dapat disebabkan oleh markup HTML atau konten JavaScript yang biasanya ada di dalam:
  1. Sumber tema/ template blog Anda
  2. Sumber pos dan laman pada blog Anda
  3. Sumber gadget yang Anda pasang untuk mempercantik tampilan blog.

Oke, akan saya bahas Cara Mudah Mengatasi Masalah HTTPS Blogspot Custom Domain:
  1. Jika diperlukan Hapus semua gadget non-Google dari blog Anda.
  2. Pada browser, kunjungi blog Anda menggunakan HTTPS.
  3. Cari error konten campuran baik didalam postingan maupun di dalam kode template: “Konten campuran: Laman di 'https://<domain-anda>.com/' dimuat melalui HTTPS, namun telah meminta skrip tidak aman 'http://<url-lain>/script.js'. Permintaan ini telah diblokir; konten harus menggunakan HTTPS.” solusinya anda tambahkan huruf S dibelakang HTTP.
  4. Termasuk juga ketika anda mengupload gambar, harusnya format URL gambar menggunakan 'https://<url-lain>/image.jpg', jika belum HTTPS, silahkan Anda ganti semua alamat gambar menggunakan HTTPS.”

Untuk mempermudah dan mempercepat proses penggantian HTTP menjadi HTTPS di dalam kode template blog Anda, silahkan ikuti cara berikut:

  1. Login blogger - tema
  2. Copy kode tema dengan cara tekan CTRL A kemudian CTRL C
  3. Buka program aplikasi bawaan windows Notepad, kemudian paste dengan cara CTRL V
  4. Untuk merubah http menjadi https secara keseluruhan, tekan CTRL H, isi kolom Find What: http://  sedangkan pada kolom Replace with: https:// - klik tombol Replace All
  5. Blok semua kode template dengan cara tekan CTRL A kemudian CTRL C
  6. Buka kembali kode template blog anda, tekan CTRL A dan timpa dengan CTRL V hasil copy dari notepad tadi.

Bagaimana dengan masalah HTTPS yang ada ditiap postingan baik artikel maupun laman? 

Untuk mengatasi masalah ini memang butuh kesabaran tingkat tinggi, karena Anda harus mengecek secara manual tiap halaman postingan, jika ditemui HTTPS tidak valid, maka Anda harus mengedit postingan tersebut secara manual satu persatu untuk mengecek dan merubah protokol HTTP menjadi HTTPS. Namun tenang saja, untuk kasus HTTPS tidak valid pada postingan, biasanya hanya beberapa halaman saja.

Demikian Cara Mudah Mengatasi Masalah HTTPS Blogspot Custom Domain, semoga bermanfaat.

4 komentar

Follow Me


Iklan

Tutorial Blogger

Arsip Blog