Info Penting

Tutorial Blogger Terlengkap Sistematis dilengkapi Video Tutorial

T utorial blogger di internet sangat banyak pilihannya, anda bisa memilih tutorial mana yang akan anda ikuti dan praktikkan supaya anda bi...

Artikel Terbaru

Penyebab dan Solusi Blogspot Custom Domain Tidak Bisa dibuka

7 Apr 2018 - -

Memiliki blogspot yang sudah di custom domain tentu rasanya berbeda, apalagi custom domainya domain premium, baik itu dari sisi keseriusan mengelola blog, tampilan nama domain yang lebih profesional, alamat blog jadi tambah keren, dan tentunya akan lebih mudah diingat ketika kita infokan ke orang lain, Anda bisa bandingkan alamat blog guru ini, alamat blog sebenarnya adalah: mrmung.blogspot.com karena sudah dicustom domain maka menjadi www.mrmung.com saya belikan domain premium yang saya buatkan postingan khusus tentang catatan sejarah mendapatkan domain mrmung.com, saya tulis di postingan "Akhirnya kudapatkan kau".

Kembali kejudul postingan "Solusi Blogspot Custom Domain Tidak Bisa dibuka", sebelum membahas solusi yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah tidak bisa dibukanya blogspot custom domain baik itu blogspot custom domain yang menggunakan domain premium misal: .COM, .NET, .INFO, ORG, .WEB.ID, dll, atau menggunakan domain gratis seperti:  .TK / .ML / .GA / .CF / .GQ, mari kita lihat penyebab-penyebabnya:

  1. Settingan custom domain salah baik saat memasukan kode unik dari blogger di domain panel atau kesalahan memasukan cname record, name server di domain panel.
  2. Perubahan name server atau memperbarui domain dengan nameserver baru (DNS)  biasanya membutuhkan waktu antara 24 – 48 jam, periode ini disebut Propagasi atau Resolve Domain, jadi dalam periode waktu tersebtu blog anda tidak bisa diakses.
  3. Domain lupa tidak diperpanjang (renew domain) baik itu domain premium maupun domain free. 
  4. Domain panel yang anda gunakan bermasalah, misal server down atau masalah teknis lainya, ini juga berakibat pada tidak bisa dibukanya blogspot custom domain anda.

Setelah kita tahu penyebab terjadinya custom domain blogspot tidak bisa dibuka, selanjutnya kita bahas solusi mengatasi masalah tersebut;

  1. Jika masalahnya dikarenakan settingan yang tidak benar, maka silahkan anda cek kembali dan perbaiki settingan custom domain blogspot yang sudah anda lakukan, jika masih bermasalah, silahkan konsultasikan dengan penyedia domain (tempat dimana anda membeli domain tersebut).
  2. Jika masalahnya karena baru ada perubahan pengaturan name server dan masuk masa propagasi/ resolve domain, maka anda harus bersabar, tunggulah 24-48 jam.
  3. Jika masa aktif domain anda habis maka domain anda akan masuk masa Tenggang, pada periode ini Anda masih bisa memperpanjang domain dengan harga normal sekitar 40 hari, halaman web anda akan diganti dengan halaman iklan. Jika tidak diperpanjang juga maka akan masuk masa penebusan, Periode ini berlangsung selama 30 hari. Biaya untuk menebus domain tersebut 10x lipat harga normal. Jika tidak ditebus juga maka domain anda akan masuk masa penghapusan dari sistem dan siap dilepas lagi di internet, siapapun bisa memiliki domain itu. Oleh karenanya pastikan anda disiplin melakukan renew domain tepat waktu biar blog anda tetap aman, atau jika anda punya dana lebih, bayar domain misal untuk periode 5 tahun sekaligus. Sedangkan untuk domain gratis seperti yang disediakan oleh penyedia domain gratis freenom, tiap tahun anda berkewajiban melakukan renew domain, anda cukup login di situs freenom dan klik tombol renew domain.
  4. Untuk masalah teknis dari sisi domain panel atau penyedia domainya, maka solusi terbaik adalah berdoalah semoga tidak terjadi apa-apa, sabarlah menanti perbaikan yang sedang dilakukan penyedia domain, semoga cepat teratasi.

Solusi alternatif lain, jika anda tidak ada dana untuk membayar biaya tahunan domain anda, atau anda lupa sampai akhirnya domain anda dihapus penyedia domain, atau mungkin masalah teknis dari sisi penyedia domain tidak juga bisa teratasi, anda bisa menghapus settingan blogspot custom domain anda, sehingga blog anda tetap bisa diakses walaupun menggunakan sub domain blogspot, caranya sebagai berikut:

  1. Login ke blogger.com
  2. Klik menu Setelan - Dasar
  3. Klik tanda silang disebelah kanan nama domain anda
  4. Klik OK
  5. Blog anda sekarang bisa diakses kembali dengan menggunakan alamat namablog.blogspot.com.

Demikian Penyebab dan Solusi Blogspot Custom Domain Tidak Bisa dibuka, semoga informasi ini bermanfaat.

Informasi Tidak Wajib:
Bagi yang membutuhkan domain premium seperti domain .com, .net, .info .web.id, .id, .sch.id, .co.id, .ac.id, dll, silahkan order di Mung Bisnis | Penyedia Jasa, Domain dan Hosting.

Tidak ada komentar:

Follow Me


Iklan

Tutorial Blogger

Arsip Blog