Info Penting

Tugas Blogging 3 Kelas IX Semester 1 Tahun 2018

K egiatan pembelajaran dengan materi Blogging fokus utamanya adalah bagaimana siswa diharapkan bisa menulis dengan baik di blog yang suda...

Artikel Terbaru

Cara Mudah Custom Domain Blogspot

19 Mei 2012 - - 5

Custom domain blogspot merupakan nama domain pilihan yang bisa kita gunakan untuk menggantikan nama blog di blogspot (blogger.com). Dengan custom domain kita bisa merubah alamat blog semisal mrmung.blogspot.com menjadi mrmung.com, bisa juga dengan menggunakan TLD (Top Level Domain) lainya seperti: .net, .org, .biz dll, anda bisa baca kembali artikel tentang Memahami Nama Domain di Internet.
Untuk blog yang digunakan mencari tambahan penghasilan di internet (Blog Bisnis), atau blog yang dibangun untuk tujuan personal branding, custom domain premium ini sangat berpengaruh pada kredibilitas blog anda di Internet.

Perlu anda ketahui, nama domain di internet sifatnya unik, tidak boleh ada yang sama, jadi ketika anda mencari nama domain, mungkin saja domain pilihan anda sudah dipakai orang lain, untuk mempermudah pengecekan nama domain di internet silahkan anda cek DISINI.

Langkah Custom Domain Premium

  1. Login admin blogspot di http://blogger.com
  2. Buka setelan blog anda, pada menu setelan dasar, anda klik link teks Siapkan URL pihak ke-3 untuk blog Anda, kemudian masukan nama domain anda lengkap dengan awalan "www"
    contoh: www.namadomainanda.com, www.mrmung.com, www.mrmung.xyz, dll.
  3. Klik tombol simpan, maka akan muncul kode verifikasi yang nantinya wajib anda masukan di CNAME record domain panel anda, PERHATIKAN gambar berikut, kode untuk CNAME record ditunjukan pada nomor 2 dan 3.
    Contoh pada gambar dibawah kode CNAME record yang nantinya dimasukan di DOMAIN PANEL sebagai berikut:
    - Host Name: www  → Value: ghs.google.com
    - Host Name: aomlqwgaa2x7  → Value: gx-xjkjkfgtjd.dv.googlehosted.com
Sampai langkah 3 ini anda hentikan dulu, sekarang anda beralih ke domain panel untuk memasukan kode verifikasi yang ditampilkan pada langkah ke-3 ini (buka tab browser yang baru supaya tidak menutup setelan langkah 3).

Login Panel Domain Premium

  1. Contoh jika anda membeli domain premium di Mung Bisnis maka anda buka Panel Domain melalui http://domreg.mungbisnis.com
  2. Masukan username anda (email yang diregistrasikan) dan password anda, jangan lupa pilih Role Customer, jika anda lupa password, manfaatkan fitur Forgot Password.
  3. Klik menu Manage Order - pilih dan klik sub menu List - Klik nama domain anda di List Of Order, perhatikan gambar berikut:

  4. Setelah nama domain di klik, selanjutnya anda scroll ke bawah dan cari fitur DNS Management Free, perhatikan gambar berikut:
  5. Setelah terbuka jendela manage dns, anda klik CNAME Record - dilanjutkan dengan mengklik Add CNAME Record, perhatikan gambar berikut:
  6. Tahap berikutnya anda isi host name dengan www kemudian isi Value dengan: ghs.google.com perhatikan gambar berikut:

    Kemudian masukan juga kode verifikasi kepemilikan domain kedalam CNAME record domain panel anda yang didapat dari langkah ke 3 pada tahap awal setting custom domain di blogger.com, seperti pada gambar berikut:
  7. Tahap berikutnya masukkan alamat IP di bawah ini pada tab menu A Records, dengan kolom Name kosong, dan Type pilih "A“ yang mengarah ke empat IP Google berbeda berikut:
    216.239.32.21
    216.239.34.21
    216.239.36.21
    216.239.38.21



    Fungsi ke empat A-records di atas adalah menautkan domain tanpa awalan www (contoh.com) ke situs yang sebenarnya (www.contoh.com). Jika Anda melewatkan langkah ini, pengunjung yang tidak mengetikkan "www" akan melihat laman kesalahan.
Langkah terakhir setelah anda menunggu ± 30-60 menit, anda kembali ke tab setelan custom domain di blogger untuk mengklik tombol SIMPAN.
Jika anda ingin mengaktifkan protokol HTTPS pada blog anda, silahkan anda ikuti panduan Cara Mengaktifkan SSL Gratis di Blogspot.

Catatan Penting:

Jika setelah menunggu sampai 1 jam, setelan custom domain tidak bisa tersimpan, silahkan anda login ke panel domain premium anda untuk memastikan kebenaran Name Server domain anda, secara default sudah saya setting ke name server berikut:
mungbisnis.earth.orderbox-dns.com
mungbisnis.mars.orderbox-dns.com
mungbisnis.mercury.orderbox-dns.com
mungbisnis.venus.orderbox-dns.com


Sampai disini anda telah sukses Custom Domain Blogspot anda menjadi domain sendiri yang akan tampak lebih profesional dan lebih terlihat serius dalam mengelola blognya.



Semoga bermanfaat.

Informasi
Bagi yang tidak ada waktu dan tidak mau repot cara membuat dan mengedit blog, serahkan saja kepada Mung Bisnis | Jasa Pembuatan Blog Elegant, Keren dan Murah.

5 komentar

  1. Wah keren blognya. Mirip facebook. Tapi keren lagi kalau di samain sekalian. hehehe kalau siap mau di tuntut.

    BalasHapus
  2. ane coba belum berhasil gan. :) muncul Error Message: Resource record having same details already exists.

    BalasHapus
  3. kok gk bisa gan???
    mampir sambil cek http://tafshare.blogspot.com/2014/03/tips-menulis-artikel-blog-dengan-post-checklist.html

    BalasHapus

Follow Me


Iklan

Tutorial Blogger

Arsip Blog