Info Penting

Tugas Blogging 3 Kelas IX Semester 1 Tahun 2018

K egiatan pembelajaran dengan materi Blogging fokus utamanya adalah bagaimana siswa diharapkan bisa menulis dengan baik di blog yang suda...

Artikel Terbaru

Cara Membuat Desain Header dengan Paint

20 Apr 2018 - - 4

Desain header berfungsi menghiasi tampilan blog khususnya bagian header (bagian atas dari blog) blog yang telah kita buat. Desain header yang akan kita buat ini sebagai kelanjutan tutorial membuat blog dengan template sederhana bawaan blogger.

Kenapa menggunakan program paint?

Program aplikasi paint merupakan program aplikasi desain grafis dasar tanpa harus menginstall aplikasi pihak ketiga, melainkan sudah bawaan dari sistem operasi windows, dalam tutorial ini saya menggunakan program paint pada sistem operasi windows 8.

Berikut proses membuat desain header dengan paint:
  1. Cek ukuran lebar dan tinggi header blog, anda bisa melihat lebar desain header yang disarankan dengan cara klik edit pada gadget header, seperti pada gambar berikut:

    akan tampil jendela edit header seperti gambar di bawah ini, dan anda bisa melihat lebar header yang disarankan yaitu pada gambar ini lebar 940 pixel.
  2. Buka program paint
  3. Atur ukuran lembar kerja paint sesuai dengan lebar yang disarankan, sedangkan untuk tinggi desain header sesuai selera anda, untuk tinggi header yang bagus saya sarankan menggunakan 150 - 200 px, sebagai contoh desain header akan saya atur dengan ukuran 940 x 150 pixel.

    Akan tampil jendela pengaturan lembar kerja program paint:
  4. Silahkan berkreasi sesuai kemampuan anda, jangan takut salah untuk mencoba mendesain header, silahkan anda coba memanfaatkan tool-tool program paint yang tersedia, seperti memberi warna background dengan menggunakan icon kaleng tumpah (fill with color), menambahkan teks (icon text), menambahkan gambar-gambar seperti lingkaran, bintang, dll di tab menu shape. Contoh hasil desain header dengan program paint seperti gambar di bawah ini:

Cara memasang hasil desain header paint di blog:
  1. Login blogger.com dengan akun google anda
  2. Klik tata letak dan tuju bagian header - klik Edit
  3. Pilih file dan cari file desain header yang sudah anda buat di program paint,

    Pilih opsi Selain judul dan keterangan, kemudian klik tombol Simpan.
  4. Setelah diterapkan di blog dengan pilihan template sederhana, hasilnya sebagai berikut:
Demikian Tutorial Cara Membuat Desain Header dengan Paint, semoga bermanfaat.

Informasi
Bagi yang tidak ada waktu dan tidak mau repot cara membuat dan mengedit blog, serahkan saja kepada Mung Bisnis | Jasa Pembuatan Blog Elegant, Keren dan Murah.

4 komentar

  1. Semoga tutorial ini bermanfaat untuk anda.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yess.. makasih om, bermanfaat buat newbie spt sy

      Hapus
  2. Nggawe thokk.....masange piyee....????

    BalasHapus
    Balasan
    1. Blm bisa pasang pak dhe? Ya besok2 tak buat panduanya.

      Hapus

Follow Me


Iklan

Tutorial Blogger

Arsip Blog