Info Penting

Uraian Kalender Pendidikan Tahun Pelajaran 2018/2019

P ada posting sebelumnya sudah saya bagikan kepada anda Pedoman Penyusunan Kalender Pendidikan Tahun Pelajaran 2018/2019 untuk provinsi Jawa...

Artikel Terbaru

Membuat Blog dengan Blogger Terbaru

15 Apr 2018 - -

Tutorial Membuat Blog dengan Blogger Terbaru
Salah satu penyedia blog gratis yang cukup populer saat ini adalah  blogspot atau blogger, namun nama domain yang akan anda dapatkan nantinya adalah sub domain dari blogspot, sebagai contoh blog saya: mrmung.blogspot.com

Kenapa harus membuat blog di blogger.com bukan pada situs penyedia blog lainnya? 

Sebenarnya tidak ada keharusan untuk membuat blog di blogger, namun ada banyak kelebihan yang dimiliki blogger di banding dengan penyedia blog lain. Beberapa contoh kelebihan blogspot di banding yang lain yaitu:
  • Mudah dalam pengoperasian sehingga cocok untuk pemula, 
  • Lebih leluasa dalam mengganti serta mengedit template sehingga tampilan blog anda akan lebih fresh karena hasil kreasi sendiri,  
  • Custom domain atau anda dapat mengubah nama blog anda dengan nama domain sendiri misalkan mrmung.blogspot.com di ubah menjadi mrmung.com, Sedangkan hosting tetap menggunakan blogspot dan masih tetap gratis.

Tahap #1 Membuat Email gmail

Salah satu syarat yang harus dipenuhi dalam membuat blog adalah anda memiliki alamat email yang masih aktif atau di gunakan. Jika anda belum mempunyai alamat email, silahkan buat dahulu di gmail karena blogger adalah salah satu layanan dari Google maka ketika mendaftar ke blogger maka gunakan email gmail.

Tahap #2 Membuat blog di Blogger.com

  1. Silahkan anda buka http://www.blogger.com
  2. Masukan email gmail dan password anda:
  3. Setelah login, anda bisa merubah bahasa yang digunakan supaya mudah dalam mengikuti tahap demi tahap dalam proses pembuatan blog ini (lihat pojok kanan atas), sebagai contoh saya rubah ke bahasa Indonesia:
  4. Klik tombol bertuliskan Blog Baru.
  5. Isilah judul blog serta alamat blog yang di inginkan. pastikan alamat blog yang anda tuliskan tersedia (ditandai dengan tanda centang biru disebelah kanan kolom alamat blog), kemudian pilih template yang diinginkan, dan klik tombol Buat blog di pojok kanan bawah.

    Catatan: Template blog ibarat baju yang anda kenakan, jadi baju yang bagus tentu akan enak dipandang, untuk masalah template blog, nanti bisa kita rubah sesuai keinginan kita dilain waktu.
  6. Selamat blog anda sudah selesai dibuat, anda sudah bisa langsung melihat blog anda dengan mengklik tombol Lihat Blog atau anda juga bisa langsung memposting tulisan pertama anda dengan mengklik tombol warna orange yang ada tulisan Entri baru.
  7. Misal anda akan memposting tulisan pertama anda, setelah anda klik tombol Entri Baru akan masuk ke halaman post editor, silahkan isi apa saja ( disarankan untuk langsung mengisi posting, biasanya jika tidak langsung posting akan terjaring robot anti spam milik blogger, dan blog anda akan di lock). Contoh : hello world. Klik Tombol PRATINJAU untuk melihat tampilan yang nanti akan muncul di blog, klik tombol PUBLIKASIKAN jika posting anda mau dipublikasikan ke publik.
  8. Selesai.
Untuk tahap awal, blog anda sudah jadi dan bisa diakses dimana saja. Untuk tutorial blogging lainya anda bisa memilih koleksi tutorial bloging di sidebar kanan blog ini, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Follow Me


Iklan

Koleksi Tutorial Blog

Arsip Blog