Info Penting

Tutorial Blogger Terlengkap Sistematis dilengkapi Video Tutorial

T utorial blogger di internet sangat banyak pilihannya, anda bisa memilih tutorial mana yang akan anda ikuti dan praktikkan supaya anda bi...

Artikel Terbaru

Cara Membuat Homepage Statis di Blogspot

22 Jul 2018 - - 6

Homepage merupakan halaman utama atau halaman pembuka dari suatu Website/ blog. Homepage ini sangat penting karena yang pertama kali terindex oleh mesin pencari seperti google adalah homepage itu sendiri.

Dalam dunia blogging yang menggunakan engine blogger, secara default homepage blog bersifat dinamis, jika anda pengelola blog yang sering update artikel, maka tulisan terbaru akan tampil diatasnya, dan tulisan lama akan ada di bawahnya begitu seterusnya. Kadangkala ada pengelola blog yang menghendaki homepage/ halaman utama blognya bersifat statis atau tidak ada perubahan halaman, jadi setiap kali orang membuka halaman utama sebuah blog, maka yang tampil adalah halaman tertentu saja.

Pada kesempatan kali ini, kita akan belajar bagaimana cara membuat homepage statis di blogspot dengan mudah dan cepat hanya dengan 2 (dua) langkah utama saja.

Membuat Halaman

Tahap pertama silahkan anda buat halaman baru, supaya keliatan menarik saat diakses nantinya, silahkan buat halaman blogger dengan judul index, tujuanya supaya mendapatkan permalink halaman /p/index.html. Isi halaman index yang akan dijadikan sebagai halaman statis dengan tulisan/ gambar sesuai kebutuhan anda. Pada tahap pertama ini anda akan mendapatkan URL halaman sebagai contoh: http://namablog.blogspot.com/p/index.html ⇒ 
URL halaman mungkin akan berbeda, tergantung judul halaman yang anda buat.


Setting Homepage Statis

Tahap kedua silahkan anda setting di menu Setelan -  Preferensi Penelusuran - Pilih Pada Pengalihan Khusus, klik edit dan beri centang pada kotak pengalihan khusus, beri tanda garis miring "/" pada kotak isian pertama, dan kotak isian kedua isi dengan halaman homepage statis anda, contoh disini seperti pada tahap satu anda telah mendapatkan URL http://namablog.blogspot.com/p/index.html maka anda cukup menuliskan /p/index.html saja, perhatikan gambar berikut:


Dengan langkah-langkah di atas, homepage statis blogspot anda selesai dibuat, dan anda bisa mencoba mengaksesnya dengan mengetikkan halaman utama saja, dan otomatis akan tampil halaman yang sudah anda buat sebelumnya. sebagai contoh pada tutorial ini, silahkan anda buka alamat blog ini: https://m-mufid.blogspot.com/ .

6 komentar

Follow Me


Iklan

Tutorial Blogger

Arsip Blog