Info Penting

Mapel TIK Kembali Hadir di Kurikulum 2013 dalam Konsep Baru

M ata pelajaran TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) yang sempat dihilangkan dalam Kurikulum 2013 dan diganti namanya menjadi Bimbing...

Artikel Terbaru

Mengatasi Masalah Tampilan Blog (Template) Tidak Rapi di Opera Mini Android

7 Agt 2018 - -

Memiliki tampilan blog yang sempurna disemua perangkat yang digunakan pengunjung blog tentu sangat diidamkan, karena hal ini akan berpengaruh pada betah, nyaman, atau tidaknya pengunjung blog kita. Tampilan blog yang akan menyesuaikan secara otomatis jika dibuka menggunakan perangkat komputer dan handphone, inilah yang dinamakan blog sudah menggunakan template yang responsive.

Berbicara masalah desain template blog responsive yang bisa mempengaruhi peringkat di Google pernah saya bahas dalam postingan Template Responsive Jadi Penentu Peringkat di Google, pada posting kali ini saya akan membahas masalah yang saya alami pada desain template blog Mr. Mung dot Com yang kurang rapi saat diakses menggunakan browser opera mini di android.

Berikut tampilan saat dibuka menggunakan browser google chrome, tampilan sudah rapi sesuai yang saya inginkan,

Namun saat dibuka menggunakan opera mini, ternyata ada yang tampak tidak rapi, mulai dari fitur pencarian yang bergeser kebawah, dan tampilan widget di bawah yang tidak nyaman dipandang.

Setelah diperbaiki, tampilan blog sekarang sudah sesuai yang diharapkan:

Sebenarnya apa penyebabnya, setelah googling kesana kemari, akhirnya menemukan pembahasan yang diberi judul CSS hack for Opera Mini only, yang intinya adalah Opera Mini tidak mendukung line-height dan font-size dengan benar, dan solusi yang saya peroleh adalah cukup dengan menambahkan kode css di bawah ini diatas kode ]]> </ b: skin> 

:-o-prefocus, .block1, .block2 {font-size: 14px;}
@-o-viewport {zoom: 0.90;}

Kode css diatas hanya bekerja jika pengunjung mengakses blog menggunakan perangkat dengan layar kecil seperti handphone. anda bisa merubah nilai font-size dan zoom sesuai kebutuhan, bisa dengan nilai lebih kecil atau lebih besar sesuai dengan tampilan yang dihasilkan.

Demikian Cara Mengatasi Masalah Tampilan Blog (Template) Tidak Rapi di Opera Mini Android, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Follow Me


Iklan

Koleksi Tutorial Blog

Arsip Blog