Info Penting

Tutorial Blogger Terlengkap Sistematis dilengkapi Video Tutorial

T utorial blogger di internet sangat banyak pilihannya, anda bisa memilih tutorial mana yang akan anda ikuti dan praktikkan supaya anda bi...

Artikel Terbaru

Mengganti Tema/ Template Blogger Standar

11 Mar 2010 - - 2

Bismillah...
Gimana kabar blognya sekarang? sudah mulai tampil elegan dan keren apa belum?
semoga saja setelah anda mengikuti beberapa tips mulai dari setting blog yang baru di buat, kemudian tips membuat blog kita menjadi tampil elegant dan keren blog anda sekarang sudah mulai terlihat menarik dan tentunya didukung dengan isi atau konten blog yang menarik pula (lihat cara posting artikel).

Untuk tutorial kali ini kita akan belajar cara mengganti template blog dengan template standar bawaan blogger.com. Template atau tampilan blog ibaratnya pakaian yang dikenakan seseorang, ingin tampil elegan dan keren, atau tampil minimalis itu tergantung orangnya atau pemilik blog.

Template bawaan blogger bisa anda lihat di tab menu tema (tentunya setelah anda login sebagai admin blog)

Langkah untuk mengganti template sangat sederhana sekali:
  1. Login ke blogger.com menggunakan email dan password anda
  2. Pilih tab menu Tema, pada jendela sebelah kanan, anda bisa melihat langsung koleksi tema yang disediakan blogger, silahkan anda scroll ke bawah untuk melihat dan memilih tema yang cocok sesuai selera anda, pada contoh ini saya memilih tema Sederhana/ Simpel, tujuan saya memilih tema simpel ini adalah, supaya anda bisa mengikuti panduan saya lebih sistematis. Setelah memahami materi, anda bisa mengganti tema sesuai selera anda nantinya.



  3. Jika anda menginginkan beberapa perubahan dengan template simpel sesuai selera, mulai dari warna, model huruf (font), ukuran huruf (font size), background, lebar blog, klik tombol SESUAIKAN.
  4. Mengganti background dengan cara klik Latar Belakang - Ganti gambar - pilih gambar latar sesuai selera,


  5. Jika anda menghendaki perubahan lewat blog, baik kolom tempat artikel maupun kolom tempat aksesoris blog, caranya klik Sesuaikan lebar - silahkan anda atur lebar mulai dari seluruh blog, sidebar kanan, contoh pada panduan ini saya atur untuk lebar keseluruhan blog 960pixel sedangkan untuk kolom tempat aksesoris sebelah kanan (sidebar kanan) saya atur dengan lebar 310 pixel.
    Jika anda saat anda klik sesuaikan lebar ini, tidak muncul pengaturan seperti gambar di atas, itu artinya template blog yang anda pilih tidak support untuk pengaturan lebar baik lebar keseluruhan blog maupun lebar sidebar kiri/ kanan.
  6. Berikutnya anda bisa memilih pengaturan tata letak blog anda dengan cara klik Tata Letak - disini anda bisa melihat dan memilih tampilan tata letak, mulai dari tata letak dengan 1 kolom penuh, 2 kolom dengan kolom postingan dan sidebar kanan, dll., silahkan pilih sesuai selera anda, dalam panduan ini saya memilih tata letak nomor 2, yaitu 2 kolom (kolom besar untuk postingan dan kolom kecil sebelah kanan/ sidebar kanan), sedangkan untuk tata letak footer (bagian bawah blog) saya memilih tata letak dengan menampilan 2 kolom dengan lebar yang sama.

  7. Berikutnya adalah mengatur warna header, jenis huruf, ukuran huruf, warna huruf pada blog anda, yaitu ada pada menu Lanjutan, anda bisa atur mulai dari Teks Halaman, Latar, Link, Judul Blog, silahkan anda atur bebas sesuai selera anda.
  8. Jika telah selesai mengatur tema simpel bawaan blogger ini, silahkan klik tombol Simpan di pojok kanan bawah.


    Kemudian klik tombol kembali ke halaman admin blogger, untuk melakukan posting artikel anda.


Video Cara Mengganti Tema/ Template Blog Dasar
Selamat mencoba semoga bermanfaat.

2 komentar

  1. sangat membantu saya yang memang suka sekali mengganti template dengan template lucu tentunya.. terimakasih gan atas infonya..


    obat kista tradisional
    terima kasih sebelumnya.

    BalasHapus
  2. Wah.. ternyata asik juga ya..terimakasih Master

    BalasHapus

Follow Me


Iklan

Tutorial Blogger

Arsip Blog