Apakah situs Anda sudah mobile-friendly?

Senin, 06 Februari 2017 - -

Apakah situs Anda sudah mobile-friendly?
Cari tahu seberapa baik performa situs Anda di perangkat seluler dan desktop, ini kata-kata pembuka pada salah satu produknya google, yaitu tool untuk mengecek apakah situs yang kita kelola sudah mobile-friendly, apakah situs kita termasuk situs yang cepat saat di akses pengunjung.

Mungkin sebagian dari anda belum begitu memperhatikan masalah ini, yang penting punya situs itu sudah Alhamdulillah, bisa berbagi informasi, berbagi ilmu melalui situs yang kita kelola itu sudah lebih dari cukup. Namun, bagi sebagian orang yang memperhatikan kinerja situs, memperhatikan kenyamanan pengunjung, tentu hal ini akan sangat diperhatikan, yaitu memiliki situs yang cepat saat diakses, memiliki situs yang sudah mobile-friendly atau situs yang mampu menyesuaikan diri secara otomatis ketika diakses oleh pengunjung dengan berbagai device baik itu saat dibuka menggunakan laptop/ komputer dengan layar yang lebar, atau bahkan saat dibuka menggunakan handphone dengan layar yang kecil.

Berikut contoh tampilan hasil pengecekan tampilan situs mrmung.com menggunakan tool yang tersedia di http://ami.responsivedesign.is/ :


Hasil skor yang diberikan toolnya google ini bisa kita jadikan sebagai masukkan yang bisa dipertimbangkan. Situs web yang kompleks atau, misalnya, mempunyai gambar yang sangat besar, bisa menyebabkan skor yang lebih rendah dibanding situs web yang lebih kecil dan sederhana.

Kembali ke judul postingan ini Apakah situs Anda sudah mobile-friendly?, berikut langkah-langkah untuk mengecek situs mobile friendly dan cek kecepatan situs dengan tool buatan google:
  1. Buka https://testmysite.thinkwithgoogle.com/intl/id-id/ 
  2. Tuliskan alamat website atau blog anda pada kolom yang tersedia di tool buatan google ini, perhatikan gambar berikut:
  3. Klik tombol Uji sekarang, dan tunggu proses berlangsung beberapa detik.
  4. Lihat hasilnya, skor kesesuaian untuk seluler, skor kecepatan saat dibuka menggunakan handphone, dan skor kecepatan saat situs dibuka menggunakan komputer desktop.
  5. Minta kiriman lebih detail analisa google terkait website anda.

    Tunggu informasinya maksimal 1jam, akan terkirim ke email anda.
Demikian, semoga bermanfaat.

Silahkan tinggalkan komentar anda disini dan Terimakasih anda mau menuliskan nama anda.

Koleksi Tutorial Blog

Arsip Blog