Membangun Kelas Online Dengan Aplikasi Telegram Bagian 2 Memasang Welcome Bot

Rabu, 08 Februari 2017 - -

Membangun kelas online dengan aplikasi telegram  akan semakin menarik dan semakin tampak interaktif, jika sudah kita lengkapi dengan beberapa bot (robot) telegram pendukung. Pada postingan sebelumnya (baca: Membangun Kelas Online Dengan Aplikasi Telegram Bagian 1) telah saya bahas persiapan-persiapan dalam membangun kelas online, mulai dari pembuatan group kelas online, membuat channel group, dan dalam tulisan ini kita akan bahasa lebih rinci tentang bagaimana cara setting, konfigurasi masing-masing bot (robot) ditelegram yang dibutuhkan dalam mebangun kelas online.

Persiapan seperti membuat group kelas online, membuat channel group yang berfungsi sebagai sarana memberi informasi satu arah ke anggota group, telah kita lakukan. Selanjutnya proses instalasi bot telegram.

Berikut Bot yang akan kita gunakan di dalam group Kelas Online: 
  • Welcome Bot  (Berfungsi sebagai bot penyambutan otomatis saat ada anggota baru yang masuk ke dalam group, Bot ini juga bisa memberikan informasi saat ada anggota group yang meninggalkan group.
  • ManyBot (Bot siap pakai ini akan kita gunakan sebagai bot yang mampu merespon setiap perintah/ permintaan dari anggota group, dan mencocokan dengan perintah yang sebelumnya sudah dipasang didalam bot ini.)
  • BotFather (Bot yang wajib kita invite sebelum membuat bot telegram untuk berbagai keperluan, karena BotFather inilah yang akan membantu membuat dan mengelola bot telegram).
Memasang Welcome Bot
1. Add welcomebot (@jh0ker_welcomebot) pada akun telegram,


2. Setelah anda add/ invite Welcome Bot, kemudian anda klik akun welcome bot dan klik ADD TO GROUP, perhatikan gambar berikut:


3. Cari group (kelas online) yang sudah kita buat di telegram,

4.  Klik OK.
5. Berikutnya tampilan awal saat Welcome Bot berhasil dimasukkan kedalam group kelas online kita.

6. Selanjutnya kita ketik /help untuk menampilkan berbagai fitur, berbagai perintah yang bisa di respon Welcome Bot ini:

Berikut daftar perintah yang tersedia di bot ini, dan bisa kita manfaatkan untuk membuat group kelas online kita menjadi interaktif dan lebih menarik.
/welcome - Set welcome message
/goodbye - Set goodbye message
/disable_goodbye - Disable the goodbye message
/lock - Only the person who invited the bot can change messages
/unlock - Everyone can change messages
/quiet - Disable "Sorry, only the person who..." & help messages
/unquiet - Enable "Sorry, only the person who..." & help messages

You can use $username and $title as placeholders when setting messages. HTML formatting (https://core.telegram.org/bots/api#formatting-options) is also supported.

7. Fokus pada artikel ini hanya pada setting perintah  /welcome, silahkan ketik perintah          
/welcome dan tekan enter, maka bot akan merespon dengan tampilan petunjuk cara setting perintah ucapan selamat datang seperti berikut:

Anda bisa mengedit perintah diatas sesuai kebutuhan, sebagai contoh:
/welcome Halo... $username, Selamat Datang di $title , semoga bisa memanfaatkan kelas online ini dengan baik.

Kirim perintah diatas kedalam group kelas online yang sudah terpasang Welcome Bot. maka respon Welcome Bot sebagai berikut:

Ketika ada anggota baru yang masuk group, maka Welcome Bot otomatis akan merespon kehadiran anggota baru dengan bahasa seperti contoh pada gambar berikut:


Demikian, Membangun Kelas Online Dengan Aplikasi Telegram Bagian 2 Memasang Welcome Bot semoga bermanfaat, pada postingan selanjutnya adalah cara membuat bot di BotFather.

Silahkan tinggalkan komentar anda disini dan Terimakasih anda mau menuliskan nama anda.

Koleksi Tutorial Blog

Arsip Blog