Membangun Kelas Online Dengan Aplikasi Telegram Bagian 4:Setting ManyBot (Bagian Akhir)

Jumat, 17 Februari 2017 - -

Bagian akhir pada rangkaian artikel tentang cara membuat kelas online dengan menggunakan aplikasi perpesanan telegram adalah setting bot instan dari @ManyBot. 

Invite dan Setting ManyBot 
Bot siap pakai ini akan kita gunakan sebagai bot yang mampu merespon setiap perintah/ permintaan dari anggota group, dan mencocokan dengan perintah yang sebelumnya sudah dipasang didalam bot ini.)
1. Invite ManyBot, dan buka ManyBot kemudian klik Start untuk mengaktifkan ManyBot, kemudian kita buat bot dengan mengetikan /addbot tekan enter, maka respon ManyBot seperti yang tampak pada gambar berikut:


2. Berikutnya diminta membuka BotFather untuk mendapatkan API token, karena pada tahap sebelumnya kita sudah mendapatkan token dari botfather, jadi kita tinggal klik tombol I’v copied the API token,  dilanjutkan dengan mempaste token, kemudian respon ManyBot adalah meminta kita memasukan token dan mengirimkannya melalui kolom chat di ManyBot, perhatikan gambar berikut:


Jika token yang kita kirim benar, maka ManyBot sudah bisa mendeteksi bot yang sudah kita buat di BotFather, yaitu bot @kelastikbot seperti pada gambar dibawah ini:

4. Berikutnya anda bisa melanjutkanya dengan memberi deskripsi pada bot, misal: “Bot telegram kelas online untuk membantu anggota group mendapatkan informasi penting”,

Bot sudah siap untuk kita kelola dengan cara memanggil username bot yang telah kita buat, kemudian klik start untuk memulai membuat perintah-perintah yang bisa direspon robot telegram yang kita buat ini.

Berikut informasi yang diberikan bot yang telah kita buat dengan ManyBot:
📢 Posting
/newpost - send a post to your subscribers
/schedule - view your scheduled posts
/subscribers - see how many subscribers you have
👾 Commands and Bot Menu
/commands - manage custom commands and user menues
🔧 Settings
/botlang - set up your bot language
/setdescription - change the description of your bot
/autoposting - set up autoposting from Twitter, YouTube, RSS, VK
/channels - automate posting from your bot to a Telegram channel
/admins - manage admins of your bots
📚 Tutorials
/tutorials - discover how to create and manage your bots
💢 Other
/help - this menu
Have further questions? You can always reach us at hello@manybot.

Setting Bot yang telah kita buat
Tahap berikutnya kita akan membuat sebuah perintah yang bisa dipanggil oleh anggota group, atau pengguna bot kita, caranya adalah sebagai berikut:
1. Klik tombol Custom Commands

2. Klik tombol Create Command

3. Misal kita akan membuat perintah /materi, dengan perintah ini anggota group kelas online bisa mendapatkan informasi materi melalui group kelas online cukup dengan mengetik /materi kemudian tekan enter.

4. Tuliskan informasi yang dibutuhkan, selanjutnya klik kirim, dan terakhir klik tombol Save untuk menyimpan hasil pembuatan perintah /materi ini.

Proses pembuatan perintah di bot selesai, hal ini ditandai dengan muncul tombol baru (/materi)pada bot seperti gambar berikut:


Bot yang sudah kita buat ini bisa kita invite atau tambahkan ke group kelas online yang sudah kita buat, dan bot siap digunakan dalam group kelas online.

Didalam group kelas online, misal ada anggota group yang menuliskan /materi enter, maka akan tampil seperti pada gambar berikut:


Demikian, rangkaian artikel Cara Membuat Kelas Online Interaktif dengan aplikasi perpesanan Telegram, dengan cara ini pula, anda bisa mempraktekan untuk menjadikan bot telegram yang kita buat sebagai alat promosi, pelayanan otomatis untuk penjualan produk yang kita jual.

Nah, bagi anda yang tidak ada waktu setting, dan membuat bot telegram ini, anda bisa menggunakan jasa MungBisnis dalam proses pembuatan bot telegram untuk keperluan kelas online, penjualan online produk-produk anda.

Semoga bermanfaat.

Silahkan tinggalkan komentar anda disini dan Terimakasih anda mau menuliskan nama anda.

Koleksi Tutorial Blog

Arsip Blog