Info Penting

Aplikasi Yasin dan Tahlil No 1 di Google dan Playstore

A plikasi Yasin dan Tahlil terbaik nomor 1 di Google dan Playstore kaya akan fitur dan konten yang bermanfaat untuk amalan sehari-hari u...

Info Penting

Artikel Terbaru

Mengenal Lebih Dekat Google Webmaster

4 Mei 2012 - - 8

Google webmaster tool berfungsi untuk memantau lebih lanjut tentang bagaimana perkembangan blog Anda di mesin pencari Google, bagaimana kekuatan web/ blog anda di SERP Google (SERP adalah singkatan dari Search Engine Results Page istilah Indonesianya Halaman Hasil Pencarian Mesin Pencari) dan  juga yang tak kalah pentingnya dengan Google webmaster ini kita bisa mendiagnosa serangan malware di blog sebagaimana pernah saya tulis pada posting terdahulu: Cara Mengatasi Reported Attact di Page Blog, yang jelas informasi ditampilkan secara detail dan tentu bisa dinikmati secara gratis.

Sebagai contoh perhatikan gambar dibawah ini, ketika saya login di google webmaster dan membuka blog mr-mung.com, maka akan tampak laporan berikut;

Laporan periode 3 April - 3 Mei 2012

Dengan melihat informasi tersebut, kita bisa tahu ternyata jumlah tampilan pencarian terbanyak untuk blog ini pada periode 3 April - 3 Mei 2012 adalah dengan menggunakan kata kunci "murotal" dan kita bisa juga membaca informasi lain mengenai grafik pencarian, link yang masuk ke blog kita, dll.
Klik untuk melihat ukuran penuh


Sebagai prasyarat penggunaan tool ini, blog anda harus terverifikasi, salah satu caranya adalah dengan  menanamkan meta tag kedalam kode template blog anda (dibawah kode <head> ). Setelah blog anda terverifikasi google, anda baru bisa melihat informasi lengkap di google webmaster,
Khusus pengguna blogger.com, blog yang ada dalam akun yang sama untuk login google webmaster tidak perlu melakukan verifikasi kepemilikan blog.
Verifikasi Blog Menggunakan MetaTag
Verifikasi Blog Menggunakan MetaTag

Berikut beberapa tool yang ada di google webmaster yang biasa saya gunakan dan tentunya yang sedikit saya ketahui, yang lainya belum saya gunakan:

Site Configuration

1. Sitemaps
Fungsi dasar dari sebuah sitemap adalah untuk mempermudah robotnya google dalam menelusuri situs atau blog anda. sebagai contoh untuk memasukan sitemap blogspot adalah: http://alamatblog.blogspot.com/atom.xml (perhatikan gambar dibawah ini:)



2. Crawler Access
Crawler access mempunyai fungsi sebagai robot penerima tamu (robot teks) yang mempersilahkan halaman yang mana yang boleh diakses dari mesin pencari dan halaman yang tidak tidak boleh diakses mesin pencari, Untuk akun blogspot sudah mempunyai robot teks bawaan, jadi tidak usah pusing memikirkan membuat robot teks sendiri.


Your Site On The Web

Pada fasilitas ini Google memberikan akses kepada anda untuk memantau perkembangan blog anda di SERP:
  1. Search Queries adalah gambaran tentang kueri-kueri yan mengarah ke situs atau halaman blog anda.
  2. Links To Your Site berisi informasi tentang semua link yang berasal dari luar yang mengarah ke blog anda.
  3. Keywords adalah gambaran atau informasi yang didapat oleh robot mesin pencari Google ketika merayapi seluruh halaman blog anda.
  4. Internal Links adalah daftar link dalam blog anda yang mengarah ke halaman lain.
  5. Subscriber Stats adalah statistik feed blog anda, yaitu seberapa banyak pelanggan blog anda.


Diagnostic

Pada fasilitas ini anda bisa memantau semua masalah yang terdapat pada blog anda:
  1. Malware adalah sebuah laporan robot kepada anda jika ada suatu hal di blog anda yang dicurigai sebagai malware.
  2. Crawl Errors, fasilitas ini memberikan informasi kepada anda tentang halaman error yang ditemui robot google, bisa berupa halaman yang tidak ditemukan (not found).
  3. Crawl Stats adalah statistik aktifitas robot dalam merayapi halaman situs anda, kalau grafiknya konstan atau naik berarti bagus tapi kalau sebaliknya maka ada sesuatu masalah dengan blog anda sampai-sampai robot google tidak mau lagi merayapi halaman blog anda.
  4. Fetch As a Googlebot, dengan alat yang satu ini anda bisa memanggil robot ketika ada pembaruan atau update dalam blog anda yang anda anggap penting, atau ketika si robot lagi lambat mengindex halaman dan artikel anda maka ini bisa jadi pilihan yang baik buat anda, tapi dengan catatan jangan terlalu sering karena ada batasnya.
  5. HTML Suggestion adalah saran dari Google jika ada elemen HTML dalam halaman anda dapat mempersulit robot, jika template, html, css dan meta tag anda baik-baik saja maka fitur ini tidak akan menampilan apa-apa.
Fokus pada Fetch As a Googlebot, sering saya gunakan untuk mensubmit artikel yang baru saja saya buat supaya dalam hitungan detik langsung terindex dengan baik di mesin pencari google.

Semoga Bermanfaat. 😊

8 komentar

  1. akan saya pelajari step by step sampai bisa dan benar-benar memahaminya ,Dan saya akan share ke yang lain tanpa melupakan sumber ilmu dr mrmung .trim's

    BalasHapus
  2. terimah kasih sekali info dan ilmunya semoga bisa bermanfaat

    BalasHapus
  3. @hadi: silahkan, semoga bermanfaat.
    @paranormal: makasih kembali atas kunjunganya.

    BalasHapus
  4. Terimakasih informasinya pak

    BalasHapus
  5. Terimakasih Pak Mr. Mung atas ilmunya, sangat membantu.

    BalasHapus
  6. Terima kasih atas ilmunya Mr Mung...tetap semangat utk berbagi ilmu seputar IT, seperti motto mr mung...sederhana menurut mr mung, bisa jadi sangat luar biasa bagi sebagian orang...termasuk saya...sekali lagi..terima kasih mr mung

    BalasHapus

Follow Me

Foto Mr. Mung
ttd Mr. Mung

Tutorial Blogger

Pilih Arsip Blog