Info Penting

Aplikasi Yasin dan Tahlil No 1 di Google dan Playstore

A plikasi Yasin dan Tahlil terbaik nomor 1 di Google dan Playstore kaya akan fitur dan konten yang bermanfaat untuk amalan sehari-hari u...

Info Penting

Artikel Terbaru

Tips Cepat Pengajuan Edit NISN Sesuai Ijazah di Verval PD

3 Des 2014 - - 2


Beberapa hari yang lalu dengan keluarnya update dapodik 3.01 sebelum tanggal 20 Nopember 2014 operator sekolah diseluruh Indonesia diberi waktu untuk edit data baik nama, tempat tanggal lahir melalui aplikasi dapodik kemudian setelah melakukan sinkronisasi, maka data-data yang ada di verval pd akan menyesuaikan dengan data yang ada di dapodik.

Masalah baru muncul ketika yang terjadi dilapangan adalah NISN siswa SD yang tertulis di Ijazah tidak sama dengan yang muncul di web verval pd (http://vervalpd.data.kemdikbud.go.id/app/), atau yang lebih parah lagi adalah NISN siswa SD yang tertulis di Ijazah adalah milik orang lain dan ada juga yang tidak ditemukan di web http://nisn.data.kemdikbud.go.id/page/data. Oleh karena itu pertanyaan yang muncul adalah:

Bagaimana cara Pengajuan Edit NISN Sesuai Ijazah di Verval PD?


Untuk menjawab permasalahan ini sebenarnya sudah ada di buku manual verval PD yang bisa anda download di sini, berdasarkan pengalaman, proses yang justru membutuhkan waktu lama dan membosankan adalah pada saat proses scaning ijazah, kemudian jika ukuran file hasil scan terlalu besar harus diperkecil, baru di perbolehkan atau diterima server verval PD pada proses pengajuan edit data NISN, nah pada kesempatan ini, akan saya bagikan beberapa Tips Cepat Pengajuan Edit NISN Sesuai Ijazah di Verval PD:
  1. 1. Rekap data siswa yang  memiliki NISN tidak sama antara yang tertulis diijazah dan NISN yang dihasilkan di verval PD.
  2. 2. Siapkan foto copy ijazah (yang sudah dilegalisir) yang akan di unggah di web verval PD, sebagai syarat proses edit data NISN.
  3. 3. Cek terlebih dahulu NISN siswa di http://nisn.data.kemdikbud.go.id/page/data,

    jika NISN valid, sesuai dengan yang tertulis di Ijazah, maka lanjutkan ke langkah ke 4, namun jika NISN tidak ditemukan atau terdeteksi punya orang lain, maka anda pisahkan ijazah tersebut untuk nanti anda mintakan surat keterangan dari sekolah yang mengeluarkan ijazah berkaitan NISN yang valid yang dihasilkan verval PD.
  4. 4. Jika anda punya scanner super cepat bisa anda manfaatkan, tapi jika tidak punya scanner super cepat, anda bisa manfatkan kamera digital atau kamera handphone yang memiliki kualitas gambar yang baik, pastikan hasil foto/ scan ijazah bisa terlihat dengan jelas tulisanya, next... anda pindahkan semua foto ke dalam 1 folder untuk selanjutnya anda ganti nama filenya sesuai dengan nama yang tertera di ijazah, hal ini bertujuan untuk memudahkan saat upload dokumen di web verval PD nantinya.

    => Jika ukuran file dokumen terlalu besar, diatas 1MB, anda bisa meresize gambar terlebih dahulu dengan program image resizer, tutorial dan download softwarenya disini. (dengan bantuan software ini, anda bisa meresize banyak gambar sekaligus dalam beberapa detik saja).
  5. 5. Nah, kini saatnya anda login ke http://vervalpd.data.kemdikbud.go.id/app/ menggunakan akun operator sekolah yang sudah terdaftar di web verval PD.
  6. 6. Langsung anda tuju menu EDIT DATA - Pengajuan - NISN
  7. 7. Pilih Siswa dan tuliskan nama depannya atau nama belakangnya saja, pastikan penulisanya diperhatikan, menggunakan huruf kapital atau huruf kecil semua, setelah ditemukan, anda klik nama dan klik tombol OK.
  8. 8. Tahap berikutnya, anda masukkan NISN yang sesuai dengan ijazah pada kolom pengisian NISN Baru (tombol Check NISN abaikan), langsung anda upload dokumen pendukung, dalam hal ini scan/ foto ijazah, dan tekan tombol Pengajuan Perubahan.
  9. 9. Sampai tahap ke 8, berarti proses pengajuan perubahan NISN supaya sesuai dengan ijazah telah selesai, dan anda dipersilahkan menunggu sekitar 2-3 hari. dan anda bisa memantau perkembangan status hasil pengajuan perubahan NISN tersebut di menu, Edit Data-Status.

2 komentar

  1. I really like yoyr blog.. very nice colors & theme.
    Did you create this website yourself orr did you hire someone to do it for you?
    Plzz reply as I'm looking to design my own blog and would like to
    find out where u got this from. cheers

    BalasHapus
    Balasan
    1. The basic template of this blog is not pure made by me, I just redesigned by adding various features and adjusting to my needs only, start to change to responsive design, speed up loading, fix design, etc.

      Hapus

Follow Me

Foto Mr. Mung
ttd Mr. Mung

Tutorial Blogger

Pilih Arsip Blog