Info Penting

Tutorial Blogger Terlengkap Sistematis dilengkapi Video Tutorial

T utorial blogger di internet sangat banyak pilihannya, anda bisa memilih tutorial mana yang akan anda ikuti dan praktikkan supaya anda bi...

Artikel Terbaru

Tutorial aScTimetables: Cara Membatasi Waktu Pertemuan Guru

7 Jan 2015 - - 8

Bagi anda waka kurikulum atau urusan pengajaran atau yang bertugas jadi pembuat jadwal disekolah tentu sering kali menemukan permasalahan-permasalahan saat pembuatan jadwal, seperti jam mengajar berbenturan dengan jadwal disekolah lain, waktu pertemuan guru yang kurang merata dalam satu minggu, atau mungkin pembagian jadwal guru X ada yang sehari bisa berurutan 8 jam, artinya guru X tersebut mengajar full seharian, dan tentunya ini akan sangat membuat guru kecapean, kecuali memang permintaan guru tersebut dikarenakan guru tersebut harus mengajar di sekolah lain.

Dari permasalahan tersebut tentunya sebagai urusan pengajaran atau tim pembuat jadwal yang baik hati, akan berusaha semaksimal mungkin untuk mengatur jadwal supaya setiap guru mendapatkan jadwal yang pas dan nyaman. 😁


Pada posting kali ini sebagai lanjutan Video Tutorial Cara Pembuatan Jadwal Otomatis dengan Program aScTimetables, akan saya bagikan Cara Membatasi Waktu Pertemuan Guru dalam 1 hari dengan tujuan, penyebaran jadwal dalam satu minggu akan merata.

Oke, silahkan anda ikuti langkah berikut:
1. Buka file jadwal yang sudah siap anda generate jadwal barunya,
2. Klik Tab Main dan Klik tool Relations
 
3. Klik tombol Advance

4. Pada Jendela Advance ikuti petunjuk berikut (Perhatikan gambar):

  • Pada pilihan Card Relationshop type, silahkan anda pilih Max Periods per day #10
  • Pada pilihan angka dibawah Card Relationship type anda pilih sesuai kebutuhan, misal maksimal sehari guru X maksimal mengajar 6 jam.
  • Berikutnya anda settingkan ke semua guru, atau anda pilih guru tertentu saja.
  • Kemudian anda klik pada hari yang akan di berlakukan untuk settingan ini, atau mungkin anda abaikan saja juga tidak masalah, berarti settingan maksimal 6 jam perhari itu berlaku untuk semua hari.
5. Klik tombol OK, jadwal sudah siap anda generate untuk membuat jadwal baru dengan settingan yang telah ditentukan.

Bagi anda yang belum mengikuti video tutorial dasar pembuatan jadwal otomatis menggunakan program aSctimetables silahkan anda ikuti videonya di link berikut:
  1. Video Tutorial aSc Timetables Bagian 1
  2. Video Tutorial aSc Timetables Bagian 2
  3. Video Tutorial aSc Timetables Bagian 3 

8 komentar

  1. Tanya Pak, bagaimana caranya agar mapel yg sama tidak berada pada hari yang berurutan. Misal Hari Senin jam 7-8 ada mapel IPS dan Hari Selasa Jam 1-2 ada IPS lagi, bagaimana menghindari/membatasinnya. Tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pengaturanya sama pada menu diatas, tinggal dicari fitur untuk mengatur sesuai kebutuhan.

      Hapus
  2. Mau tanya, kalau satu mata pelajaran dua guru yang mengajar dlm seminggu bagaimana cara mengaturnya? Terima kasih...

    BalasHapus
  3. supaya tidak terjadi dalam satu hari jam 1,2 di kelas 7a dan jam 5,6 juga di 7a gimana caranya pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan coba di menu mata pelajaran - pembatasan - siswa maks pada pelajaran ini, kalau saya biasanya setting maksimal 3 jam pelajaran untuk tiap mata pelajaran per kelas, jadi siswa tidak bosan seharian satu mata pelajaran.

      Hapus
  4. Jika ada guru mengajar dua sampai tiga mapel dikelas yang sama agar tidak bentrok caranya gimana

    BalasHapus
    Balasan
    1. jika sudah dimasukan ke kontrak mengajar guru, saat generate tidak mungkin bentrok, biasanya bukan bentrok yg jadi masalah, tapi dalam satu kelas bisa mengajar 2-3 mapel oleh guru yg sama. kasus ini biasanya saya akali dengan mengunci penempatan jadwal khusus guru yg mengajar lebih dari 1 mapel.

      Hapus

Follow Me


Iklan

Tutorial Blogger

Arsip Blog