Info Penting

Aplikasi Yasin dan Tahlil No 1 di Google dan Playstore

A plikasi Yasin dan Tahlil terbaik nomor 1 di Google dan Playstore kaya akan fitur dan konten yang bermanfaat untuk amalan sehari-hari u...

Info Penting

Artikel Terbaru

Hati-Hati! Jangan Install erapor Versi 2018, Jika Tidak Mau Terjadi Masalah

7 Jun 2018 - - 3

The experience is the best teacher, kalimat ini memang sangatlah tepat untuk menggambarkan apa yang saya alami dalam penggunaan erapor versi terbaru tahun 2018. Semester II tahun pelajaran 2017/2018 ini sekolah saya berusaha mengikuti anjuran pemerintah dalam penggunaan aplikasi erapor untuk membantu mengolah nilai kurikulum 2013, karena memang sejak kurikulum 2013 ini diresmikan, yang masih menjadi momok para Guru adalah rumit, ribetnya penilaian dalam kurikulum ini. Jelas sajalah Guru akan berteriak "Kurikulum 2013 bikin rempong..." lah wong sudah terbiasa memberi penilaian berupa angka yang simpel, dalam kurikulum ini Guru dituntut membuat penilaian yang sagat memakan waktu apalagi jika dilakukan secara manual misal saja dalam menuliskan deskripsi nilai akhir untuk tiap siswa dengan kalimat yang berbeda antara satu siswa dengan siswa lainya berdasarkan penilaian yang telah dilakukan.

Eh sudahlah pendahuluanya, apapun itu kurikulum 2013 ini tetap berjalan dengan berbagai konsekuensi yang harus ditanggung bersama, antara pemerintah, guru dan juga siswa, apalagi penerapan kurikulum ini jelas sudah menelan anggaran yang tidak sedikit.


Pemerintah sebagai pemberi kebijakan terus menampung keluhan, saran, dari bawah, terbukti dalam urusan penilaian Pemerintah membuatkan aplikasi erapor yang release pertengahan november 2017 lalu, aplikasi ini sangat mempermudah pekerjaan Guru dalam hal penilaian dan penulisan deskripsi siswa. Guru sebagai pelaksana dilapangan tentu harus menyambut baik kebijakan pemerintah ini dan bisa mencobanya disekolah masing-masing.

SMP Negeri 1 Kaliwungu Kabupaten Semarang, semester II tahun pelajaran 2017/2018 ini baru memutuskan untuk menggunakan aplikasi erapor, semester I masih menggunakan aplikasi buatan sendiri yang jelas tidak sebaik dan secanggih aplikasi erapor buatan pemerintah ini.

Sebelum menggunakan aplikasi erapor, hal pertama yang dilakukan adalah mendownload aplikasi erapor, dan sayapun membuka website resmi http://ditpsmp.kemdikbud.go.id/erapor/ untuk mendownload aplikasi terbaru, tanpa membaca informasi-informasi sebelumnya saya langsung install aplikasi erapor versi 2018 (V 1.2) dalam satu file berukuran sekitar 109 MB, instalasi berjalan sukses, proses sinkronisasi data dengan dapodikpun berjalan sukses tidak ada kendala berarti.

Sebelumnya Guru-Guru sudah saya kumpulkan di Lab Komputer untuk belajar bersama, bagaimana cara penggunaan aplikasi erapor ini melalui jaringan komputer yang sudah tersedia di sekolah, dan cara mengases aplikasi erapor dari rumah, sampai akhirnya proses pengolahan nilai menggunakan erapor versi terbaru 2018 inipun dilaksanakan mulai hari Jumat, 1 Juni 2018 selepas upacara hari lahir pancasila.

Pada hari senin, 4 Juni 2018 masalah-masalah dalam penggunaan aplikasi erapor mulai muncul, dengan bergabungnya saya di group resmi telegram erapor sangat membantu dalam mencari solusi dari berbagai permasalahan dalam penggunaan erapor ini, sampai akhirnya salah satu tim tenis erapor menyampaikan bahwa aplikasi yang saya install tidak sesuai dengan instruksi, dan saya baru baca di Pinned Message group telegram, isinya sebagai berikut:

Update Info 6-6-2018 Pkl 07.44 WIB
ERAPOR MENGAMBIL DATA DARI DAPODIK YANG SUDAH DISINKRON KE SERVER PUSAT
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Dalam rangka untuk meningkatkan dan memenuhi kebutuhan sekolah terhadap manajemen penilaian berbasis web, maka dilakukan perbaikan dan penyempurnaan pada aplikasi e-Rapor SMP. Maka saat ini kami telah merilis pembaruan Aplikasi e-Rapor SMP Versi 1.2 sebagai pembaharuan Versi 1.1.
e-Rapor SMP Versi 1.2 ini memiliki struktur database yang berbeda dengan versi sebelumnya, sehingga backup pada versi sebelumnya tidak bisa langsung di restore di versi 1.2 ini.
UNTUK MEMUNCULKAN AKSES LOGIN SEMESTER GENAP 2017-2018, SILAKAN AMBIL DATA DARI DAPODIK, AMBIL SEMUA DATA. PASTIKAN DATA DAPODIK SUDAH FINAL.
Link Unduhan: https://goo.gl/kvo8fg
CATATAN PENTING
Bagi yang sudah menggunakan e-Rapor V1.1, untuk menjalankan aplikasi tersebut silahkan update dengan cara sebagai berikut:
1. Pastikan sudah melakukan instalasi e-Rapor SMP V1.0 dan sudah update ke V1.1;
2. Backup pekerjaan anda sebelum update ke Versi 1.2;
3. File backup di Versi 1.1 hanya dapat di restore di Versi 1.1 (database yang sama);
4. Lakukan updater dari Versi 1.1 ke Versi 1.2 (jangan melakukan uninstal aplikasi e-Rapor V1.1 yang sudah terinstal sebelumnya);
5. Selama proses update, tutup semua aplikasi lainnya, dan pastikan antivirus dinonaktifkan;
6. Jika penginputan nilai rapor sudah dilakukan manual langsung di dapodik, jangan melakukan sinkron nilai e-Rapor ke dapodik karena akan menyebabkan data menjadi ganda di dapodik;
7. Sebelum melakukan sinkron ke dapodik, pastikan tidak ada data pembelajaran yang ganda;
8. Disiplin untuk membuat akun admin lebih dari satu, dan selalu melakukan backup setelah selesai melakukan pengerjaan e-Rapor;
9. Penginputan nilai USBN dapat dilakukan di e-Rapor yang kemudian disinkronkan ke dapodik.
Bagi yang akan mulai menggunakan e-Rapor V1.2
1. Sangat disarankan bagi admin untuk membaca tuntas panduan e-Rapor dan panduan penilaian;
2. Sebelum mulai menggunakan e-Rapor, pastikan data pada dapodik sudah final; Jangan sampai ada lagi siswa salah rombel, siswa salah data rincian, penginputan dapodik yang tidak sesuai prosedur karena dapat menyebabkan permasalahan bertingkat.
3. Silakan mulai prosedur penginstalan e-Rapor mulai dari Versi 1.0, kemudian updater Versi 1.1, lalu lanjut ke updater Versi 1.2;
4. Pastikan menginstal e-Rapor diperangkat yang terdapat aplikasi Dapodik;
5. Selama proses instal dan update, tutup semua aplikasi lainnya, dan pastikan antivirus dinonaktifkan;
6. Setelah selesai instalasi, akan muncul 2 port yang bisa diakses. Port 2679 untuk akses local host, dan port 3679 untuk akses melalui client;
7. Disiplin untuk membuat akun admin lebih dari satu, dan selalu melakukan backup setelah selesai melakukan pengerjaan e-Rapor;
8. Pastikan untuk tidak menginstal versi 2018, karena versi tersebut adalah versi ujicoba
TAMBAHAN PENTINGKepada admin e-Rapor, bisa bergabung kedalam grup e-Rapor yang linknya telah disediakan di aplikasi e-Rapor atau dengan link invitasi, yakni:
• Grup e-Rapor Whatsapp : https://goo.gl/DGtjLk
• Grup e-Rapor Telegram : https://goo.gl/KwYAhv
Admin harus:
- membuat akun admin lebih dr 1
- rutin melakukan backup dan menyimpan file backup di perangkat lain
- mengarahkan guru mapel untuk memulai pengerjaan genap, dengan masuk ke menu Data Kompetensi Dasar, cek mana KD yg genap (2) tp defaultnya masih tertulis 1, edit. Untuk Seni dan Prakarya, edit jg Bidangnya. Untuk Mulok, silakan entri manual KD genap.
Sblm sinkron dr erapor ke dapodik, cek apakah ada double atau enggak di beberapa tempat di erapor:
- data referensi dapodik -> data mata pelajaran
- data referensi dapodik -> data pembelajaran
- data referensi lokal -> mapping mapel
Dari pinned message itu, point 8 yang berisi Pastikan untuk tidak menginstal versi 2018, karena versi tersebut adalah versi ujicoba, tidak saya baca, nah inilah sumber masalah dimulai, dan ahirnya dengan terpaksa karena muncul berbagai masalah, saya hapus apliasi erapor 2018 dan mulai kembali menginstall erapor dari versi 1.0 update sampai versi 1.2 sesuai instruksi, selanjutnya menginformasikan ke semua Guru, bahwa hari selasa, 5 Juni 2018 semua Guru wajib mensetting ulang mulai dari pengaturan kompetensi dasar, setting perencanaan penilaian, download format excel terbaru untuk proses input nilai dirumah masing-masing.

Alhamdulillah, Rabu, 6 Juni 2018 pengolahan nilai menggunakan aplikasi erapor selesai, leger, rapor siap cetak.

3 komentar

  1. Terimakasih informasinya.

    BalasHapus
  2. Mau print, tab baru cuma kluwer kluwer. Nggak ningolfile pdf nya. Gimana Mr ?. Pakai Mozilla Firefox. GsntG Chrome ?. Trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Download dulu saja pak, coba bbrp browser, kl pakai mozilla gak jalan, pakai google Chrome. Atau Atau coba akses dr komputer lain lewat jaringan.

      Hapus

Follow Me

Foto Mr. Mung
ttd Mr. Mung

Tutorial Blogger

Pilih Arsip Blog