Info Penting

Uraian Kalender Pendidikan Tahun Pelajaran 2018/2019

P ada posting sebelumnya sudah saya bagikan kepada anda Pedoman Penyusunan Kalender Pendidikan Tahun Pelajaran 2018/2019 untuk provinsi Jawa...

Artikel Terbaru

Istilah-istilah dalam Dunia Blogging yang Perlu Anda Ketahui

11 Jul 2018 - -

Membuat blog itu sangatlah mudah dan cepat, anda tidak perlu lagi harus paham bahasa pemrograman untuk membangun sebuah blog, tidak butuh waktu lama untuk membuat sebuah blog sampai dengan online, yang butuh waktu dan kadang bagi beberapa orang dianggap sulit adalah, bagaimana kita mengisi blog dengan konten yang bermanfaat, original, unik alias bukan copy paste, dan bisa istiqomah alias kontinyu dalam membuat konten di blog.


Bagi anda yang mau belajar membuat blog dari dasar, sampai tingkat lanjut anda bisa memanfaatkan koleksi tutorial blogging yang saya sediakan di blog ini, atau memilih koleksi tutorial sesuai yang anda butuhkan di sidebar kanan blog ini.

Istilah-istilah dalam Dunia Blogging

Jika anda tertarik terjun ke dunia blogging alangkah baiknya anda mengehui istilah-istilah dalam blogging yang akan sering anda temui atau sering anda komunikasikan dengan sesama blogger. Berikut Istilah-istilah dalam Dunia Blogging yang Perlu Anda Ketahui:
  1. Blog
    Blog merupakan aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urutan terbalik (isi terbaru dahulu sebelum diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.
  2. Blogger
    adalah penulis yang mencatat berbagai informasi, artikel dalam sebuah blog, baik berupa blog pribadi maupun kelompok, dalam aneka kategori pembahasan. Secara singkat blogger adalah sebutan bagi seseorang yang menulis di blog.
    Sedangkan Blogger.com merupakan layanan pembuatan dan penyimpanan blog yang dimiliki Google.
  3. Blogging
    Blogging merupakan aktivitas yang dilakukan dalam dunia blog.
  4. Posting
    Posting merupakan kegiatan membuat tulisan/ artikel yang akan diterbitkan di blog.
  5. Laman
    Laman/ Page dalam blogspot/ wordpress merupakan tempat untuk menulis yang terpisah dengan daftar posting artikel, biasa dipakai untuk menuliskan halaman profil, visi dan misi, hubungi kami, daftar isi, Disclaimer, Privacy Policy, dll.
  6. Backlink
    Sebuah link yang terdapat pada blog/ website lain yang menuju ke Blog kita.
  7. Draf
    Draf merupakan rancangan atau konsep artikel sebelum dipublikasikan di blog.
  8. Statistik
    Statistik dalam blogging berfungsi untuk menampilkan informasi-informasi penting tentang jumlah pengunjung, pembaca blog, postingan yang sering dibaca, asal pembaca, baik ditampilkan harian, mingguan, bulanan atau keseluruhan waktu.
  9. Komentar
    Tempat untuk memberikan komentar suatu postingan, bisa berupa saran, kritik, dan diskusi.
  10. Tata letak/ Layout
    Dalam dunia blogging tata letak/ layout merupakan fitur untuk mengatur tempat dan menambah gadget/widget sebagai pelengkap tampilan blog.
  11. Template
    Template/ tema dalam dunia blogging berupa sekumpulan kode program yang dibuat untuk mengatur tampilan dan desain blog sesuai keinginan pembuat blog, dengan menggunakan template ini, pembuat blog tidak harus membuat kode program kembali mulai dari awal setiap kali akan menggunakan di blog yang baru.
  12. HTML
    HTML (Hyper Text Markup Language) merupakan bahasa yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web.
  13. SEO
    SEO (Search Engine Optimization) merupakan usaha mengoptimalkan blog supaya mudah ditemukan mesin pencari seperti Google, yahoo, bing, dll.
  14. Keyword
    Keyword atau kata kunci merupakan kata/frasa yang dituliskan seseorang di mesin pencari seperti google untuk mencari informasi yang berkaitan dengan kata kunci tersebut. Contoh, Anda mengetik di mesin pencari google dengan kata kunci "cara membuka website", maka akan muncul daftar pencarian yang sesuai dengan kata kunci yang Anda masukan.
  15. HomePage
    Halaman utama/awal pada suatu web atau blog, iconya seperti ini: 🏠.
  16. Header Bagian paling atas halaman blog. bagian ini digunakan untuk menempatkan Judul dan Deskripsi Blog atau Logo Blog.
  17. Sidebar
    Kolom-kolom yang terdapat disisi kanan atau kiri sebuah blog. Biasanya digunakan untuk meletakkan Gadget/Widget tertentu, seperti gadget Artikel Populer, Artikel Terbaru, Arsip Blog, Label, dll.
  18. FooterBagian paling bawah halaman blog. Bisa diisi dengan gadget/ widget pelengkap blog, atau bisa juga hanya berupa informasi nama blog, pendesain dan tahun pembuatan blog.
  19. Gadget/ Widget
    Kumpulan elemen atau fitur-fitur yang sudah disediakan oleh mesin blogger untuk melengkapi tampilan blog, seperti gadget/ widget Artikel Populer, Artikel Terbaru, Arsip Blog, Label, statistik, dll.
  20. Favicon
    Favicon merupakan singkatan dari Favorite Icon adalah sebuah ikon yang ditampilkan dengan logo sebuah web atau blog yang ditampilkan pada Address bar.
  21. URL
    Merupakan singkatan dari Uniform Resource Locator, rangkaian karakter menurut suatu format standar tertentu, yang digunakan untuk menunjukkan alamat suatu sumber seperti dokumen dan gambar di Internet.
    Contoh: URL Blog Mr. Mung: https://www.mrmung.com/ ,
    URL gambar: https://4.bp.blogspot.com/-uo0_D1zsDFk/V9TU1ZT4s5I/AAAAAAAAPrY/MHbF1f9MYboLE2gecw-dO7_ABdx4WKdmACLcB/s1600/mrmung-comic.jpg 
  22. Link/ Hyperlink
    Teks atau gambar yang akan mengantarkan pengunjung ke halaman lain atau kesitus lain.
  23. DomainDomain adalah nama situs yang unik di internet, unik berarti hanya anda yang memiliki nama situs tersebut. Contohnya: mungbisnis.com , mung.web.id, smpn1klw.sch.id dll. JADI domain adalah identitas anda di internet.
  24. Hosting
    Hosting bisa di artikan sebagai tempat untuk menyimpan file web kita di internet

Demikian Istilah-istilah dalam Dunia Blogging yang Perlu Anda Ketahui, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Follow Me


Iklan

Koleksi Tutorial Blog

Arsip Blog