Info Penting

Tutorial Blogger Terlengkap Sistematis dilengkapi Video Tutorial

T utorial blogger di internet sangat banyak pilihannya, anda bisa memilih tutorial mana yang akan anda ikuti dan praktikkan supaya anda bi...

Artikel Terbaru

7-Zip Aplikasi Kompresi File Gratis yang Power Full

21 Agu 2018 - -

Mungkin sebagian dari anda ada yang merasa asing atau bahkan belum paham tentang kompresi file, pernah mendengar ada teman yang mengatakan "filenya di kompres ya...",  atau perkataan teman yang lain "filenya itu di kompres harus di extraxt dulu dengan program winzip, winrar, supaya bisa dibuka dokumennya", sebagian dari anda paham, sebagian yang lain belum tau, maksudnya apa si....

Kompresi file merupakan pemampatan/ pemadatan data sehingga ukuran file yang tadinya besar, menjadi lebih kecil, sehingga media penyimpanan data tidak cepat habis, dan jika digunakan dalam proses transfer data juga akan lebih mudah dan tidak repot, karena file sudah dikumpulkan dalam 1 file hasil kompresi, dan nantinya bisa dibuka kembali atau di extract supaya file-file kembali seperti semula.

Program aplikasi kompresi data sebenarnya cukup banyak, saya biasanya menggunakan aplikasi pengkompres data ZIP, Winrar, dan sekarang saya lebih suka menggunakan aplikasi gratis yang dibuat oleh orang Russia, pengembang software yang bernama Igor Pavlov. Tools kompresi 7zip ini menawarkan berbagai fitur yang cukup menarik, dengan antar muka yang dapat digunakan dengan mudah, 7-Zip mendukung berbagai platform Operating sistem (OS) seperti Microsoft Windows berbagai versi (Win Xp, 7, 8, 10), dan Linux.

7-Zip mendukung berbagai format file packing dan unpacking seperti 7z, XZ, BZIP2, GZIP, TAR, ZIP and WIM. Sedangkan untuk file yang dapat di-unpacking oleh 7zip mencakup ARJ, CAB, CHM, CPIO, CramFS, DEB, DMG, FAT, HFS, ISO, LZH, LZMA, MBR, MSI, NSIS, NTFS, RAR, RPM, SquashFS, UDF, VHD, WIM, XAR dan Z.

Cara Penggunaan Aplikasi 7zip

Untuk cara penggunaanya sangatlah mudah, pastikan anda sudah download dan install sesuaikan dengan operating sistem (OS) yang anda gunakan, untuk kompresi file anda cukup buka melalui windows explorer, kemudian klik kanan pada file dan pilih 7zip, selanjutnya anda tinggal pilih kebutuhan kompresnya apa, misal .zip seperti pada gambar berikut:

Sedangkan cara mengekstrak file kompresi, anda cukup klik kanan pada file kompresi baik yang menggunakan .RAR, .ZIP, kemudian pilih 7-Zip - dan klik pada pilihan Ekstrak disini, seperti pada gambar berikut:
Bagaimana? sudah tau sekarang tentang kompresi file dan aplikasi yang bisa digunakan untuk kompres atau ekstrak file? silahkan anda tulis pengalaman anda tentang kompresi file di kolom komentar.

Oya, bagi anda yang mau mendownload aplikasi 7-Zip ini, silahkan anda klik tautan berikut:

Tidak ada komentar:

Follow Me


Iklan

Tutorial Blogger

Arsip Blog