Info Penting

Tugas Blogging 3 Kelas IX Semester 1 Tahun 2018

K egiatan pembelajaran dengan materi Blogging fokus utamanya adalah bagaimana siswa diharapkan bisa menulis dengan baik di blog yang suda...

Artikel Terbaru

Cara Melihat Nomor IMEI di Smartphone dan Fungsinya

21 Okt 2018 - -

Anda pernah mendengar nomor IMEI pada handphone? biasanya saat membeli handphone yang tidak resmi di toko, ada beberapa orang yang cek nomor IMEI ini sama atau tidak dengan yang tercantum di kardus handphone, atau orang-orang sering mengatakan tentang nomor IMEI tembus apa tidak? kalau tidak tembus, ada beberapa kemungkinan, barang curian atau kardusnya hilang dan dicarikan kardus bekas. 

IMEI singkatan dari International Mobile Equipment Identity, setiap ponsel, baik itu Android atau bukan, yang mahal atau yang murah, yang bermerek terkenal ataupun merek lokal, semuanya memiliki nomor IMEI yang berbeda yang terdiri dari 15 atau 16 digit. Operator seluler biasa menggunakan nomor ini untuk mengidentifikasi perangkat yang terdaftar di jaringan mereka. Sehingga nomor IMEI ini sangat diperlukan untuk mendeteksi keberadaan perangkat handphone saat diambil orang, bisa juga digunakan untuk memblokir handphone supaya tidak bisa terkoneksi ke internet.

Cara Melihat Nomor IMEI

Untuk mengetahui nomor IMEI, caranya sangat mudah, anda cukup mengetikkan kode *#06# maka otomatis akan muncul nomor IMEI ponsel anda.

Cara lain khusus pengguna ponsel Android, Anda bisa masuk ke menu Setelan - Sistem - Tentang Ponsel - Status - Informasi IMEI.


Selain dengan cara di atas, Nomor IMEI biasanya terdapat pada bodi perangkat di balik baterai. Produsen ponsel biasanya juga mencantumkan stiker nomor IMEI pada kotak kemasan produknya.

Apakah fungsi Nomor IMEI?

Seperti yang sudah saya sampaikan di atas, bahwa nomor IMEI pada ponsel ini memiliki fungsi cukup penting, diantaranya adalah sebagai berikut:
  1. Saat membeli ponsel baru, nomor IMEI ini bisa digunakan untuk cek status ponsel resmi atau bukan, barang curian atau bukan, yaitu dengan melihat kesamaan nomor IMEI baik pada perangkat ponsel dan kardus ponsel yang diberikan.
  2. Nomor IMEI ini juga bisa digunakan untuk memblokir koneksi jaringan internet ponsel, tentunya dengan bantuan provider.
  3. Bisa digunakan untuk melacak lokasi ponsel, dengan cara datang ke gerai operator seluler yang anda gunakan kemudian memberikan nomor IMEI dan nomor kartu yang digunakan. Dengan begitu, ponsel anda bisa dilacak atau nomor ponselnya bisa diblok dan perangkatnya bisa dikunci untuk sementara.
  4. Dengan menggunakan teknologinya Google, android.com/find, anda bisa melihat langsung lokasi ponsel saat hilang atau lupa meletakanya, karena dengan teknologinya google ini, detail lokasi akan tampak seperti pada gambar berikut:
Demikian Cara Melihat Nomor IMEI di Smartphone dan Fungsinya, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Follow Me


Iklan

Tutorial Blogger

Arsip Blog