Info Penting

Aplikasi Yasin dan Tahlil No 1 di Google dan Playstore

A plikasi Yasin dan Tahlil terbaik nomor 1 di Google dan Playstore kaya akan fitur dan konten yang bermanfaat untuk amalan sehari-hari u...

Info Penting

Artikel Terbaru

Cara Mengaktifkan HTTPS/SSL Gratis di cPanel Hosting

9 Okt 2018 - -

Mengaktifkan HTTPS/SSL gratis yang tersedia di cPanel hosting untuk semua domain dan subdomain di hosting yang Anda sewa saat ini sangat menguntungkan, dan SSL ini akan terus diperpanjang secara otomatis selama domain/subdomainnya masih aktif atau mengarah pada server hostingnya.

Apa keuntungan Menggunakan SSL?

Keuntungan utama adalah adanya tambahan keamanan, sebagai contoh Anda memiliki halaman di website yang membutuhkan input password, jika website anda belum menggunakan https:// akan beresiko data password tertangkap oleh virus yang ada di jaringan Anda, tentu ini sangat berbahaya kan?.

Keuntungan lainnya, saat ini mesin pencari seperti Google lebih mengutamakan website dengan https:// dibanding website yang tidak menggunakan https://, Anda juga bisa melihat pada browser seperti mozille firefox jika tidak menggunakan https:// maka akan ada tambahan keterangan koneksi tidak aman ke website, tentu hal ini akan mengurangi rasa aman pengunjung website Anda.

Fitur SSL gratis yang tersedia di cPanel hosting kebanyakan menggunakan provider Let's Encrypt. SSL ini sama halnya dengan SSL standar (DV) berbayar lainnya, hanya saja masa berlakunya adalah per tiga bulan. Sistem akan memperpanjang sertifikat SSL secara otomatis setiap per tiga bulan.

SSL ini adalah SSL standar dengan tipe validasi domain, jadi jika domain Anda tidak diperpanjang dan mati, hosting anda tidak diperpanjang, atau pengaturan name server domain tidak benar sehingga berakibat tidak terhubung dengan hosting maka SSL tidak akan terpasang atau instalasi SSL gratis ini akan gagal.

Apa beda SSL dengan berbayar?

Jika melihat fungsinya sebenarnya SSL gratis dengan SSL berbayar tidak ada bedanya sama sekali, namun ada sebagian orang yang menginginkan informasi keamanan di browser di sediakan oleh provider bermerk bukan yang gratis.

Selain itu SSL Let's Encrypt hanya mencakup SSL biasa saja, Wildcard SSL, dan EV SSL (Green Bar) tidak mencakup pada hal ini.

Jadi jika Anda menginginkan SSL dari provider berbayar, atau menginginkan tipe SSL lain dan mendapatkan Seal keamanan dari providernya bisa menghubungi support hosting yang Anda sewa dan menggunakan opsi SSL berbayar yang saat ini makin terjangkau.  (sumber: halaman cPanel hosting MungBisnis)

Berikut Cara Mengaktifkan SSL Gratis di cPanel Hosting


  1. Login cPanel hosting Anda
  2. Cari dan klik opsi Let's Encrypt. SSL seperti pada gambar di bawah ini:
  3. Untuk mengaktifkan SSL gratis, anda klik tombol Issue seperti pada gambar di bawah ini:
  4. Kemudian akan muncul jendela baru, dan silahkan anda klik tombol biru Issue di bawah.
  5. Jika domain anda aktif, pengaturan name server sudah benar, maka akan muncul informasi bahwa pemasangan SSL berhasil/ sukses seperti pada gambar di bawah ini.
Setelah HTTPS/SSL  gratis di cPanel hosting anda sukses terpasang, anda bisa langsung mensetting atau merubah http:// menjadi https:// website anda. Jika anda pertama kali mau menginstall CMS Wordpress, anda bisa langsung memilih opsi https://www. sehingga hasilnya nanti blog dengan engine wordpress otomatis sudah menggunakan protokol https://


Khusus anda yang websitenya sudah jadi, dan masih belum aktif https:// nya, anda bisa praktikan   Cara setting HTTPS Menggunakan .htaccess Supaya Redirect Otomatis HTTP ke HTTPS

Tidak ada komentar:

Follow Me

Foto Mr. Mung
ttd Mr. Mung

Tutorial Blogger

Pilih Arsip Blog