Info Penting

Aplikasi Yasin dan Tahlil No 1 di Google dan Playstore

A plikasi Yasin dan Tahlil terbaik nomor 1 di Google dan Playstore kaya akan fitur dan konten yang bermanfaat untuk amalan sehari-hari u...

Info Penting

Artikel Terbaru

Cara Menggunakan ZipGrade, Aplikasi Android Untuk Koreksi LJK Siswa

21 Nov 2018 - - 45

Aplikasi android yang bisa digunakan untuk koreksi LJK siswa hanya dengan mengandalkan kamera ponsel smartphone untuk memindai/ scan lembar jawab siswa salah satunya adalah Aplikasi ZipGrade. Aplikasi ini bisa anda download gratis di google playstore, hanya saja untuk demo dan uji coba aplikasi ini, anda hanya diberi jatah pemindaian/ scan 100 LJK perbulan, jika anda menginginkan bisa scan LJK unlimited tentu ada konsekuensinya, yaitu membayar biaya berlangganan senilai $6.99 USD atau sekitar 99rb pertahun, cara pembelianyapun sangat mudah, anda cukup mengisi pulsa no hp anda minimal 100rb, dan lakukan pembelian melalui aplikasi dengan memilih opsi berlangganan menggunakan pemotongan pulsa.

Aplikasi Android yang bisa digunakan untuk membantu proses koreksi lembar jawab siswa sebenarnya tidak hanya ZipGrade, ada banyak macamnya seperti aplikasi android Exam Reader - Grade Paper Tests, Grader, Proofesor, OMR Evaluator, GradeCam Go!, Quick Key - Mobile Grading App, dan masih banyak aplikasi sejenis yang bisa anda manfaatkan untuk koreksi lembar jawab siswa.

Rata-rata fitur utama pada aplikasi koreksi jawaban siswa ini adalah kemampuan memindai menggunakan kamera ponsel lembar jawab komputer (LJK) dengan format yang sudah disiapkan oleh aplikasi dengan cepat.

Aplikasi yang akan saya bahas cara penggunaanya pada posting kali ini adalah aplikasi ZipGrade, kenapa harus ZipGrade? ini masalah aplikasi mana yang sudah dicoba dan merasa nyaman saja, dari beberapa aplikasi yang sudah saya coba, yang enak digunakan, fitur-fitur yang disediakan juga sesuai kebutuhan dan keinginan saya. Disamping itu saya sudah terlanjur berlangganan dengan membeli lisensi aplikasi ini untuk satu tahun, sehingga bisa menggunakan aplikasi ini secara penuh.

Keunggulan ZipGrade:

  • Desain Lembar jawab gratis tersedia dalam beberapa format dan ukuran (hingga 100 jawaban pertanyaan), terdapat juga fitur membuat lembar jawaban sendiri sesuai keinginan kita, khususnya jika kita menginginkan keterangan kolom tertentu dengan bahasa sendiri.
  • Dalam menggunakan aplikasi ini, ponsel anda tidak harus terkoneksi internet. Jika ada data  yang butuh disinkronkan, anda tinggal cari koneksi internet dan otomatis akan tersinkron dengan server pusat ZipGrade. Contohnya disini saat anda mengupload atau memperbaiki daftar siswa melalui situs zipgrade.com.
  • Untuk deteksi data siswa seperti nama, aplikasi ini menggunakan nomor ID siswa atau Nomor Induk Siswa sebagai kuncinya.
  • Tidak perlu menekan tombol apapun dalam proses pemindaian, anda cukup mengarahkan kamera di atas lembar jawab komputer, dengan cepat akan mengoreksi dan menyimpannya.
  • Siswa dapat menggunakan bulpoin atau pensil untuk menandai jawaban, tidak wajib di hitamkan penuh, bisa di coret, silang, atau di hitamkan penuh, aplikasi sudah mampu mendeteksi jawaban dengan baik.
  • Pendeteksian jawaban yang akurat tepat, jika ada siswa yang menjawab dengan menghitamkan lebih dari 1 opsi jawaban, maka aplikasi akan mendeteksi sebagai jawaban salah.
  • Dengan adanya situs www.zipgrade.com, memungkinkan pengguna mendapatkan fitur tambahan mulai dari cara mudah membuat lembar kejar komputer dan menyimpannya dalam format gambar atau PDF, export dan import data siswa. dll.
  • Ekspor hasil pekerjaan siswa dalam format CSV atau PDF.

Bagaimana Cara Penggunaan Aplikasi ZipGrade ini?

  1. Download dan install aplikasi ZipGrade dari Play Store
  2. Setelah proses instalasi aplikasi selesai, silahkan anda lakukan registrasi dengan memasukan email dan password, kemudian centang pada persetujuan dan klik tombol Register ZipGrade.


    Setelah proses registrasi berhasil, akan tampil seperti pada gambar berikut:

    Pada gambar di atas saya beri tanda panah pada 3 menu, yaitu menu Quizzes, Students, Classes, kita akan fokus di tiga menu ini dulu.

    Download Lembar Jawab Komputer
  3. Sekarang anda login di situs ZipGrade.com menggunakan komputer untuk menentukan dan  mendownload lembar jawab yang akan digunakan, misal untuk soal pilihan ganda 50 soal. Silahkan anda cetak dan anda siapkan untuk proses ujian siswa. Khusus anda yang akan menggunakan LJK bawaan ZipGrade bisa download di bawah postingan ini.


    Menambah Kelas Baru
  4. Untuk menambahkan kelas baru dan daftar siswa, anda bisa menggunakan situs zipgrade.com atau aplikasi zipgrade di ponsel anda, jika jumlah siswanya banyak akan lebih mudah menggunakan fitur import data pada situs zipgrade.com.
    Baca artikel saya yang berjudul: Cara Import Export Data Siswa di Aplikasi ZipGrade

    Sebagai contoh untuk menambahkan kelas menggunakan aplikasi zipgrade di ponsel, caranya anda klik tombol Classes, kemudian klik New Class, tuliskan nama kelas dan klik tombol OK.


    Menambah Data Siswa
  5. Berikutnya adalah menambahkan data siswa, yaitu dengan menekan tombol Students, silahkan anda lengkapi datanya dan jangan lupa pilih kelasnya dengan cara centang, kemudian klik tombol OK.


    Membuat Kunci Soal Mata Pelajaran
  6. Di dalam aplikasi ZipGrade, tekan 'New Quiz'


    Kemudian anda tuliskan nama mata pelajaran, pilih lembar jawab yang digunakan, misal disini saya memilih lembar jawab untuk 50 soal, pilih kelas dan klik OK.
  7. Selanjutnya anda tekan 'Edit Key' untuk memasukkan kunci jawaban.


    Anda bisa juga memindai lembar jawaban yang berfungsi sebagai kunci dengan cara tekan tombol Scan For Key.



    Pindai/ Scan Lembar Jawab Komputer
  8. Untuk mulai memindai LJK, silahkan anda tekan 'Scan Paper':
    * Pegang kertas pada permukaan datar dan sejajarkan 4 kotak sudut di 4 viewfinders.
    * ZipGrade secara otomatis akan fokus dan mengidentifikasi kapan kertas dapat dibaca.
    * Aplikasi akan bergetar ketika kertas dinilai dan langsung memberikan ringkasan instan (dengan tautan untuk detail lebih lanjut).
    * Untuk koreksi LJK selanjutnya anda bisa langsung ganti kertas, dan biarkan aplikasi yang akan otomatis mengoreksi tanpa harus menekan tombol apapun.


    Cek secara manual jika diperlukan untuk memastikan NIS dan nama siswa yang muncul sesuai dengan yang sudah dimasukan di aplikasi.

Berikut saya sediakan file LJK bawaan ZipGrade format PDF:


Baca juga: Cara Membagikan LJK Custom ZipGrade ke Akun Guru Lain

Demikian Cara Menggunakan ZipGrade, Aplikasi Android Untuk Koreksi LJK Siswa. Semoga Bermanfaat.

45 komentar

  1. Pak, kalau mau yang 1 tahun bayar bisa nggak di transfer??, maaf saya tidak punya kartu kredit...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bayar pakai pulsa saja, tinggal isi pulsa 100rb, nanti bisa buat mengaktifkan yg 1th.

      Hapus
  2. Pak eksport data siswa file csv nama siswa, kelas, dan student id kok tidak muncul ya??? mohon pencerahan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seharusnya kalau inputnya benar, dan sudah bisa dilihat di situs zipgrade, saat di exportpun akan terdownload komplit.

      Hapus
  3. Untuk pilihan ganda nya bisa kita sesuaikan A B C D gak pak? Saya lihat tadi kok sampai A B C D E. mohon pencerahannya, makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa di sesuaikan sesuai kebutuhan yaitu saat membuat ljk custom.

      Hapus
  4. Pak apakah jurnal atau artikel mengenai zip ada
    grade tersebut pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hmmmm... maksdnya gmn ya....? bisa dipermudah pertanyaanya?

      Hapus
  5. Bagaimana mengubah bahasa dari bahasa inggris ke indonesia pada zipgrade pak mung

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya belum tersedia untuk fitur merubah bahasa ke Indonesia

      Hapus
  6. apakah bisa 1 akun berbayar digunakan untuk banyak Android ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa, itulah yg saya lakukan di sekolah sya, sy beli 1 lisensi, email dan password akun sy bagikan kesemua guru. jadi lebih hemat, kelemahanya memang beresiko quiz dan kunci yg sdh dibuat guru lain bisa kehapus atau keedit. tapi semua bisa diatur jika semua guru bersepakat untuk mengamankan.

      Hapus
  7. Bagaimana cara pembeliannya karna sy tidak memiliki kartu kredit, mohon penjelasannya secara rinci sekalian langkah2 pembeliannya, Trimkasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pembelian akun zipgrade bisa menggunakan pulsa hp anda, pastikan pulsa terisi 100rb untuk proses pembelian.

      Hapus
  8. Wauuuuw.. Thanks mr... Moga presentasi zipgrade saya berjalan lancar hari ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih kembali, semoga lancar presentasinya.

      Hapus
  9. mantab bapak, maturnuwun ilmu dan sharednya, semoga allah membalas dengan hadiah surganya

    BalasHapus
  10. Pak saya pernah upload suatu kelas.... kemudian saya hapus karena mau saya ganti kelas baru. kok nggak bisa ya ... kata webnya file sdh ada... padahal sdh saya hapus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dihapus lewat web, selama ini sy hapus tidak masalah (saya pakai premium) belum nyoba kalau pakai yg free.

      Hapus
  11. pak bisa tidak lj zipgrepnya di kopi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa, baca panduanya disini: https://www.mrmung.com/2018/11/cara-membagikan-ljk-custom-zipgrade.html

      Hapus
  12. Pa mohon maaf mau beli via pulsa lj zipgrade.. ke no hp nya..berapa yah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aplikasi itu belinya bukan ke saya, saya bukan penjual. silahkan belinya ke zipgrade.

      Hapus
  13. Maaf sy tdk punya kartu kredit kalau pakai pulsa kirimkan ke mana pa dgn no hpnya..berapa mhn pa informasi nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Caranya anda isi no hp anda sejumlah minimal 100rb, kemudian buka aplikasi zipgrade dan upgrade ke versi berbayar, anda akan diminta membayar dg pilihan potong pulsa atau yg lain, silahkan pilih yg pembayaran pakai pulsa. jadi nanti otomatis akan terpotong dr pulsa anda.

      Hapus
  14. Jika siswa tidak mengisi atau mengosongkan. Apakah akan terdeteksi salah?

    BalasHapus
  15. terima kasih infonya....baru mau mencoba

    BalasHapus
  16. Jika siswa memberi jwban lebih dari satu option per soal apakah terbaca salah?

    BalasHapus
  17. Sangat membantu sekali dengan aplikasi zipgrade ini sehingga pekerjaan lebih mudah

    BalasHapus
  18. Terima kasih pak. Saya akan coba ini

    BalasHapus
  19. pak gimana ya caranya merubah kunci jawaban di hp sementara ljk sdh custom

    BalasHapus
  20. bagaimana cara merubah kunci jawaban sementara LJK sudah dirubah custom A, B, C dan D, terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. setting quiz di hp pilih pada ljk custom, jadi bisa sesuai saat scan ljk.

      Hapus
  21. Bagaimana cara setting bobot nilai pada pilihan ganda misal per nomor dapat nilai 3? Krn soalnya msh ada essay jg pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada pengaturan saat membuat kunci jawaban di zipgrade, tinggal masukan skornya saja.

      Hapus
  22. Pak, zipgrade bisa kolom free response atau essay seperti di go form?

    BalasHapus
    Balasan
    1. zipgrade itu utk ngoreksi jenis pilihan ganda, tdk ada fitur utk essay.

      Hapus
  23. Ijin bertanya, klo yg free kan dapat digunakan utk 100 lembar/bulan, yg mau saya tanyakan apabila di bulan pertama sdh menscan 100 lembar, berarti garus menunggu bulan kedua utk bisa menscan dan seterusnya seperti itu? terimakasih

    BalasHapus
  24. Ijin bertanya, klo yg free kan dapat digunakan utk 100 lembar/bulan, yg mau saya tanyakan apabila di bulan pertama sdh menscan 100 lembar, berarti garus menunggu bulan kedua utk bisa menscan dan seterusnya seperti itu? terimakasih

    BalasHapus

Follow Me

Foto Mr. Mung
ttd Mr. Mung

Tutorial Blogger

Pilih Arsip Blog