Info Penting

Tutorial Blogger Terlengkap Sistematis dilengkapi Video Tutorial

T utorial blogger di internet sangat banyak pilihannya, anda bisa memilih tutorial mana yang akan anda ikuti dan praktikkan supaya anda bi...

Artikel Terbaru

Aplikasi Rekomended Untuk Pembelajaran Jarak Jauh

4 Apr 2020 - - 1

Libur sekolah efek pandemi virus corona masih terus diperpanjang, sampai tulisan ini saya buat, perpanjangan libur untuk tetap dirumah, belajar di rumah, dan bekerja di rumah sampai dengan tanggal 21 April 2020. Ini cukup membuat Guru dan Siswa cepat bosan di rumah, oleh karenanya pada kesempatan ini saya bagikan kepada anda Aplikasi Rekomended untuk pembelajaran jarak jauh.

1. Google Classroom


Google Classroom merupakan aplikasi gratis yang disediakan Google untuk membantu para guru dalam kegiatan belajar mengajar jarak jauh/ daring (dalam jaringan). Aplikasi ini tersedia untuk perangkat iOS dan Android, bagi pengguna PC bisa memanfaatkan google classroom versi web yang beralamat di https://classroom.google.com.

Untuk bisa menggunakan Google Classroom, guru dan siswa harus punya akun Google agar bisa terhubung, bisa menggunakan akun google pribadi (gmail.com) atau menggunakan akun G-Suite Education (menggunakan domain sekolah). Setelah masuk menggunakan akun Google, kita bisa membuat kelas, atau bergabung dengan kelas yang sudah dibuat oleh pengguna lain (dalam hal ini adalah guru yang menggunakan Google Classroom).

Dengan Google Classroom, pengajar dapat membuat kelas, mendistribusikan tugas, memberi nilai, mengirim masukan, dan melihat semuanya di satu tempat. Kelas yang dibuat menggunakan akun pribadi gmail.com hanya mampu menampung maksimal 250 guru dan siswa, sedangkan jika menggunakan akun G-Suite Education (menggunakan domain sekolah) dalam satu kelas mampu menampung 1000 guru dan siswa.

Walaupun demikian, bagi pengguna akun google pribadi tidak perlu khawatir, karena bisa memecah menjadi beberapa kelas, misal: IPA 9A, IPA 9B, dst. Untuk menambahkan siswa kedalam kelas bisa dengan cara mengundang siswa dengan memasukan email atau memberika kode unik kelas yang harus di masukan siswa saat akan join kedalam kelas.

2. Edmodo


Edmodo boleh dibilang sebagai facebooknya Guru dan Siswa yang memberikan fasilitas belajar online. Selain Guru dan Siswa, edmodo juga menyediakan fasilitas Orang Tua untuk mengawasi atau memberi pendampingan putra-putrinya dalam belajar online.

Dengan Edmodo anda bisa berkomunikasi, tidak hanya dengan siswa dan orangtua melainkan dengan sesama guru di berbagai belahan dunia, berdiskusi, sharing bahan ajar, memberikan tugas, mengumpulkan tugas, melakukan penilaian dengan berbagai model seperti jenis soal benar/salah, pilihan ganda, menjodohkan, isian singkat, dll.

Untuk mendaftar di Edmodo anda bisa menggunakan akun google, akun office 365, atau email lain bebas yang terpenting email tersebut aktif dan bisa menerima konfirmasi pendaftaran. Karena situs ini menggunakan bahasa Inggris jadi cukup lumayan butuh waktu untuk mempelajari dan memanfaatkan fitur-fitur canggih yang tersedia dalam situs ini.

Selain melalui situs edmodo.com, bisa juga mendownload aplikasinya di playstore dan App store. Setelah kelas dibuat, untuk memasukan siswa bisa menggunakan undangan melalui email atau mengnformasikan kode unik kelas ke siswa yang akan join ke kelas di edmodo.


3. Schoology


Schoology memiliki konsep yang sama dengan Edmodo, konsep seperti jejaring sosial facebook yang digunakan untuk pembelajaran online, karena situs ini sudah dilengkapi dengan berbagai fitur untuk membuat kelas, memberikan materi, penugasan ke siswa dalam berbagai model seperti: soal benar/salah, pilihan ganda, menjodohkan, isian singkat, dll.

Pada situs Schoology terdapat fasilitas Attandance /absensi, yang digunakan untuk mengecek kehadiran siswa, dan juga fasilitas Analityc untuk melihat semua aktivitas siswa pada setiap course, assignment, discussion dan aktivitas lain yang kita siapkan untuk siswa.

Situs ini menggunakan Bahasa Inggris, jadi ini juga cukup menjadi kendala tersendiri bagi Guru dan Siswa Indonesia. Sama dengan Edmodo, atau gooogle classroom pada situs Schoology untuk gabung dengan kelas yang sudah dibuat, tersedia kode unik yang bisa diberikan kesiswa agar bisa join atau masuk ke dalam kelas yang sudah kita buat.

Sebagai Aplikasi Pelengkap dalam Pembelajaran Jarak Jauh, Aplikasi Video Conferencing yang gratis dan saya rekomendasikan:

1. Zoom Cloud Meeting

Zoom Cloud Meeting mendukung hingga 100 partisipan dalam single meeting. Selain itu, aplikasi ini hadir dengan dukungan audio-only, video, dan text chatting. Sebagai pelengkap dalam pembelajaran online, aplikasi ini sangat cocok digunakan Bapak/ Ibu Guru dan siswa, jika dalam penjelasannya menggunakan presentasi power point, atau demo mempraktekan aplikasi tertentu di komputer Guru, dengan memanfaatkan share screen, sehingga seluruh siswa yang terhubung bisa melihat presentasi atau demo yang dilakukan guru melalui Hp atau komputer Guru.

Zoom juga mempunyai paket gratis tapi tentunya paket ini mempunyai keterbatasan tersendiri seperti partisipan yang dibatasi hanya dengan 100 orang dalam satu konferensi, waktu konferensi 40 menit serta pembatasan fitur- fitur lainnya. Untuk mengabadikan konferensi video, terdapat fitur rekam aktifitas mulai dari awal hingga konferensi video selesai, sehingga nantinya bisa dinikmati kembali dilain waktu.

2. Skype

Saat ini Skype memberikan layanan panggilan gratis hingga untuk 50 orang untuk konferensi audio atau video di perangkat apa pun. Fitur unggulan skype untuk keperluan pembelajaran jarak jauh, yaitu bisa berbagi layar desktop atau perangkat seluler dengan pengguna lain yang terhubung dalam konferensi video, seperti berbagi presentasi, foto, demontrasi PC yang bisa dinikmati oleh pengguna lain.

Fitur lainnya, bisa membagikan foto, video, atau file lain hingga 300 MB cukup dengan menyeret dan meletakkan file ke jendela percakapan. Percakapan juga bisa direkam supaya bisa dilihat kembali setelah konferensi video selesai.

3. Google Meet

Google Meet dikenal sebagai Google G Suite for Education. Layanan ini dapat diakses melalui website, Android maupun iOS. Di Google Meets ini tidak hanya bisa melihat dokumen belajar tetapi juga presentasi hingga merekam. Sebelum menggunakan layanan ini, sebagai syaratnya adalah harus memiliki akun G-Suite.

Sekolah dapat menggunakan Hangouts Meet, alat konferensi video yang tersedia untuk seluruh pengguna G Suite dan Google Classroom untuk mengikuti kelas dan melanjutkan pembelajaran jarak jauh di rumah. Fitur Hangouts Meet memiliki kemampuan konferensi video hingga 250 peserta.

Demikian, semoga bermanfaat.

1 komentar

  1. Kalau aku. Mengarahkan murid ke blog aku belajarnya. Jadi setiap ganti jam belajar diupdate 1 postingan Home Learningnya. Btw. Pak mung. Trima kasih ya kemarin saya pakai timer soalnya. Thanks.

    BalasHapus

Follow Me


Iklan

Tutorial Blogger

Arsip Blog