Info Penting

Aplikasi Yasin dan Tahlil No 1 di Google dan Playstore

A plikasi Yasin dan Tahlil terbaik nomor 1 di Google dan Playstore kaya akan fitur dan konten yang bermanfaat untuk amalan sehari-hari u...

Info Penting

Artikel Terbaru

Kode Captcha pada Sistem Login Website atau Sistem Pencarian Informasi, Merepotkan!

8 Jun 2021 - -

CAPTCHA (uji turing publik terotomatisasi penuh untuk membedakan komputer dan manusia) adalah jenis tindakan keamanan yang dikenal sebagai autentikasi tantangan-tanggapan. CAPTCHA membantu melindungi dari dekripsi spam dan sandi dengan meminta Anda menyelesaikan pengujian sederhana, yang membuktikan bahwa Anda adalah manusia dan bukan komputer yang mencoba menyusup ke dalam akun yang dilindungi sandi.

Captcha sering di terapkan di halaman login/ halaman pencarian informasi pribadi. Penambahan Captcha di halaman login berfungsi supaya tidak ada aktivitas login secara terus menerus yang dilakukan oleh robot atau manusia. Istilah populernya yaitu mencegah Brute Force.


Dengan adanya Captcha sebelum menekan tombol login pengguna harus melewati Captcha terlebih dahulu. Misalnya tanpa melewati Captcha dan anda langsung menekan tombol login/ tombol pencarian data maka akan ada notifikasi “Kode Captcha tidak valid” atau “Captcha salah“.

Bagaimana jika kode Captcha tidak muncul?

Secara otomatis Captcha akan muncul saat situs atau halaman aplikasi termuat secara sempurna. Karena Captcha sebenarnya tidak terlalu berat yang bisa menyebabkan lambat muncul saat halaman website dibuka.

Hanya saja beberapa kasus, ketika IP komputer/ IP provider internet anda bermasalah, atau sudah sering digunakan untuk login/ mencari informasi di website tersebut, maka anda akan melihat kode Captcha yang tak kunjung hilang, atau Captcha selalu salah yang akan berakibat anda tidak bisa login atau mengakses data tertentu di website yang menggunakan kode Captcha tersebut.

Nah.... apa ini merepotkan?

Tentu saja akan sangat merepotkan bagi pengguna awam/ pengguna yang butuh waktu cepat untuk mengakses informasi tertentu.

Terus bagaimana solusinya?

Kalau anda sebagai pengguna, tentu saja hanya bisa bersabar dan mencari waktu lain jika saat ini terus bermasalah terkait kode Captcha tersebut, namun jika anda bisa menghubungi pembuat sistem tersebut, anda bisa memberi saran/ masukan untuk merubah sistem keamanan yang lebih mudah, misal dengan sistem input angka manual, atau kalau perlu dihapus untuk sementara waktu.

Tidak ada komentar:

Follow Me

Foto Mr. Mung
ttd Mr. Mung

Tutorial Blogger

Pilih Arsip Blog