Komputer Jaringan (Computer Network)

28 Feb 2011 - -

Standar Kompetensi :
Memahami dasar-dasar penggunaan internet/intranet

Kompetensi Dasar :
Mendeskripsikan dasar-dasar sistem jaringan di internet/intranet.
Indikator:
Siswa dapat mengetahui klasifikasi jaringan komputer
Materi
Komputer Jaringan (Computer Network)

Bismillah...

Computer Network atau lebih dikenal dengan istilah Komputer jaringan merupakan sebuah sistem yang terdiri atas komputer dan perangkat jaringan lainnya yang bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu tujuan yang sama. (sumber wikipedia).

Pengertian lainya, Jaringan Komputer adalah sebuah kumpulan komputer, printer dan peralatan lainnya yang terhubung.


Tujuan dari jaringan komputer adalah:

  1. Memberikan kemudahan dalam sharing data Yaitu adanya fasilitas untuk saling tukar/ambil data dari komputer satu ke komputer lain secara langsung tanpa melalui disket/flasdisk.
  2. Memberikan kemudahan dalam sharing printer Yaitu kemudahan untuk melakukan printing langsung dari semua komputer walaupun komputer tersebut tidak terhubung langsung dengan printer.
  3. Memberikan kemudahan dalam sharing Internet Yaitu memungkinkan penggunaan internet bersama – sama dengan satu modem.
  4. Memberikan kemudahan dalam mengontrol komputer lain Yaitu fasilitas untuk melihat, mengendalikan ataupun mematikan (Shut Down) dari komputer server, sehingga memudahkan guru dalam mengontrol hasil pekerjaan murid-murid tanpa harus selalu berkeliling kelas (cukup dilihat dari komputer server).
Agar dapat mencapai tujuan yang sama, setiap bagian dari jaringan komputer meminta dan memberikan layanan (service ). Pihak yang meminta layanan disebut klien (client ) dan yang memberikan layanan disebut pelayan (server ). Arsitektur ini disebut dengan sistem client-server, dan digunakan pada hampir seluruh aplikasi jaringan komputer.

Klasifikasi Jaringan Berdasarkan skala :

Semoga bermanfaat.

Silahkan tinggalkan komentar anda disini dan Terimakasih anda mau menuliskan nama anda.

Koleksi Tutorial Blog

Arsip Blog