UKG Online 2012 Gagal, Benarkah?

Senin, 30 Juli 2012 - - 9

Bismillah... semoga tulisan ini bisa diambil hikmah, dan menjadi pelajaran serta bisa memberi motivasi untuk lebih baik diwaktu yang akan datang.
UKG Online yang direncanakan mulai hari ini tanggal 30 Juli 2012 disinyalir banyak kabupaten atau kota diseluruh Indonesia Raya yang bakalan gagal dalam pelaksanaanya.  Saya pribadi tidak bisa membayangkan betapa kecewanya para peserta yang sudah datang ketempat pelaksanaan UKG kemudian pulang karena UKG belum bisa terlaksana dan harus ditunda, tapi mungkin juga banyak peserta yang spontan mengucap syukur Alhamdulillah.... UKG diundur sampai batas waktu yang belum ditentukan.... jadi bisa belajar lagi dan lebih siap lagi menghadapi soal-soal yang akan diberikan.

Mengapa bisa terjadi demikian? Apakah benar UKG Online tahun ini bakalan gagal? belum bisa terlaksana sesuai jadwal yang telah ditentukan?

Berikut yang menurut saya menjadi penyebab gagalnya beberapa kabupaten atau kota dalam pelaksanaan UKG Online tahun 2012 ini:
  1. Daftar peserta yang dikirim kepusat (jakarta) saat pelaksanaan tidak sama dengan daftar peserta yang ada di kabupaten/ kota, hal ini terjadi dimungkinkan karena adanya perubahan yang diusulkan setelah data pertama terkirim kepusat, jadi pusat (jakarta) belum ATAU tidak sempat mengedit data peserta UKG Online 2012 sesuai update terbaru dari kabupaten/ kota dimaksud.
  2. Reginfo.txt sebagai file kunci untuk sinkronisasi registrasi peserta dengan server pusat, sehingga TUKG berhak melakukan ujian UKG Online atau tidak masing-masing kabupaten/ kota ternyata banyak yang tidak sesuai dengan jumlah TUKG yang ada, sebagai contoh: ada kabupaten yang menerima TUKG sebanyak 19 reginfo, padahal dalam kenyataanya jumlah TUKG hanya 11. hal ini kemungkinan terjadi karena faktor seperti yang saya sebutkan pada nomor 1. 
  3. Pelaksanaan yang terkesan dipaksakan walau belum 100% sistem siap. Memang sesuatu yang terlalu dipaksakan kadang ada yang menyebabkan jadi kurang nikmat. :) bisa anda bayangkan sendiri, perubahan software yang digunakan sampai beberapa kali dalam waktu yang cukup singkat, dan pendistribusian software final sungguh sangat mepeeeet... sekali, diibaratkan malam pelaksanaan teknisi kabupaten "asyik" mengganti software yang sudah terlanjur terinstall di komputer masing-masing TUKG, kalau komputernya cuma 2 si gak jadi masalah, yang jadi masalah: satu TUKG ada yang berisi sampai dengan 105 komputer seperti yang terjadi di kabupaten temanggung, tepatnya SMK N 2 Temanggung.
Mungkin 3 faktor tersebut yang menurut saya menjadi penyebab UKG Online Gagal dihari pertama.
Semoga kita bisa mengambil hikmah dari ini semua.

M Mursyid PW at 30 Juli 2012 09.50

Wah, aku termasuk yang jadi korban. Ni dah sejak 07.30 (skrg jam09.47) menanti koneksi yang genah kapan akan berhasil.
Hemh...!

Anonim at 30 Juli 2012 10.19

Sukabumi juga gagal pak...

Mr.Mung at 30 Juli 2012 10.42

@m mursyd: hehe.... sabar pak...
@Anonim: iya memang banyak yang gagal.

Anonim at 30 Juli 2012 10.46

purworejo gagal dapat reginfo.txt pagi hari tdk bisa dipakai

abusholla at 30 Juli 2012 11.07

assalamu'alaikum Wr Wb.
dibulan yang penuh dengan berkah dan ampunan ini semoga semua kegiatan kita ada hikmahnya termasuk UKG yang membingungkan semoga yang menggagas dan merintis UKG mendapat ampunan disisi Allah SWT. kita yang menjadi korban mendapat tunjangan yang sebesar-besarnya, amiin ya robbal alamin.

omyuu at 30 Juli 2012 11.15

UKG !!!!! otak rada uget

Anonim at 30 Juli 2012 12.20

hampir semua kota/kabupaten di jawa timur belum berhasil melakukan sinkronisasi peserta dengan server pusat...

Anonim at 30 Juli 2012 15.39

waduh banyak korban guru2, dan yang kasian yah siswa karena banyak sekolah yang diliburkan, semoga pak menteri kemdikbud dan jajarannya mawas diri, acep

Anonim at 1 Agustus 2012 07.07

hemmmmm mantap.....
yang penting tetap optimis semoga hari ini tdk gagal lagi......

Silahkan tinggalkan komentar anda disini dan Terimakasih anda mau menuliskan nama anda.

Koleksi Tutorial Blog

Arsip Blog