Memantau Aktifitas Komputer Siswa dari Jarak Jauh dengan Mudah

Minggu, 09 November 2014 - -

http://3.bp.blogspot.com/-8eShjrJhF48/VF7FIc0P3dI/AAAAAAAALNQ/pkU-EtcRZJo/s1600/ngajar-jarak-jauh.jpg
Coba anda perhatikan gambar diatas, tampak pada gambar ada 15 tampilan komputer saat saya memantau aktifitas siswa. Posisi saya tidak berada di lingkungan sekolah, melainkan sedang berada diluar kota karena sedang ada tugas mengikuti bintek di New Hotel Bandungan Indah, dan tampilan komputer satunya posisi di lab. komputer SMP N 1 Kaliwungu.

Dari pengamatan selama proses pembelajaran, siswa cenderung aktif mengerjakan tugas sesuai petunjuk yang saya tampilkan di layar proyektor lab komputer, seperti yang saya ceritakan pada tulisan: Meningkatkan Motivasi Siswa Melalui Blog Guru, disaat ada tugas dinas keluar kota, saya biasanya menitipkan tugas siswa kepada guru piket yang sudah saya kemas dan siapkan di blog guru, dalam kegiatan pembelajaran sengaja saya tunjukkan kepada siswa, bahwa walaupun tidak ada tatap muka langsung dilaboratorium komputer, saya masih bisa memantau aktifitas siswa di laboratorium komputer, mulai dari komputer mana saja yang dipakai untuk pembelajaran, komputer mana saja yang dipakai untuk bermain, kemudian memberi peringatan, dan mematikan komputer dari jarak jauh, semua dilakukan dengan tujuan, supaya siswa tetap merasa ada yang mendampingi saat pembelajaran, dan siswapun akhirnya tidak seenaknya sendiri didalam lab. Komputer, dan mau belajar dengan serius dan terarah.

Ketika ada masalah yang dialami siswa, pada saat itu juga saya bisa langsung mengontrol komputer siswa untuk memberi panduan dengan menggerakkan mouse dan keyboard siswa, sedangkan jika semua siswa perlu penjelasan, maka komputer guru yang ada di lab komputerlah yang akan saya kontrol supaya semua siswa bisa melihatnya di layar proyektor atau bisa juga melihatnya di layar komputer masing-masing siswa.

Nah, sebenarnya alatnya apa saja si yang digunakan?

Bagi anda yang ingin mencoba untuk bisa memantau aktifitas komputer siswa dari jarak jauh, alat-alat yang dibutuhkan adalah sebagai berikut:
  1. Komputer guru-1 (komputer guru yang ada di lab komputer) yang selalu terhubung ke internet
  2. Komputer siswa yang wajib terhubung ke komputer guru-1 melalui jaringan lokal, tidak harus terhubung ke internet, namun jika pembelajaranya siswa harus terkoneksi internet, berarti komputer siswa tentu wajib terhubung ke internet.
  3. Software yang bisa memanejemen kelas (lab komputer), yang biasa saya gunakan adalah software NetOp, software ini harus terinstall (terpasang) disemua komputer baik guru maupun komputer siswa.
    Dengan software ini, komputer guru-1 bisa memantau aktifitas semua komputer siswa yang ada di lab komputer.
  4. Software TeamViewer yang terinstall di komputer guru-1; dengan program ini komputer guru-1 (komputer guru yang ada di lab komputer sekolah) bisa dikontrol dari jarak jauh, antar kota, maupun antar negara.
  5. Komputer guru-2 (komputer pribadi guru) yang terinstall program TeamViewer dan juga terkoneksi internet; dari komputer guru-2 ini bisa mengontrol/ mengendalikan komputer guru-1 (komputer guru yang ada di lab komputer) yang sedang memantau aktifitas komputer siswa dengan menggunakan software NetOp. Secara singkat alurnya seperti gambar berikut:

Jadi, dengan cara ini anda bisa dengan mudah memantau aktifitas komputer siswa yang ada di lab komputer dari manapun anda berada, dengan syarat anda selalu terhubung kejaringan internet.

  • Download tutorial : Memantau Aktifitas Komputer Siswa dari Jarak Jauh dengan Mudah
  • Silahkan tinggalkan komentar anda disini dan Terimakasih anda mau menuliskan nama anda.

    Koleksi Tutorial Blog

    Arsip Blog