Cara Membuat Stiker Sendiri di Aplikasi Telegram Pada Android

6 Mar 2016 - -

Aplikasi “Instan Messaging” Telegram, tampaknya semakin lama semakin banyak penggemarnya, terbukti dari jumlah downloader aplikasi ini di playstore semakin meningkat, sampai tulisan ini saya publish aplikasi telegram ini sudah didownload sebanyak 50juta kali. aplikasi canggih, cepat, gratis, dan mempunyai keamanan tingkat tinggi, dengan fitur-fitur luar biasa. Seperti penjelasan tentang aplikasi android beberapa waktu yang lalu (baca: Aplikasi Telegram Messenger di Android dan Desktop), Aplikasi telegram ini selain bisa digunakan komunikasi dan pengiriman file layaknya aplikasi lain (teks, audio, video) juga bisa digunakan untuk mengirim file apapun seperti file doc, pdf, file yang di kompress menggunakan zip, rar, dll.

Nah pada posting kali ini, kita akan memanfaatkan fitur-fitur yang tersedia di aplikasi telegram ini untuk menambah keasyikan kita dalam berinteraksi dengan teman-teman kita, baik komunikasi individu maupun dalam group yang kita ikuti di aplikasi telegram. Fitur yang saya maksudkan disini adalah bagaimana cara membuat stiker sendiri, dan orang lainpun bisa memanfaatkan stiker yang kita buat tadi, komunikasi di telegrampun akan jadi tambah seru dan mengasyikan.

Sebelum ke pembuatan, coba lihat tampilan stiker yang sudah saya buat ini:
Versi tampilan di android:

Versi tampilan di telegram berbasis web atau aplikasi desktop:


Bagaimana, seru kan?

Gak sabar pengin nyoba kan? kalau begitu mari ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buatlah desain gambar stiker yang anda inginkan dengan dimensi gambar 512px X 512px, disarankan gambarnya background transparan, beri efek shadow pada gambar, dan simpan dengan tipe gambar PNG.
  2. Bukalah aplikasi telegram anda melalui web atau aplikasi telegram yang sudah terinstall dikomputer anda, pakai aplikasi di android juga boleh, cuma gambar yang sudah anda desain tadi harus dipindah dulu ke android anda.
  3. Tuliskan pada kolom pencarian @Sticker
  4. Anda akan melihat beberapa perintah bagaimana cara membuat koleksi stiker anda sendiri, bisa anda lihat seperti gambar berikut:
  5. Pertama anda klik pilihan /newpack atau bisa juga anda tuliskan /newpack dan tekan enter.
  6. Berikutnya anda tuliskan nama paket stiker yang akan anda buat, misal contoh digambar saya beri nama mrmung-moslem
  7. Berikutnya anda pilih salah satu emoji yang menggambarkan stiker yang akan anda buat nanti, 
  8. Next, anda upload file gambar stiker yang sudah anda buat tadi. ingat ukuran yang disarankan telegram adalah: 512px X 512px .

  9. Jika berhasil maka akan muncul keterangan bahwa anda telah berhasil memasukan stiker baru anda, untuk mengakhirinya anda klik /publish atau tuliskan /publish dan tekan enter.
  10.  Berikutnya anda tuliskan kembali nama stiker anda, untuk dijadikan link pemanggil stiker, contoh saya tuliskan mrmungtop1 nanti akan diberi URL oleh telegram yang mengarah ke koleksi stiker yang sudah kita buat, contoh yang sudah saya buat adalah: https://telegram.me/addstickers/mrmungtop1 :
Bagaimana, apa anda bisa mengikuti cara membuat stiker sendiri di Aplikasi telegram pada android anda ini? jika masih bingung dengan penjelasan diatas, InsyaAllah besok-besok saya buatkan video tutorialnya.

Semoga Bermanfaat.

Silahkan tinggalkan komentar anda disini dan Terimakasih anda mau menuliskan nama anda.

Koleksi Tutorial Blog

Arsip Blog