Info Penting

Tutorial Blogger Terlengkap Sistematis dilengkapi Video Tutorial

T utorial blogger di internet sangat banyak pilihannya, anda bisa memilih tutorial mana yang akan anda ikuti dan praktikkan supaya anda bi...

Artikel Terbaru

Cara Rekap Hasil Soal Online Google Formulir Praktis

28 Mar 2020 - -

Membuat soal online dengan google formulir beberapa minggu terakhir ini banyak digunakan oleh Guru-Guru di Indonesia, efek libur sekolah akibat virus corona mengharuskan Guru dan Siswa tetap melaksanakan kegiatan belajar mengajar melalui media internet. Ada yang menggunakan WhatsApp group, Facebook Group/ Messanger, Google Kelas, LMS Moodle, ada juga yang menggunakan sarana pembelajaran yang direkomendasikan pemerintah berdasarkan surat edaran No: 36962/MPK.A/HK/2020 tertanggal 17 Maret 2020, seperti Rumah Belajar (belajar.kemdikbud.go.id), Google G Suites For Education , Kelas Pintar (kelaspintar.id), Office 365, Quipper School, Ruang Guru, Sekolahmu, dan Zenius.


Bagi Guru yang kreatif, ingin membuat materi sendiri, membuat soal-soal online sendiri, bisa memanfaatkan blog guru sebagai media penyampaian materi dan soal online, atau jika ingin lebih fokus kesiswa yang diajar, bisa menggunakan Google Kelas, atau Office 365, selain mudah digunakan, juga sudah banyak sekali tutorial penggunaanya.

Cara membuat soal online dengan Google Formulir sudah pernah saya bahas di blog ini dengan judul artikel Panduan Membuat Soal Online di Google Drive dengan Batasan Waktu, sedangkan cara merakap hasil pekerjaan siswa pernah saya bahas dalam video yang sudah saya unggah di youtube beberapa bulan yang lalu, saya beri judul Cara rekap hasil ujian online dengan rumus IFNA Vlookup.

Pada artikel ini akan saya bahas Cara Rekap Hasil Soal Online Google Formulir Praktis, sebelum melanjutkan artikel ini, saya anggap anda sudah selesai membuat soal online, sudah ada siswa yang mengerjakan soal online.

Langkah merekap hasil soal online adalah: 

  1. Login di drive.google.com dengan akun gmail anda.
  2. Buka soal online dengan cara Klik 2x
  3. Setelah terbuka, klik tab menu Respons, dan klik icon spreadsheet (warna hijau) seperti gambar berikut:
  4. Maka akan terbuka jendela baru yang berisi hasil pekerjaan siswa yang ditampilkan dalam format google spreadsheet, dari sini anda sudah bisa merekap hasilnya, dan juga bisa melihat secara realtime jika ada siswa yang mengirim hasil pekerjaan soal online.
  5. Anda bisa juga mendownload supaya bisa dibuka dengan program aplikasi Ms. Excel dengan cara klik menu File - Download - Microsoft Excel (.xlsx)

Demikian Cara Rekap Hasil Soal Online Google Formulir, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Follow Me


Iklan

Tutorial Blogger

Arsip Blog