Info Penting

Tutorial Blogger Terlengkap Sistematis dilengkapi Video Tutorial

T utorial blogger di internet sangat banyak pilihannya, anda bisa memilih tutorial mana yang akan anda ikuti dan praktikkan supaya anda bi...

Artikel Terbaru

Soal Online Google Form Rasa Chatingan, Lebih Asyik!

28 Jan 2021 - - 2

PJJ atau Pembelajaran Jarak Jauh dibanyak wilayah masih terus diperpanjang, Guru mulai bosan, Siswa belajar dari rumah mulai bosan, apalagi orang tua yang kini juga berusaha berubah menjadi guru multitalenta semampunya dengan berbagai mata pelajaran putra-putrinya, hal ini sangat dirasakan masyarakat di Indonesia pada khususnya.

Guru terus berusaha meningkatkan kompetensi diri dengan mengikuti berbagai kegiatan yang menunjang PJJ supaya lebih kreatif, inovatif, dan tentunya menyenangkan, sehingga siswa tidak cepat bosan karena melihat variasi pembelajaran yang dilakukan oleh Gurunya.

Pemerintah melalui kementerian pendidikan dan kebudayaan (kemendikbud) juga sudah menggelontorkan anggaran yang cukup fantastis untuk memfasilitasi berbagai kebutuhan guru dan siswa selama PJJ ini, mulai dari pulsa untuk guru dan siswa setiap bulannya, fasilitas g-suite education untuk guru dan siswa yang bisa didownload melalui situs data kemdikbud (baca disini), dan lain sebagainya.

Salah satu komponen dalam kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) adalah pemberian evaluasi secara online atau biasa saya sebut sebagai soal online. Di blog mrmung.com ini sudah sering saya bahas terkait aplikasi apa yang digunakan untuk pembuatan soal online ini, bahkan di chanel youtube Mung Media juga tersedia video panduan membuat soal online, yang salah satunya adalah pembuatan soal online menggunakan google formulir.

Pembuatan soal online menggunakan google formulir sangatlah mudah dan cepat apalagi google formulir ini juga sudah terintegrasi dengan google kelas (classroom), hanya saja tampilan dari google formulir ini didesain simpel/ sederhana dan sebagian orang mengatakan tampilannya terlihat kaku.

Nah, untuk mengatasi masalah tampilan google formulir yang tampak kaku ini, pada artikel ini akan saya bahas tentang bagaimana membuat soal online google form ini menjadi lebih asyik karena seperti sedang chattingan, yaitu dengan memanfaatkan situs chat-forms.com.

Sebenarnya chat-forms ini sudah tersedia di add-on google formulir, hanya saja pada tutorial ini saya akan langsung memanfaatkan fitur generate link chat yang sudah tersedia di situs chat-forms. Berikut langkah-langkahnya:

1. Siapkan Soal online di drive google, 

Pastikan soal online sudah selesai anda buat, dan pengaturan yang diperlukan disini adalah, anda tidak perlu mensetting pembatasan siapa saja yang boleh mengerjakan soal, jadi soal diaktifkan untuk bisa diakses oleh siapapun walaupun bukan siswa dan bukan pengguna email gmail/ g-sute education.


2. Dapatkan link file soal online

Masuk di drive.google.com untuk mengcopy link file soal online yang akan anda gunakan, klik kanan pada file soal online anda - klik dapatkan link.


Rubah settingan supaya file soal online bisa diakses oleh siapapun, kemudian link yang muncul anda salin/ copy.


3. Membuat Link Chat-Forms

Silahkan anda buka situs chat-forms.com - kemudian paste/ tempelkan link soal online yang sudah anda dapatkan pada langkah ke 2 di atas di kotak yang tersedia, kemudian anda klik tombol Create Chat.


Setelah proses selesai, maka akan muncul keterangan bahwa soal online rasa chatingan sudah berhasil dibuat, dan selanjutnya anda bisa langsung membuka atau menyalin link chat soal online anda untuk dibagikan ke siswa.


Contoh link chat soal online yang sudah saya buat adalah sebagai berikut: https://chat-forms.com/forms/1611787009534-b8c/?form  atau bisa juga cek di halaman koleksi soal online.

Jika link di atas dibuka, maka akan tampil seperti gambar berikut:


Soal Online Google Form Rasa Chatingan sudah selesai anda buat, selamat mencoba, semoga bermanfaat.

2 komentar

  1. sampai hari kiamatpun kalo korona masih tetap dianggap dan dibesar2kan korona akan tetap ada, andai saja semua warga Indonesia menganggap korona itu sudah tidak ada, maka percayalah semua akan normal kembali seperti semula.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bisa normal dengan mengandalkan imun masing2, yg kuat bertahan, yg tidak kuat mati.

      Hapus

Follow Me


Iklan

Tutorial Blogger

Arsip Blog