Apa itu XPS (XML Paper Spesification) ?

1 Mei 2014 - -

Pengertian XPS
Bagi pengguna komputer kebanyakan masih cukup awam dengan istilah XPS. XML Paper Specification (XPS), adalah spesifikasi untuk page description language dan format fixed document yang awalnya dikembangkan oleh Microsoft yang kemudian distandardisasi oleh Ecma International sebagai standar internasional ECMA - 388. Spesifikasi XPS ini berbasis XML (lebih tepatnya XAML), yang berdasarkan pada jalur (sistem) pencetak baru dan format warna vektor dokumen yang mendukung kebebasan perangkat dan resolusi. XPS telah distandardisasi sebagai format dokumen standar terbuka pada 16 Juni 2009.

XPS dokumen memiliki fitur seperti warna gradien, transparansi, warna CMYK, printer kalibrasi, multi-sistem tinta dan skema printer. XPS mendukung teknologi Windows Color Sistem manajemen warna untuk konversi warna yang lebih presisi di seluruh perangkat dan jangkauan dinamis yang lebih tinggi. XPS dokumen juga mendukung perangkat lunak pengolah gambar raster (RIP) yang dapat didownload secara terpisah. Subsistem dari printer juga memiliki dukungan untuk nama warna, menyederhanakan definisi warna untuk gambar yang ditransmisikan ke printer yang mendukung warna-warna tersebut.

XPS juga mendukung gambar HD Photo yang aslinya untuk gambar raster. XPS format yang digunakan dalam file spul mewakili efek grafis canggih seperti gambar 3D, efek cahaya, dan gradien, yang diproses oleh driver printer tanpa rasterization, mencegah artefak rendering dan mengurangi beban komputasi.

Kemiripan dengan PDF dan PostScript
Seperti format PDF, XPS adalah format dokumen dengan tata-letak yang tetap yang dirancang untuk mempertahankan keaslian, menyediakan perangkat-penampilan dokumen yang independen. PDF adalah database objek, diciptakan dari PostScript dan juga secara langsung dihasilkan dari banyak aplikasi, sedangkan XPS didasarkan pada XML. Arsitektur pipa filter XPS juga mirip dengan yang digunakan pada printer yang mendukung bahasa deskripsi halaman PostScript. PDF mencakup kemampuan dinamis yang tidak didukung oleh format XPS, begitupun juga ada kemampuan dari XPS yang tidak dimiliki oleh PDF.

Membaca dan membuat XPS dokumen

Karena arsitektur pencetakan pada Windows Vista menggunakan XPS sebagai spooler format, maka Vista memiliki dukungan asli untuk menghasilkan dan membaca XPS dokumen.[5] XPS dokumen dapat dibuat dengan mencetak ke XPS virtual driver printer. XPS Viewer terinstal secara default pada Windows Vista dan dihost dalam Internet Explorer. XPS Viewer standar dan XPS Document Writer juga tersedia untuk pengguna Windows XP ketika mereka meng-install .NET Framework 3.0. XPS Viewer standar mendukung manajemen hak digital dan tanda tangan digital. Pengguna yang tidak ingin melihat XPS dokumen dalam browser dapat men-download XPS Essentials Pack, yang mencakup viewer yang berdiri-sendiri dan XPS Document Writer akan tetapi tidak ada dukungan terhadap tanda tangan digital. XPS Essentials Pack tersedia untuk Windows XP, Windows Server 2003, dan Windows Vista.

Windows 7 berisi versi XPS Viewer yang berdiri-sendiri dan mendukung tanda tangan digital. Freeware XPS Annotator adalah XPS Viewer yang berdiri-sendiri dan mendukung tanda tangan digital untuk Windows 7 dan sistem operasi lain dari Microsoft seperti Windows XP, Windows 2003 dan Windows Vista.

Software
  • Okular, dokumen viewer dari proyek KDE, memiliki dukungan untuk XPS.
  • XPS Annotator, alat anotasi XPS dan XPS viewer mandiri untuk Microsoft Windows.
  • STDU Viewer, pembaca format buku elektronik, memiliki dukungan untuk XPS.
  • XPSDev, mengembangkan perangkat lunak yang mampu membuat, membaca, mengkonversi maupun mengedit sebuah XPS dokumen.
  • NiXPS telah mengembangkan alat pengedit dan viewer untuk Mac OSX.
  • Software Imaging mengembangkan XPS Viewer - 32 dan 64 bit.
  • NDesk XPS, Open Source lintas-platform viewer.
 (Sumber: wikipedia)

Koleksi Tutorial Blog

Arsip Blog