Cara Print Out Jadwal Pelajaran aSc Timetables Ke Format XPS

14 Jul 2014 - -

Masih berbicara masalah jadwal otomatis dengan menggunakan program aSc Timetable, setelah sebelumnya kita bahas Tutorial Menampilkan Jadwal Pelajaran Secara Online, pada posting kali ini kita akan bahas Cara Print Out Jadwal Pelajaran aSc Timetables Ke Format XPS.

XPS.....? mungkin sebagian dari pembaca ada yang baru dengar format file XPS ini. XPS atau XML Paper Specification, adalah spesifikasi untuk page description language dan format fixed document yang awalnya dikembangkan oleh Microsoft yang kemudian distandardisasi oleh Ecma International sebagai standar internasional ECMA - 388. (lebih lengkap baca posting: Apa itu XPS?)

Dengan format XPS maka dokumen dengan tata-letak yang sudah mapan baik itu dari sisi desain, font, akan tampil tetap sehingga bisa mempertahankan keaslian dokumen yang telah kita buat, walaupun kita buka di komputer lain yang tidak terdapat program asalnya.

Tujuan merubah format jadwal pelajaran aSc Timetables ke format XPS adalah menyimpan hasil jadi dari jadwal pelajaran baik jadwal perkelas maupun jadwal perguru yang kemudian bisa kita share atau kita kirim ke tempat lain untuk dibuka dan print out di komputer tujuan tanpa harus menggunakan program asal yaitu program aSc Timetables itu sendiri.

Terus bagaimana caranya....?

Oke, mari kita belajar bersama:
  • 1. Buka file jadwal aSc timetables yang sudah jadi dan siap cetak.
  • 2. Klik Print Preview
  • 3. Atur terlebih dahulu jadwal perkelas atau jadwal perguru, pastikan tata letaknya, fontnya sudah tertata rapi dan siap cetak.

    Gambar diatas menunjukan pengaturan tata letak hasil cetakan, yaitu contoh: saya buat dalam 1 lembar kertas berisi 4 nama guru yaitu dengan cara mengklik tombol ukuran/ lebar.


    Gambar diatas menunjukan pengaturan font, mulai dari jenis huruf, dan ukuran huruf, untuk menampilkan menu diatas, anda cukup klik kanan pada area jadwal pelajaran pada mode print preview.
  • 4. Klik Print (perhatikan gambar dibawah; klik gambar untuk memperbesar tampilan)
  • 5. Pilih Microsoft XPS Document Writer (perhatikan gambar dibawah; klik gambar untuk memperbesar tampilan)
  • 6. Simpan di tempat yang aman (perhatikan gambar dibawah; klik gambar untuk memperbesar tampilan)
  • 7. Selesai, file siap di print out dimanapun anda berada, tanpa harus dibuka dengan program asal, yang anda butuhkan hanya XPS Viewer yang sudah tersedia di Sistem Operasi Microsoft mulai Windows Vista, Windows 7 dan Windows 8, dan juga didukung oleh Google Drive, silahkan cek hasilnya di link berikut: http://goo.gl/50B4mJ

Koleksi Tutorial Blog

Arsip Blog