Info Penting

Aplikasi Yasin dan Tahlil No 1 di Google dan Playstore

A plikasi Yasin dan Tahlil terbaik nomor 1 di Google dan Playstore kaya akan fitur dan konten yang bermanfaat untuk amalan sehari-hari u...

Info Penting

Artikel Terbaru

Peralatan Masukan (Input Device) Bag. 2 - Mouse

5 Mar 2011 - - 7

Standar Kompetensi
Mempraktikan keterampilan dasar komputer
Kompetensi Dasar
Mengidentifikasi berbagai komponen perangkat keras komputer
Indikator
Siswa dapat Menunjukan perangkat keras yang berfungsi sebagai alat Input.
Materi
Peralatan Masukan (Input Device)


2. Mouse

Merupakan perangkat keras yang digunakan untuk memasukkan data dengan cara menekan tombol klik. Pada mouse secara umun terdiri dari dua tombol eksekusi dan satu scroll. Pada layar monitor akan tampak lambang mouse yang disebut dengan pointer. Mouse biasanya digunakan di atas permukaan yang rata. dan biasanya para user menggunakan mouse pad sebagai alas dalam menggunakan mouse. Apabila mouse digerakkan ke sebelah kanan, secara otomatis pointer akan bergerak ke kanan. Begitu juga sebaliknya.

Ada tiga jenis tipe mouse yaitu:

a. Mouse mekanis

Mouse Mekanis
Mouse yang pertama kali muncul ini menggunakan sebuah bola untuk mengontrol pergerakan pointer. Bola mouse bentuknya kecil dan terletak pada bagian bawah mouse. Jika kita membuka dan mengeluarkan bola kecil yang terdapat di belakang mouse, maka akan terlihat 2 pengendali gerak di dalamnya. Kedua pengendali gerak tersebut dapat bergerak bebas dan mengendalikan pergerakan pointer, yang satu searah horizontal (mendatar) dan satu lagi vertikal (atas dan bawah). 

Jika pengendali horisontal digerakkan, maka pointer hanya akan bergerak secara horizontal saja pada layar monitor komputer. Dan sebaliknya jika pengendali vertikal yang digerakkan, maka pointer hanya bergerak secara vertikal saja dilayar monitor. Jika keduanya kita gerakkan maka gerakan pointer akan menjadi diagonal. Nah, jika bola kecil dimasukkan kembali, maka bola itu akan menyentuh dan menggerakkan kedua pengendali gerak tersebut sesuai dengan arah mouse yang kita gerakkan.

b. Mouse optic

Mouse Optic
Seiring dengan perkembangan teknologi mouse, maka ditemukan beberapa kelemahan ketika menggunakan mouse biasa, di antaranya adalah: bola mouse macet, sehingga sulit digerakan, alas mouse yang tak rata menyebabkan pergerakan mouse menjadi terhambat, penutup bola mouse kadangkala terlepas yang mengakibatkan bola lepas dan debu masuk ke dalam mouse dan menyebabkan pengendali gerak sulit digerakkan. Kemudian diciptakan mouse menggunakan sinar infra merah (infra red) yang digunakan sebagai sensor. Mouse ini sudah tidak menggunakan bola lagi untuk menggerakkan pointer.

c. Mouse wireless

Mouse wireless
Untuk mengatasi kendala panjang kabel yang terbatas, maka teknologi wireless menjadi jawabannya. Ketika pada awalnya, pergerakan mouse terbatas oleh panjang kabel, maka setelah muncul wireless mouse dapat digerakkan lebih bebas asalkan masih dalam jangkauan sensor mouse.

Perintah input data pada mouse antara lain klik kanan, klik kiri, drag, drop dan scrolling. Klik kiri secara umum digunakan sebagai tombol utama eksekusi. Klik kanan digunakan untuk mengeluarkan menu-menu tertentu. Drag artinya menggeser objek pada layar monitor dengan cara menekan klik kiri dengan menahan beberapa saat disertai gerakan menggeser mouse. Drop adalah proses meletakkan objek setelah drag. Sedangkan scrolling adalah gerakan menggulung menggunakan tombol scroll.

Berikut ada koleksi gambar-gambar Mouse unik:













7 komentar

  1. Mouse merupakan perakat keras yang di gunakan untuk memasukan data

    BalasHapus
  2. Nama: Luthfi Fauzi Fadhlurrahman
    Kls:7F
    Absen:21
    Pengalaman: sudah pernah mengunakan mouse yang berjenis mouse mekanik dan mouse wireless

    BalasHapus
  3. Nama: Annisa Zelyanti Iswandari
    Kls:7F
    Absen:4
    Pengalaman:saya sudah pernah menggunakan mouse.

    BalasHapus
  4. Nama : Rahma Fauziah
    No.Absen : 26
    Kelas : 7F
    Pengalaman : Saya sudah pernah menggunakan mouse.

    BalasHapus
  5. Nama: Hasanah lusiana saputri
    Kelas: VII F
    NO absen: 16
    Pengalaman: saya udah pernah menggunakan mouse

    BalasHapus
  6. Unknown

    Nama: septia Yunita Dwi Anggraeni

    Kelas: 7F

    No.absen: 31

    Pengalaman: saya belum pernah menggunakan keyboard dan mouse

    BalasHapus
  7. Unknown

    Nama: septia Yunita Dwi Anggraeni

    Kelas: 7F

    No.absen: 31

    Pengalaman: saya belum pernah menggunakan keyboard dan mouse

    BalasHapus

Follow Me

Foto Mr. Mung
ttd Mr. Mung

Tutorial Blogger

Pilih Arsip Blog