Info Penting

Tutorial Blogger Terlengkap Sistematis dilengkapi Video Tutorial

T utorial blogger di internet sangat banyak pilihannya, anda bisa memilih tutorial mana yang akan anda ikuti dan praktikkan supaya anda bi...

Artikel Terbaru

Perangkat Keras dan Sistem Kerja Komputer

5 Mar 2011 - - 6

Dalam teknologi informasi dan komunikasi dikenal adanya perangkat keras, perangkat lunak dan perangkat manusia. Sebelumnya masih menggunakan bahasa asing dikenal istilah hardware (perangkat keras), software (perangkat lunak) dan brainware perangkat manusia).

Ketiga hal itu saling berkait satu sama lain membentuk sebuah sistem. Artinya, berfungsinya TIK tidak dapat dipisahkan dari ketiga unsur tadi: perangkat keras, perangkat lunak, dan manusia. Penerapan TIK pada suatu bidang selalu menggunakan ketiga hal tersebut. Hampir disemua bidang kita dapat menjumpai pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi.

Sebagai contoh bidang transportasi, medis, pendidikan, bisnis, pariwisata, politik, spiritual, hiburan dan lain sebagainya. Semua dapat memanfaatkan fasilitas TIK untuk mencapai suatu tujuan.

Sistem Kerja Komputer
Kata komputer berasal dari bahasa Latin yaitu Computare yang artinya menghitung. Dalam bahasa Inggris disebut to compute. Secara definisi komputer diterjemahkan sebagai sekumpulan alat elektronik yang saling bekerja sama, dapat menerima data (input), mengolah data (proses) dan memberikan informasi (output) serta terkoordinasi dibawah kontrol program yang tersimpan di memorinya. Jadi cara kerja komputer dapat kita gambarkan sebagai berikut:
 

Input Device, adalah perangkat-perangkat keras komputer yang berfungsi untuk memasukkan data ke dalam memori komputer, seperti keyboard, mouse, joystick, scanner, web came, camera digital.

Prosesor, adalah perangkat utama komputer yang mengelola seluruh aktifitas komputer itu sendiri. Prosesor terdiri dari dua bagian utama, yaitu ;

Control Unit (CU), merupakan komponen utama prosesor yang mengontrol semua perangkat yang terpasang pada komputer, mulai dari input device sampai output device.
Arithmetic Logic Unit (ALU), merupakan bagian dari prosesor yang khusus mengolah dataaritmatika (menambah, mengurang dll) serta data logika (perbandingan).
Memori adalah media penyimpan data pada komputer. Memori ini terbagi atas dua macam, yaitu ;

Read Only Memory (ROM), yaitu memori yang hanya bisa dibaca saja, tidak dapat dirubah dan dihapus dan sudah diisi oleh pabrik pembuat komputer. Isi ROM diperlukan pada saat komputer dihidupkan. Perintah yang ada pada ROM sebagian akan dipindahkan ke RAM. Perintah yang ada di ROM antara lain adalah perintah untuk membaca sistem operasi dari disk, perintah untuk mencek semua peralatan yang ada di unit sistem dan perintah untuk menampilkan pesan di layar. Isi ROM tidak akan hilang meskipun tidak ada aliran listrik.

Output device merupakan perangkat yang bertugas untuk menampilkan data yang telah di proses oleh bagian processor, sebelumnya data di ambil oleh perangkat masukan atau input device, contoh alat yang termasuk dalam output device (alat keluaran) adalah: monitor, printer, speaker, proyektor, plotter.

Jadi dapat disimpulkan bahwa prinsip kerja komputer tersebut diawali memasukan data dari perangkat input, lalu data tersebut diolah sedemikian rupa oleh CPU sesuai yang kita inginkan dan data yang telah diolah tadi disimpan dalam memori komputer atau disk. Data yang disimpan dapat kita lihat hasilnya melalui perangkat keluaran.

6 komentar

  1. Materinya sangat jelas dan mudah dimengerti.
    Nama: Annisa Zelyanti Iswandari
    Kelas:7F
    No : 04

    BalasHapus
  2. Materinya sangat jelas, singkat dan mudah dimengerti. Nama: Luthfi Fauzi Fadhlurrahman kelas:7F. No.absen:21

    BalasHapus
  3. Materinya sangat jelas dan mudah dimengerti
    Nama: Rahma Fauziah
    Kelas: 7F
    No: 26

    BalasHapus
  4. Materinya sangat jelas,singkat dan mudah dimengerti
    Nama: Luthfi Fauzi Fadhlurrahman
    Kelas:7F
    No.absen:21

    BalasHapus
  5. Siti fajri novi yanti
    Kls 7f
    No absen 32

    BalasHapus
  6. Materi nya mudah dipahami dan mudah dingat.
    Nama:Hasanah lusiana saputri.
    Kelas:VII F (7F).
    No:16.

    BalasHapus

Follow Me


Iklan

Tutorial Blogger

Arsip Blog