Info Penting

Tugas Blogging 2 Kelas IX Tahun 2019

S alah satu materi BTIK kelas IX mulai semester 1 tahun 2019 ini sengaja saya kenalkan tentang dunia blog, diawal perkenalan ini bukan dal...

Artikel Terbaru

Cara Menghapus Page Break dan Section Break

21 Mei 2018 - - 28

Panduan pada postingan ini berawal dari banyaknya kasus kesulitan dalam pengeditan dokumen, soal-soal, di sekolah yang rata-rata kasus ini muncul dikarenakan dokumen/ koleksi soal yang sedang dibuat adalah hasil copy paste dari dokumen lain baik yang didapat dari internet maupun dokumen pribadi tahun-tahun sebelumnya.

Kasus yang saya maksud adalah seperti ini: Saat mengedit/ merapikan dokumen, teks pada halaman tertentu tidak bisa dinaikan ke halaman sebelumnya, jadi akan ada ruang kosong pada bagian bawah halaman tersebut, masalah ini setelah ditelusuri rata-rata karena hasil copy paste teks dari file lain yang sudah diatur atau di setting dengan format lain, misal dokumen yang dicopy sebelumnya adalah berupa kolom-kolom, sedangkan pada dokumen yang sedang dibuat kolomnya dihilangkan menjadi satu kolom, pengeditan dokumen seperti ini akan menemui masalah, dan tidak jarang yang akhirnya membuat dokumen baru dan mengetik ulang.

Cara mengatasi masalah di atas adalah dengan Cara Menghapus Page Break dan Section Break. Sebelum saya bahas langkah-langkahnya, alangkah lebih baik jika kita bahas dulu apa itu Page Break dan apa itu Section Break.

Page Break dalam program Microsoft Word merupakan tool yang berfungsi untuk mengakiri halaman tertentu kemudian memulai halaman berikutnya namun masih dalam satu section (bagian). Sedangkan Section Break dalam program aplikasi pengolah kata Microsoft Word berfungsi mengakhiri suatu bagian (section), yang kemudian memulai section baru dalam satu dokumen, hal ini dilakukan karena mungkin anda menginginkan format berbeda pada tiap bagiannya.

Fitur Page Break terdapat pada menu Page Layout - Break - Page, untuk penggunaan page break ini pernah saya bahas pada tulisan Membuat Halaman Berbeda dalam satu File Ms. Word

Oke, mari kita praktekan langkah-langkah Menghapus Page Break dan Section Break pada dokumen yang akan diedit:

  1. Buka dokumen Ms. Word yang akan anda edit.
  2. Klik menu VIEW - DRAFT
  3. Berikutnya anda hapus dengan cara klik pada garis putus-putus yang ada tulisan section break, kemudian klik tombol delete pada keyboard, untuk memudahkan pengeditan silahkan hapus semua section break yang ada di dokumen anda.
  4. Setelah selesai anda hapus, silahkan anda kembali ke mode Print Layout, dan lakukan pengeditan dokumen seperti biasa.
Demikian Cara Menghapus Page Break dan Section Break, semoga bermanfaat.


28 komentar

  1. Kak, gimana caranya menghilangkan page break yang aktif?, soalnya page break di laptop aku aktif, tapi halamannya belum dibuat. Jadi, karena page breaknya aktif, gak bisa buat halaman.

    BalasHapus
    Balasan
    1. caranya sama, silahkan dipraktikan cara pada artikel di atas.

      Hapus
  2. Terima kasih. Sangat membnatu

    BalasHapus
  3. terima kasih, sangat membantu sekali.. :)

    BalasHapus
  4. Terima Kasih, cukup membantu sekali :)

    BalasHapus
  5. sangat membantu, terima kasih

    BalasHapus
  6. Terima kasih .... sangat membantu ...

    BalasHapus
  7. Alhamdulillah, akhirnya ketemu juga cara hapus page break. Setelah berminggu2 cari ngga ada yg cocok 😂
    Terima kasih banyak. Jazakallahu khair 🙏

    BalasHapus
  8. Sangat bermanfaat ilmunya pak, terima kasih

    BalasHapus
  9. makasih om, permasalahan saya terselesaikan. Saran dikit, agar copy paste file ms word tidak merusak layout, agar paste di notepad dan copy lagi untuk di paste di ms word di tuju.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih atas saranya, sebenarnya di Ms. Word sudah ada fiturnya, tidak harus pakai notepad, anda bisa memanfaatkan fitur paste spesial atau jika di ms. word 2013 keatas langsung Paste- Keep Text Only.

      Hapus
  10. Terimakasih Mas Mung,,, sangat bermanfaat.

    BalasHapus
  11. Terimakasih Mas, sangat bermanfaat buat saya..

    BalasHapus
  12. Kenapa pas di tekan enter langaung ke halaman selanjutnya ?

    BalasHapus
  13. Terima kasih telah mengobati pusingku...

    BalasHapus

Follow Me


Iklan

Tutorial Blogger

Arsip Blog