Info Penting

Tugas Blogging 3 Kelas IX Semester 1 Tahun 2018

K egiatan pembelajaran dengan materi Blogging fokus utamanya adalah bagaimana siswa diharapkan bisa menulis dengan baik di blog yang suda...

Artikel Terbaru

Menambah beberapa digit angka NOL didepan NISN Otomatis

10 Nov 2014 - - 4

Kasus: Operator sekolah habis mengcopy data NISN dari website vervalpd.data.kemdikbud.go.id, kemudian dicopy paste kedalam program pengolah angka Ms. Excel, namun hasilnya angka 0 yang ada didepan NISN hilang, seharusnya jumlah digit NISN adalah 10 digit, namun berubah menjadi 5, 6, atau 9 digit. penampakan seperti pada gambar berikut:


Pertanyaanya, cara cepat mengedit NISN tiap siswa supaya menjadi 10 digit, dengan penambahan beberapa digit angka NOL didepan angka NISN bagaimana? apa harus manual satu persatu dengan cara klik 2x atau menekan tombol F2 kemudian menambahkan tanda petik 1 baru menambahkan beberapa digit angka 0 nya? atau ada cara lebih praktis dengan menggunakan rumus di Ms. Excel?

Jawabanya: tentu ada dong.... yuk kita belajar bersama.....
Formula yang akan kita gunakan adalah perpaduan fungsi LEN dan IF. Formula LEN berfungsi untuk mengetahui jumlah karakter dalam cell tertentu, sedangkan fungsi IF nanti untuk  logika menambahkan beberapa digit angka NOL pada tiap cell NISNnya. Lebih jelasnya coba perhatikan gambar berikut untuk alur pemikiran rumus di Ms. Excelnya:


Dalam praktinya nanti, kolom D dan E tidak anda buat, melainkan langsung ke kolom F dengan menggunakan rumus LEN dan IF. kolom D hanya untuk mendeteksi sementara jumlah karakter terkecilnya berapa, supaya dalam membuat fungsi IF nya lebih cepat yaitu dengan mengambil jumlah digit terkecil.

Rumus yang digunakan adalah sebagai berikut:
Jika CELL NISN Jumlah digitnya 7, maka ditambah 3 digit angka NOL didepan NISN, jika CELL NISN jumlah digitnya 8, maka ditambah 2 digit didepan NISN, jika CELL NISN jumlah digitnya 9, maka ditambah 1 digit angka NOL didepan NISN, jika CELL NISN jumlah digitnya 10, maka tidak ditambah angka NOL.

Dengan contoh tabel diatas, Cell NISN adalah mulai dari B2, maka rumusnya:
=IF(LEN(B2)=7;"000"&B2;IF(LEN(B2)=8;"00"&B2;IF(LEN(B2)=9;"0"&B2;IF(LEN(B2)=10;B2))))

Nah, dengan begitu untuk baris berikutnya anda tinggal copy saja ke baris-baris berikutnya.

4 komentar

  1. terimah kasih sudah lama saya mencari informasi ini. sudah saya coba dan berhasil

    BalasHapus
  2. Terima kasih sangat membantu dalam tugas kami.

    BalasHapus

Follow Me


Iklan

Tutorial Blogger

Arsip Blog