Info Penting

Aplikasi Yasin dan Tahlil No 1 di Google dan Playstore

A plikasi Yasin dan Tahlil terbaik nomor 1 di Google dan Playstore kaya akan fitur dan konten yang bermanfaat untuk amalan sehari-hari u...

Info Penting

Artikel Terbaru

Cara Enable Macro Ms. Excel dan Ms. Word 2010, 2013, 2016

5 Des 2017 - - 7

Cara enable/ mengaktifkan fitur macro pada Ms. Excel dan Ms. Word 2010 atau 2013 lokasi pengaktifanya sama saja pusatnya ada pada pengaturan Trust Center Settings - Macro Settings. Kenapa fitur macro ini perlu diaktifkan? Perlu diketahui bahwa Excel, Word, Power Point bisa menjad power full, bisa menjadi sebuah aplikasi yang canggih yang mampu membantu menyelesaikan masalah kita, bisa Anda gunakan untuk mengotomatisasi tugas yang berulang, dan bisa dijalankan ketika Anda harus menjalankan tugas tersebut, oleh tangan programer handal bisa menjadi aplikasi pendamping yang bisa terhubung dengan database website yang dengan sekali klik bisa tersinkronisasi sehingga bisa menampilkan dalam tabel yang sudah disiapkan di Ms. Excel, anda bisa melihat tampilan gambar di bawah ini, gambar satu website UBK Online, gambar kedua laporan hasil yang ditampilkan di file Excel:


 
Gambar satu: ubk online


 
Gambar dua: laporan hasil yang ditampilkan di file Excel


Apakah makro itu, siapa yang membuatnya, dan apa risiko keamanannya?
Makro mengotomatisasi tugas yang sering digunakan untuk menghemat waktu penekanan tombol dan tindakan mouse. Banyak hal yang dibuat dengan menggunakan Visual Basic for Applications (VBA) dan ditulis oleh pengembang perangkat lunak. Namun, beberapa makro bisa menimbulkan potensi risiko keamanan. Orang dengan niat jahat, yang juga dikenal sebagai hacker, bisa memperkenalkan makro perusak dalam file yang bisa menyebarkan virus pada komputer Anda atau ke dalam jaringan organisasi Anda. (sumber: support.office.com)
Mengaktifkan/ Enable Makro cara pertama:
Ketika Anda membuka file yang mempunyai makro, akan muncul pesan berwarna kuning dengan ikon perisai dan tombol Aktifkan Konten/ Enable Content. Jika Anda mengetahui satu atau beberapa makro berasal dari sumber tepercaya, anda bisa mengklik tombol tersebut, sehingga fitur makro pada file yang anda buka akan aktif, dan fitur canggih yang sudah ditanamkan didalam file tersebut bisa berjalan:

Cara mengaktifkan/ Enable Macros yang kedua adalah melalui Trust Center Settings - Macro Settings:
1. Buka program Ms. Excel/ Ms. Word
2. Klik menu File - Options

3. Klik pada menu Trust Center - Trust Center Settings perhatikan gambar dibawah ini:

 4. Akan terbuka jendela Trust Center, dan di jendela ini anda akan melihat menu Macro Settings, silahkan anda klik pada Enable all macros (not recomended; potentially dangerous code can run), ketika fitur macro diaktifkan, oleh microsoft sudah diingatkan bahwa pengaktifan macro ini sebenarnya berpotensi tidak baik atau bahkan berbahaya karena program-program jahat yang menggunakan kode program ini bisa langsung berjalan dan menginfeksi komputer kita, jadi kita harus bisa berhati-hati, atau mungkin anda bisa aktifkan jika memang sedang dibutuhkan saja, namun jika sedang tidak dibutuhkan bisa dinonaktifkan atau disable macro ini.
Demikian Cara Enable Macro Ms. Excel dan Ms. Word 2010, 2013, semoga bermanfaat.

7 komentar

  1. terima kasih, mudah dimengerti

    BalasHapus
  2. tapi di Ms. word saya tombol trust ga aktif Kak.. bagaiman ya.., yg aktif hanya Customer, Quick, dan adds in aja..selebihya pd ga aktif :(

    BalasHapus
  3. sudah klik enable tapi tetap tidak bisa, kenapa ya?

    BalasHapus
  4. Sudah klik enable juga tapi ada file yg berhasil dan ada file yg tidak bisa, kenapa ya bisa gitu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin file yg tidak bisa, memang file tersebut tidak bisa digunakan/ kode macronya hilang, jadi aplikasi tidak berjalan.

      Untuk meyakinkan akan hal itu, anda bisa coba di beberapa komputer yg lain.

      Hapus
  5. TERIMAKASIH BANYAK SANGAT BERMANFAAT

    BalasHapus

Follow Me

Foto Mr. Mung
ttd Mr. Mung

Tutorial Blogger

Pilih Arsip Blog