Info Penting

Harga Domain Premium Rp. 10.000 Mau?

M emiliki blog pribadi atau blog bisnis dengan menggunakan domian premium tentu ada kebanggaan dan kepuasan tersendiri, untuk blog bisnis ...

Artikel Terbaru

Cara Membuat Formulir Online dengan Google Drive

7 Jan 2018 - - 1


Formulir online seringkali kita butuhkan untuk menjaring data responder secara online, jika anda seorang programer membuat formulir online tentu tidaklah sulit, namun bagi sebagian orang yang tidak mengenal dunia pemrograman, tentu membuat formulir online merupakan pekerjaan yang sangat sulit, butuh waktu dan proses yang tidak sebentar.

Google drive sebagai salah satu produknya Google memiliki fasilitas Google Formulir Online gratis yang berfungsi untuk membuat formulir online dan juga bisa digunakan untuk membuat soal online, tampilan yang user friendly atau mudah digunakan oleh orang awam sekalipun, dengan catatan mau mencoba, membaca perintah yang ada dan yang tidak kalah pentingnya adalah Tidak Takut Salah.

Pada artikel ini akan kita pelajari Cara Membuat Formulir Online dengan Google Drive:

Langkah #1
Silahkan anda login menggunakan akun google anda di drive.google.com, setelah anda masuk ke halaman google drive, klik tombol NEW - MORE - Google Form, perhatikan gambar berikut:


Langkah #2
Silahkan anda tuliskan nama formulir yang akan dibuat, sebagai contoh saya akan membuat formulir dengan judul: Formulir Mendapatkan Ebook Gratis, jangan lupa setelah menuliskan judul formulir klik teks Untitle Form.


Langkah #3
Pada langkah ketiga ini anda dipersilahkan menuliskan field yang dibutuhkan, sebagai contoh:

  • Nama - pilihanya Short Answer, - aktifkan required, hal ini bertujuan supaya kolom nama ini wajib diisi.
  • Email - pilihanya Short Answer, - aktifkan required,
  • Pesan Tambahan - pilihanya Paragraph - aktifkan required,



Setelah selesai, hasilnya adalah seperti gambar berikut:


Langkah #4
Klik Setting (roda bergerigi di pojok kanan atas), kemudian setting seperti gambar berikut, atau silahkan anda setting sesuai keinginan anda, misal jika responder wajib login email gmail terlebih dulu, maka anda centang pada opsi Requered Sign in.


Pada tab menu PRESENTATION, silahkan anda tuliskan pesan ke responder, tulisan ini akan muncul setelah responder klik tombol kirim pada formulir.


Langkah #5
Terakhir klik tombol SEND di pojok kanan atas, untuk memunculkan jendela Send Form, disini anda bisa mengambil link untuk membuka form online ini.


Bisa juga anda klik pada tab menu iframe, yang berfungsi menyematkan formulir di dalam postingan blog, perhatikan gambar berikut:


Sampai tahap ke-5 diatas, formulir online sudah selesai dibuat. Untuk melihat hasil rekapan responder dalam format spreadsheet, anda klik tab menu RESPONDER, kemudian klik icon Spreadsheet seperti pada gambar berikut:



Hasilnya akan tampil jendela spreadsheet seperti pada gambar berikut:



Demikian Cara Membuat Formulir Online dengan Google Drive, semoga bermanfaat.

1 komentar

Follow Me


Iklan Penyemangat

Koleksi Tutorial Blog

Arsip Blog