Info Penting

Aplikasi Yasin dan Tahlil No 1 di Google dan Playstore

A plikasi Yasin dan Tahlil terbaik nomor 1 di Google dan Playstore kaya akan fitur dan konten yang bermanfaat untuk amalan sehari-hari u...

Info Penting

Artikel Terbaru

Cara Setting Custom Domain Blogspot dengan Domain .id Terbaru

24 Mar 2018 - - 17

Domain Indonesia (.id) dikelola resmi oleh PANDI (Pengelola Nama Domain Internet Indonesia) yang merupakan badan hukum dibentuk oleh perwakilan dari komunitas teknologi informasi dan telah memenuhi syarat sebagai badan hukum di Indonesia. Saat ini untuk mendapatkan domain-domain .id harus melalui reseller domain .id, PANDI tidak menerima langsung pendaftaran domain, salah satu contohnya anda bisa membeli domain .id ini melalui reseller. (baca: Pengertian Domain dalam postingan Memahami Nama Domain di Internet)



Domain .id yang tersedia dan bisa dibeli oleh warga Indonesia adalah: .id, .co.id, .web.id, .or.id, .ac.id, .sch.id, .biz.id, .my.id, .ponpes.id, untuk persyaratan mendapatkan domain tersebut bisa anda baca disini, secara umum syarat utamanya adalah anda harus memiliki KTP aktif.

Kita lanjutkan tutorial kali ini yaitu bagaimana Cara Setting Custom Domain Blogspot dengan domain .id, (saya anggap anda sudah membeli domain .id dan sudah aktif).

Langkah #1

Login di akun blogger anda, klik menu Setelan - geser ke bawah cari dan klik Domain Kustom

masukan nama domain id anda lengkap dengan www, contoh: www.mung.id, kemudian klik tombol simpan, akan keluar kode unik yang diberikan blogger untuk memverifikasi kepemilikan nama domain dan menghubungkan domain .id dengan blogspot anda, contoh tampilanya seperti gambar berikut:
Pada gambar di atas yang saya beri kotak warna biru, fokus pada teks yang ada dalam kurung (Nama: www, Tujuan: ghs.google.com) dan (Nama: xuesqanzmu3f, Tujuan: gv-qsocgu45d35wot.dv.googlehosted.com) kode inilah yang nantinya akan kita masukkan dalam pengaturan domain yang sudah kita beli.
Sampai tahap ini kita akan pindah ke settingan domain panel .id dimana anda membeli domain untuk memasukan kode unik yang didapat dari blogger tersebut.

Langkah #2

Silahkan anda login (klik menu Customer Login) di domainid.mungbisnis.com dengan menggunakan email dan password yang terdaftar.
Setelah berhasil login, klik menu My Domains yang ada di sebelah kiri, dan klik nama domain anda, perhatikan gambar berikut:



Langkah #3

Klik pilihan Manage DNS seperti ditunjukan pada gambar dibawah ini:

 Akan tampil tampilan seperti gambar berikut, kita akan fokus pada pengaturan di A record dan CNAME record domain id anda.

Langkah #4

Silahkan anda masukan IP Google dibawah ini untuk mengisi A Record:
216.239.32.21
216.239.34.21
216.239.36.21
216.239.38.21


Caranya klik pada tombol Add record dan klik tombol A, masukan pada kolom pertama nama domain tanpa www, untuk kolom kedua diisi dengan IP google diatas, kemudian klik tombol Create, lakukan hal yang sama sampai 4 kali.

Langkah #5

Masukkan kode unik yang diberikan blogger (Langkah#1) kedalam CNAME record seperti ditunjukan pada gambar berikut:
Kolom satu diisi nama domain dengan www, contoh: www.mung.id, kemudian untuk kolom kedua diisi dengan ghs.google.com, klik tombol Create, 
perhatikan gambar di bawah ini:
Tambah CNAME record berikutnya dengan memasukan kode unik yang didapat dari blogger, contohnya: kolom pertama diisi xuesqanzmu3f.mung.id dan kolom kedua diisi: qsocgu45d35wot.dv.googlehosted.comklik tombol Create, perhatikan gambar di bawah ini:

Langkah #6

Setelah menunggu sekitar 30 s/d 60 menit, silahkan anda kembali kepengaturan blogspot seperti pada Langkah #1, anda langsung klik tombol Simpan, jika tidak ada kendala maka akan tersimpan, dan blog anda sudah bisa diakses dengan menggunakan domain .ID.

Jika dalam waktu 1 jam masih belum disimpan, anda bisa bersabar tunggu sampai 2 jam, baru anda simpan kembali, namun jika memang sampai 2 jam pun tidak bisa tersimpan, mungkin ada yang salah pada pengaturan domain ID anda, silahkan dicek kembali.

Dengan cara ini, anda tidak perlu menyewa hosting dan membayar sewa tahunan, tapi anda hanya cukup membeli domain saja, sehingga akan sangat berhemat untuk biaya tahunanya, anda bisa membuat blog sekolah dengan domain resmi .sch.id, membuat blog pribadi, blog universitas, blog perusahaan, dll.


Semoga Bermanfaat. 

17 komentar

  1. Sangat detail dan jelas, terimakasih om. semoga berkah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih kembali, lain kali tinggalkan jejak dong, biar bisa saling kenal.

      Hapus
  2. membeli domain tanpa harus bayar tahunan.

    saya tertarik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Domain tetap bayar perpanjangan tiap tahun, yg tidak bayar hosting penyimpanan data web.

      Hapus
  3. saya mau beli domain dan sudah di order untuk isi zip gak paham lagi

    BalasHapus
  4. Trimakasih master, Semoga sukses selalu, Aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah
      sangat manfaat
      hosting serasa mudah berkat panduan master
      Semoga berkah & makin eksis ya master
      Aamiin

      Hapus
  5. Assalamualaikum mr.mumg izin bertanya,, bgaimana cara pemesanan domain.id yang terlambat perpanjangan apakah caranya tetap sama dengan d penjelasan di atas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perpanjangan dilakukan tiap tahun, dan usahakan sebelum expired.
      informasi perpanjangan biasanya akan terkirim otomatis ke email masing-masing. anda hanya cukup transfer dan konfirmasi saja, dan domain akan segera diperpanjang.

      Hapus

Follow Me

Foto Mr. Mung
ttd Mr. Mung

Tutorial Blogger

Pilih Arsip Blog