Info Penting

Tutorial Blogger Terlengkap Sistematis dilengkapi Video Tutorial

T utorial blogger di internet sangat banyak pilihannya, anda bisa memilih tutorial mana yang akan anda ikuti dan praktikkan supaya anda bi...

Artikel Terbaru

Membuat Halaman Berbeda dalam Satu File Ms. Word 2013

25 Mar 2018 - - 2

Cara membuat halaman yang berbeda dalam satu file di program aplikasi perkantoran pengolah kata Microsoft Word 2013 sebenarnya sederhana, namun kadang memang banyak yang tidak tahu langkah-langkahnya, sama seperti saya juga pernah mengalaminya saat membuat karya tulis yang didalamnya berisi halaman-halaman yang penomoranya berbeda, terutama bagian awal seperti halaman pengesahan, halaman persembahan, daftar isi, yang menggunakan format penomoran halaman menggunakan angka romawi, kemudian disambung dengan isi dari karya tulis tersebut.yang menggunakan penomoran halaman dengan format angka.

Bagi yang belum tahu langkah-langkah membuat halaman berbeda dalam satu file, masalah pembuatan penomoran halaman diatas tentu bisa diakali dengan membuat file karya tulis menjadi dua file terpisah, sehingga dalam membuat penomoran halaman dengan format yang sama hanya perlu menggunakan fitur insert - page number.
Nah, sebenarnya bagaimana si caranya supaya bisa membuat penomoran halaman yang berbeda dalam satu file Ms. Word?

Oke, mari kita praktekan bersama,

Langkah #1
Buka dokumen karya tulis yang akan diberi penomoran halaman dengan format berbeda

Langkah #2
Beri penomoran halaman seperti biasa, contohnya klik menu Insert -  Page Number - Plain Number 2, kemudian aturlah dengan format penomoran angka romawi dengan cara klik menu insert - page number - Format Page Number - OK.


Sampai Langkah #2 ini semua halaman akan menggunakan angka romawi, selanjutnya kita akan merubah format halaman berbeda misal pada BAB 1 akan dimulai dengan nomor 1.

Langkah #3
Letakkan kursor pada halaman terakhir yang menggunakan angka romawi, misal disini pada halaman ke iii (3 romawi), kemudian klik menu Page Layout - Breaks - Next Page.
Langkah #4
Klik 2x pada bagian footer halaman iv (4 romawi), kemudian klik menu Insert - Page Number - Format Page Numbers... 
 Pilihlah format penomoran angka biasa, kemudian pada bagian Page numbering Start at isi dengan angka 1, terakhir klik tombol OK.
Selamat anda telah berhasil Membuat Halaman Berbeda dalam Satu File Ms. Word 2013, semoga bermanfaat.

2 komentar

Follow Me


Iklan

Tutorial Blogger

Arsip Blog